6 Tips Mudah Kurangi Kecanduan pada Gadget

Posted on 28 September 2018 ( 0 comments )



Di era serba teknologi seperti sekarang, rasanya sulit sekali untuk menjauhkan diri dari gadget. Apalagi gadget memberikan segala kemudahan dalam beraktivitas. Namun, sadar atau tidak kalau gadget dapat menyebabkan seseorang menjadi individualistis. Momen berkumpul bersama keluarga atau teman untuk menambah keakraban sekalipun sudah tidak lagi berguna karena orang-orang sibuk sendiri dengan gadget masing-masing.

Seperti yang dilansir oleh The Spectator Index, Indonesia menduduki posisi ke-6 dari daftar negara pecandu gadget terbesar di dunia. Sebanyak 236 juta masyarakat diperkirakan sudah menggunakan gadget untuk mengakses informasi dari seluruh dunia. Jumlah ini diperkirakan akan bertambah banyak dalam beberapa tahun berikutnya.

Lalu, bagaimana cara mengurangi tingkat kecanduan masyarakat terhadap gadget? Kita yang memulai, kita juga yang dapat merubahnya. Berikut ini terdapat 7 cara yang mungkin bisa membantu Anda dalam mengurangi kecanduan bermain gadget.

1. Matikan Notifikasi semua Aplikasi

Rasa ingin tahu langsung ada ketika pada gadget muncul notifikasi dari aplikasi tertentu. Secara otomatis pastinya setiap orang langsung membuka aplikasi tersebut bahkan menghabiskan waktu selama 15 menit atau bahkan lebih untuk membaca isi dari notifikasi yang diterima. Tidak berhenti sampai disitu, mungkin saja ada notifikasi dari aplikasi lain juga yang terus berdatangan hingga akhirnya tanpa disadari waktu Anda terbuang untuk kegiatan tersebut

Agar waktu yang ada bisa digunakan dengan baik, tak ada salahnya matikan notifikasi semua dari semua aplikasi yang ter-install pada gadget. Dengan begitu, Anda tidak akan terganggu dengan notifikasi yang muncul sehingga penggunaan gadget bisa diminimalisir.

2. Nonaktifkan Internet Sementara Waktu

Notifikasi muncul karena internet dalam kondisi sedang aktif. Agar notifikasi tidak muncul ke layar smartphone, sebaiknya non-aktifkan paket data untuk sementara waktu terutama jika sedang bekerja di kantor.

Mematikan internet akan membuat siapapun bisa lebih fokus menyelesaikan pekerjaan, sehingga proses penyelesaian tugas menjadi lebih cepat dan bisa mendapatkan hasil yang baik. Setelah itu, aktifkan kembali internet untuk mengecek apapun yang diinginkan.

3. Hapus Aplikasi yang Menyebabkan Candu

Sosial media membuat kita candu bahkan membuat semua orang tidak bisa hidup tanpa sebuah gadget. Bagaimana jika satu atau dua sosial media yang paling membuat kita candu dihapus dari gadget? Menghapus beberapa sosial media akan membuat rasa penasaran kita terhadap dunia luar sedikit berkurang sehingga kita tidak terlalu fokus sama yang namanya gadget.

Tetapi, bukan berarti kita tidak boleh menggunakan sosial media ya. Boleh kok asal digunakan untuk hal yang bermanfaat. Apabila sosial media menimbulkan dampak negatif seperti kecemburuan sosial dan sebagainya, lebih baik beralih ke website bila ingin tetap update mengenai dunia maya.

Selain itu, ada aplikasi game juga membuat tak sedikit orang yang kecanduan bermain game, apalagi game online yang mau tidak mau harus meng-upgrade game yang dimainkan. Agar kecanduan bisa berkurang, hapuslah beberapa aplikasi game online yang Anda miliki.

4. Simpan Gadget di Tas saat Bepergian

Tak bisa dipungkiri, saat bepergian bersama teman atau keluarga merupakan waktu yang sangat tepat untuk mengabadikan momen dan di unggah ke sosial media. Hal tersebut tentu saja diperbolehkan dan tiada satupun yang punya hak untuk melarangnya, tapi sebaiknya bila waktu bincang-bincang di mulai jauhkan gadget tersebut dari hadapan atau genggaman kita. Simpan gadget di dalam tas agar suasana hangout atau kumpul bisa lebih terasa dan bermanfaat. Dengan begitu, akan membuat kita mulai terbiasa tidak tergantung pada gadget.

