4 Cara Menghadapi Wawancara Panel

Posted on 04 Oktober 2019 ( 0 comments )



Empat Cara Menghadapi Wawancara Panel

Di beberapa perusahaan, proses perekrutan kandidat terdiri dari sederet tes beserta wawancara, dan salah satunya adalah wawancara panel di mana kandidat akan menghadapi sesi tanya jawab beberapa pewawancara.

Selayaknya sesi wawancara normal, ketika menghadapi wawancara panel, teknik-teknik dasar wawancara seperti menghindari telat, memasang postur tubuh yang percaya diri, dan lainnya tetap berlaku. Tapi ada beberapa hal lain yang perlu Anda persiapkan jika akan mengadapi wawancara panel. Simak tips-tips kami di bawah ini.

1. Riset ekstra
Anda mungkin telah paham pentingnya melakukan riset mengenai perusahaan dan job description yang menjadi keunggulan Anda sebagai persiapan sebelum diwawancara. Untuk wawancara panel, jika memungkinkan, cari tahu dulu ke pihak perusahaan atau rekruiter mengenai siapa saja yang akan menjadi panelis pewawancara dan posisi masing-masing. Panelis umumnya terdiri dari beberapa individu dari departemen berbeda yang tentu akan menanyakan pertanyaan berbeda sesuai peran yang mereka pegang di perusahaan.

Dengan info ini, setidaknya Anda bisa memperkirakan arah pertanyaan dari masing-masing pewawancara dan mempersiapkan pertanyaan sendiri yang sekiranya sesuai dengan spesifikasi kerja mereka.

2. Kesan pertama yang personal
Tersenyumlah dengan percaya diri ketika memasuki ruangan. Kenalkan diri Anda pada masing-masing pewawancara dibarengi jabatan tangan yang solid. Tanyakan nama masing-masing dan mintalah kartu bisnis mereka atau buat catatan kecil agar Anda bisa menyebut nama mereka saat menjawab pertanyaan.

Beri perhatian merata pada para pewawancara dan hindari kontak mata dengan satu saja pewawancara sepanjang sesi. Meskipun mungkin dia adalah yang posisinya paling senior, hormati setiap anggota panel dengan fokus yang adil. Jika ragu soal kontak mata, arahkan pandangan Anda ke satu titik di latar belakang tempat duduk para panelis.

3. Interaksi saat menjawab pertanyaan
Ketika sedang ditanya, pertama-tama arahkan perhatian dan kontak mata Anda kepada sang penanya diiringi sedikit anggukan. Saat mulai menjawab, jaga kontak mata dengannya, namun di tengah jawaban, arahkan pandangan ke seluruh anggota panel lainnya agar Anda terkesan juga sedang menjelaskan kepada mereka.

Dalam wawancara panel, beberapa anggota bisa jadi tampak lebih suportif terhadap Anda dan mungkin ada satu anggota yang tampak lebih skeptis dan lebih sering memberi kritik. Jangan tergoda untuk mengacuhkannya. Curahkan perhatian Anda untuk membuat satu anggota ini terkesan dengan argumen Anda. Hal ini akan merefleksikan kemampuan Anda untuk mengidentifikasi masalah dengan tepat dan mengatasinya dengan efisien.

4. Sabar dan tetap tenang
Dalam proses wawancara yang berlapis, lazim jika Anda ditanyakan pertanyaan yang sama dengan sesi sebelumnya, jadi tidak perlu mengomentari kalau Anda sudah menjawab pertanyaan ini sebelumnya. 

Pertanyaan bertubi-tubi, kritik, atau komentar dari pewawancara berbeda juga merupakan hal yang normal terjadi saat wawancara panel sedang berlangsung. Bila hal ini terjadi, tidak perlu merasa panik atau terburu-buru menjawab. Silahkan tarik nafas dan ambil waktu beberapa detik untuk mencerna pertanyaan dan berpikir.

 

 

#Jobseekers #Jobvacancies #ExecutiveSearchIndonesia #RecruitmentFirmIndonesia #HeadhunterIndonesia #RecruitmentConsultantIndonesia #TalentaGunaNusantara #TGNRecruitment #manpower #Headhunter #Lowonganpekerjaan #pengembanganpribadi #sumberdayamanusia #SDM #Sumberdayamanusia #HR #humanresourcesdepartment #love #happy #follow #followme #me #likeforlike #follow4follow #tagsforlike #life #beauty #amazing #design #lifestyle #work #workout #picoftheday # #please #visit #linkedincompanypage #follows #detail #worklifebalance #website #marketing #digitalmarketing #business #personalbranding #socialmedia #inspiration #personalization #mindfulness #branding #blogging #smallbusiness #wellness #socialmediamarketing #mentalhealth #men

 

Comments


  Verification Code

  Name

  Email

  Homepage





 

Service Overview

TGN Recruitment specializes in detection, direct approach  and recruitment of executive & staff that are well prepared to embark on a dynamic career within both multinational and local firms developing in Indonesia

TGN Recruitment in addition to its selection process, mainly based on the candidates’ ability to lead a successful career in Indonesia, also offers them consulting expertise aimed at maximizing their performance in their search for new opportunities in these countries.


Contact Us

 PT. Talenta Guna Nusantara

Head Office :
Office 8, Level 18 A, Jl Jend Sudirman Kav 52-53
Sudirman Central Business District (SCBD)
Jakarta Selatan 12190, Indonesia
Phone : +6221 - 2949 0577
Fax : +6221 - 2949 0578
E-mail: info@tgn.co.id

Branch Office :
Ruko Sentra Niaga Kalimalang Blok B1 No.8
Jl. Jend. A. Yani, Kayuringin Jaya
Bekasi Selatan, Bekasi - Jawa Barat. 17144
Phone : +6221 - 89469545 / +6221 - 89469175
E-mail : bekasi@tgn.co.id