5 Tips Ampuh Jadi Makin Produktif Ketika Bekerja

Posted on 26 September 2018 ( 0 comments )



Kehidupan pekerjaan yang selalu dipenuhi banyak tugas penting menuntut totalitas waktu dan pikiran yang cukup besar untuk dapat menyelesaikannya. Kadang karena terlalu fokus, tekanan bisa saja muncul dari mana saja dan menyebabkan stress.

Tetapi tunggu dulu, jangan dulu terpuruk dalam tekanan pekerjaan. Coba untuk mencari solusi terbaik supaya pekerjaan bisa selesai dengan cepat dan menjadi lebih produktif. Dari pada hanya pusing saja, lebih baik simak tips simpel berikut supaya kinerja jadi semakin maksimal.

1. Atur Pekerjaan agar Lebih Terfokus

Agar pekerjaan dapat terselesaikan sesuai jadwal, maka penting untuk membuat to do list. Daftar tersebut berisi semua pekerjaan yang harus Anda selesaikan mulai dari yang paling penting yang harus selesai secepatnya hingga yang bisa ditunda. Lalu urutkan dari yang paling mendesak untuk diselesaikan saat itu juga.

Kemudian, kerjakan sesuai dengan daftar yang telah Anda buat sebelumnya. Usahakan agar fokus ketika bekerja, dan ada baiknya untuk menjauhkan gadget saat bekerja. Agar pekerjaan bisa selesai lebih cepat dan waktu bekerja pun jadi semakin efektif.

2. Ubah Kebiasaan Multi-Tasking

Memiliki kemampuan multitasking yang bisa mengerjakan banyak pekerjaan sekaligus memang diperlukan dan bisa jadi nilai positif tersendiri. Tetapi sayangnya kemampuan tersebut justru membuat Anda jadi kurang produktif karena fokus jadi terpecah.

Sehingga pekerjaan tak dapat selesai tepat waktu bahkan tak ada yang selesai satu pun sebab banyak yang ditangani secara bersamaan. Jika sudah begitu, stress pasti akan dengan mudah menyerang dengan cepat.

Ada baiknya untuk mengerjakan pekerjaan sesuai jadwal yang sudah dibuat dan kesampingkan keinginan untuk melakukan pekerjaan sekaligus. Jangan berusaha untuk terlihat menonjol tanpa melihat lebih dulu kemampuan yang Anda miliki.

3. Buat To do List

Sering bingung mengapa pekerjaan tak juga kunjung selesai? Ini karena saat mengerjakan suatu pekerjaan kurang fokus, satu belum selesai sudah pindah lagi mengerjakan pekerjaan yang lain. Dari pada pusing sendiri, coba kerjakan pekerjaan satu per satu sesuai dengan urgensi-nya.

Jika sulit, coba buat daftar pekerjaan yang wajib diselesaikan saat itu lalu kerjakan sampai selesai sesuai tenggat waktu. Baru beralih ke pekerjaan selanjutnya. Dengan begitu, sedikit demi sedikit pekerjaan akan dapat cepat selesai dan waktu kerja akan jadi semakin produktif.

4. Putar Musik Kesayangan

Bad mood dan kurang semangat sewaktu bekerja? Coba putar musik kesayangan, mendengarkan musik yang disukai selama sibuk bekerja bisa membantu otak lebih rileks dan tidak terlalu grasak-grusuk  saat bekerja. Sehingga pekerjaan bisa selesai maksimal dan bisa punya waktu lebih untuk bersantai.

Musik yang energik dan penuh semangat membantu mengisi ulang energi dan mood yang menurun karena banyak tekanan. Coba pilih musik kesayangan dan jadikan dalam satu folder lalu putar berulang-ulang.

5. Maksimalkan Waktu Istirahat

Bagaimana pun juga Anda tak bisa terus tenggelam dan berkutat dengan pekerjaan yang akan selalu menumpuk tak ada habisnya. Setiap hari akan selalu ada pekerjaan baru yang menuntut untuk diselesaikan. Tubuh dan pikiran juga butuh waktu untuk beristirahat jadi jangan hanya mementingkan deadline.

Pekerjaan memang penting tetapi Anda juga harus bijak dalam mengelola waktu antara bekerja dan istirahat dengan balance. Jika tidak ini bisa berakibat buruk pada kondisi fisik, tak hanya untuk hari ini tetapi juga kesehatan untuk jangka waktu panjang.

Ada baiknya untuk memaksimalkan waktu istirahat dan gunakan untuk benar-benar mengistirahatkan tubuh maupun pikiran. Rehatlah sejenak dari pekerjaan, bisa sambil minum secangkir kopi atau teh hangat. Atau jalan-jalan di sekitar kantor untuk menghirup udara segar dan bertemu banyak orang. Jangan hanya mengurung diri dalam pekerjaan, bisa-bisa jadi tua sebelum waktunya.

Bangun Semangat Tingkatkan Produktivitas

Terkadang tekanan yang muncul karena pekerjaan membuat seseorang jadi kurang semangat yang akirnya menurunkan produktivitas. Untuk mengatasinya, semangat kerja perlu dijaga dan dipertahankan bila perlu ditingkatkan kembali. Mulailah bangun semangat dari kebiasaan-kebiasaan kecil di tempat kerja, terutama aktivitas yang sering dilakukan setiap hari. Sebab itu jangan remehkan hal-hal kecil.

Source : https://www.cermati.com/

#Jobseekers

#Jobvacancies

#ExecutiveSearchIndonesia

#RecruitmentFirmIndonesia

#HeadhunterIndonesia

#RecruitmentConsultantIndonesia

#TalentaGunaNusantara

#TGNOutsourcing

#Outsourcing

#freshgraduate

#instajobs

#manpower

#outsourcingjobs

#outsourcingservice

#outsourcingcompanies

#publicservice

 

Comments


  Verification Code

  Name

  Email

  Homepage





 

Service Overview

TGN Recruitment specializes in detection, direct approach  and recruitment of executive & staff that are well prepared to embark on a dynamic career within both multinational and local firms developing in Indonesia

TGN Recruitment in addition to its selection process, mainly based on the candidates’ ability to lead a successful career in Indonesia, also offers them consulting expertise aimed at maximizing their performance in their search for new opportunities in these countries.


Contact Us

 PT. Talenta Guna Nusantara

Head Office :
Office 8, Level 18 A, Jl Jend Sudirman Kav 52-53
Sudirman Central Business District (SCBD)
Jakarta Selatan 12190, Indonesia
Phone : +6221 - 2949 0577
Fax : +6221 - 2949 0578
E-mail: info@tgn.co.id

Branch Office :
Ruko Bekasi Mas Blok D.25 Lt.2
Jl. Jend. A. Yani. Bekasi.
Jawa Barat 17141, Indonesia
Phone : +6221 - 89453371
E-mail : bekasi@tgn.co.id