5. Lakukan Kegiatan yang Menyenangkan

Tingkat kebosanan seseorang akan meningkat tajam saat hari libur tiba. Pada umumnya, gadget menjadi solusi terbaik untuk mengisi waktu kosong di hari libur untuk menghilangkan rasa bosan. Padahal ada banyak hal menyenangkan lainnya yang bisa dilakukan untuk mengisi weekend. Misalnya bersih-bersih rumah, memasak, atau menonton film secara marathon dan masih banyak lagi.

Aktivitas seperti ini perlahan-lahan akan membuat kita larut dalam suasana sehingga lupa pada gadget. Biar kegiatan tersebut semakin seru, ajak saudara, teman bahkan pacar untuk melakukan berbagai aktivitas bermanfaat saat weekend.

6. Ingat Dampak Penggunaan Gadget

Selain menimbulkan kecemburuan sosial, gadget juga berdampak buruk bagi kesehatan tubuh. Seperti yang terjadi pada generasi millenial saat ini, penggunaan gadget yang berlebihan dapat merusak mata bahkan otak akibat radiasi dari smartphone.

Cara satu-satunya untuk menjaga agar kondisi tubuh tetap sehat adalah dengan mengurangi penggunaan gadget pada kehidupan sehari-hari. Mulailah dengan pemakaian gadget saat diperlukan saja, misalnya untuk mencari informasi saat menyelesaikan tugas, menyelesaikan pekerjaan, menghubungi keluarga atau teman dan sebagainya. Bila hanya untuk melihat-lihat postingan yang dikira kurang penting, sebaiknya tidak perlu dilakukan.

Dekat dengan Orang Tersayang, Tingkatkan Kualitas Hidup

Tak ada yang melarang bila beberapa kegiatan yang dilakukan harus menggunakan gadget, seperti menyelesaikan tugas kantor, berbisnis, menghubungi klien, hingga upload momen penting ke sosial media. Namun, bila semua urusan tersebut sudah selesai, tak ada salahnya tinggalkan gadget Anda untuk sementara waktu. Hal ini juga merupakan cara terbaik untuk meningkatkan kualitas hidup, yaitu dengan beralih dari gadget ke kumpul bersama orang-orang yang kita sayangi seperti keluarga, saudara, kerabat, dan teman. Tujuannya agar tali persaudaraan diantara satu sama lainnya semakin dekat dan erat. Jadi, jangan terlalu sering bergantung dengan gadget ya!

Source : https://www.cermati.com/

#Jobseekers

#Jobvacancies

#ExecutiveSearchIndonesia

#RecruitmentFirmIndonesia

#HeadhunterIndonesia

#RecruitmentConsultantIndonesia

#TalentaGunaNusantara

#TGNOutsourcing

#Outsourcing

#freshgraduate

#instajobs

#manpower

#outsourcingjobs

#outsourcingservice

#outsourcingcompanies

#publicservice

 

Comments


  Verification Code

  Name

  Email

  Homepage





 

Service Overview

TGN Recruitment specializes in detection, direct approach  and recruitment of executive & staff that are well prepared to embark on a dynamic career within both multinational and local firms developing in Indonesia

TGN Recruitment in addition to its selection process, mainly based on the candidates’ ability to lead a successful career in Indonesia, also offers them consulting expertise aimed at maximizing their performance in their search for new opportunities in these countries.


Contact Us

 PT. Talenta Guna Nusantara

Head Office :
Office 8, Level 18 A, Jl Jend Sudirman Kav 52-53
Sudirman Central Business District (SCBD)
Jakarta Selatan 12190, Indonesia
Phone : +6221 - 2949 0577
Fax : +6221 - 2949 0578
E-mail: info@tgn.co.id

Branch Office :
Ruko Bekasi Mas Blok D.25 Lt.2
Jl. Jend. A. Yani. Bekasi.
Jawa Barat 17141, Indonesia
Phone : +6221 - 89453371
E-mail : bekasi@tgn.co.id