6 Cara Berdamai dengan Pekerjaan Tak Sesuai Passion

Posted on 25 September 2018 ( 0 comments )



Banyak pilihan hidup yang bisa kamu jalani setelah lulus kuliah. Entah itu mencari kerja, kuliah lagi, atau mungkin menikah jika sudah merasa siap lahir batin. Jika pilihannya jatuh untuk mencari pekerjaan, tentu bukan sekadar alasan. Salah satunya karena tuntutan hidup.

Ngomong-ngomong tuntutan hidup jangan ditanya, makin mendesak pastinya. Tak ayal, keinginan untuk segera mendapatkan pekerjaan pun semakin tinggi. Bahkan saking ingin cepat bekerja, tidak sedikit orang yang peduli lagi apakah pekerjaan tersebut nantinya tidak sesuai minat atau melenceng dari jurusan saat kuliah. Yang penting lamar pekerjaan, segera bekerja, dan mendapat gaji bulanan.

Apakah kamu termasuk orang yang sedang berada dalam situasi tersebut? Jangan khawatir,  itu bukan akhir dari segalanya. Berhubung hidup harus terus berlanjut, kamu dituntut untuk bisa ‘berdamai’ dengan keadaan tersebut.

Berikut tips yang bisa kamu terapkan agar tidak ‘setengah hati’ menjalani pekerjaan yang sebetulnya bukan passion kamu dan tetap bisa memberikan performa terbaik bagi perusahaan:

1. Selalu Bersyukur

Sebagai seorang lulusan anyar atau bahasa kerennya fresh graduate, tentu pengalaman kamu di dunia kerja masih tergolong minim. Tapi kamu termasuk orang yang beruntung karena tak perlu menunggu waktu lama untuk mendapatkan pekerjaan meskipun tak sesuai passion maupun ilmu kamu.

Di sinilah saatnya kamu untuk mensyukuri keberuntungan tersebut. Bersyukur dan tidak mengeluh adalah cara yang efektif agar selalu berpikir positif. Dengan banyak bersyukur, otomatis akan membuat perasaan kamu bahagia dan penuh semangat dalam menjalani pekerjaan kamu.

2. Jadikan Pekerjaan untuk Mendapatkan Ilmu Baru

Tanpa disadari dengan bekerja di bidang yang melenceng dari passion dan ilmu yang dimiliki, kamu justru sudah belajar hal-hal baru. Contoh kamu seorang sarjana lulusan Sastra, namun bekerja sebagai seorang SEO Specialist. Profesi yang mungkin secara teknis tidak linear dengan lingkup ilmu yang sudah kamu pelajari di bangku kuliah, tapi bisa menjadi sebuah ilmu baru yang akan kamu kuasai.

Mungkin saja dari pekerjaan kamu yang sekarang akan membawa manfaat besar di masa depan, terlebih di era digital saat ini. Jadi jangan putus asa, tekuni pekerjaan kamu dan rasakan hasilnya.

3. Menguatkan Mental

Namanya dunia baru, tentu kamu masih dalam tahap belajar. Mungkin juga akan melakukan kesalahan dalam menyelesaikan pekerjaan tersebut. Namun hendaknya hal ini tak lantas menciutkan nyali dan semangat kamu. Justru dari kesalahan tersebut, harus melatih mental kamu untuk siap menghadapi segala kendala yang terjadi saat menjalankan tugas.

Kalau ditegur atasan bagaimana? Anggap saja mereka orang tua kamu di kantor yang sedang mendidik kamu agar bisa menjadi orang yang lebih baik, mandiri, dan memiliki mental baja. Ingat, memiliki mental kuat merupakan modal dasar orang untuk sukses.

4. Berani Ambil Risiko 

Agar proses ‘belajar’ terhadap bidang pekerjaan ini benar-benar maksimal, terkadang kamu juga perlu berani mengambil risiko. Akan tetapi tetap dengan perhitungan yang matang. Dengan berani mengambil risiko, kamu dapat mengetahui sejauh mana kemampuan kamu dalam menekuni bidang pekerjaan saat ini.

Jika nantinya tindakan kamu tersebut membuahkan hasil positif, kamu akan mendapat kepuasan dan kebanggaan tersendiri. Siap-siap juga untuk mendapat apresiasi dari rekan-rekan di kantor, bahkan atasan kamu.

5. Hargai Diri Sendiri

Saat Anda berhasil menyelesaikan pekerjaan dengan baik, tak ada salahnya kamu memberikan semacam reward atau penghargaan untuk diri sendiri. Implementasinya pun bisa bermacam-macam, seperti travelling, belanja sepuasnya, dan kegiatan lainnya untuk memanjakan diri kamu. Cara ini untuk menghargai diri sendiri atas usaha yang telah dikerjakan, sehingga kamu akan terus semangat dalam menjalani pekerjaan saat ini.

6. Selalu Menjaga Kesehatan 

Mendapatkan pekerjaan yang tidak sesuai minat akan membuat kamu tidak maksimal dalam melakoninya. Atau, karena kamu merasa tidak capable dalam bidang tersebut, kamu malah jadi stres dan tertekan. Hindari hal ini, karena alih-alih kamu semakin berkembang, kamu justru akan mudah diserang berbagai penyakit, dari yang ringan sampai yang  berat sekalipun.

Selalu ingat untuk menjaga kesehatan dengan cara makan dan olahraga secara teratur. Jangan terlalu banyak pikiran, jalani dengan enjoy, dan balik lagi untuk selalu bersyukur atas apa yang diberikan Tuhan kepada kamu.

Cinta Bisa Tumbuh Karena Terbiasa

Ada ungkapan cinta bisa tumbuh karena terbiasa. Ungkapan ini bukan hanya berlaku untuk pasangan kekasih, tapi juga menyangkut pekerjaan. Asalkan kamu tekun dan konsisten, bukan tidak mungkin suatu saat nanti pekerjaan yang kamu benci sekarang ini, berubah menjadi aktivitas yang sangat menyenangkan. Tetap semangat. 

Source : https://www.cermati.com/

#Jobseekers

#Jobvacancies

#ExecutiveSearchIndonesia

#RecruitmentFirmIndonesia

#HeadhunterIndonesia

#RecruitmentConsultantIndonesia

#TalentaGunaNusantara

#TGNOutsourcing

#Outsourcing

#freshgraduate

#instajobs

#manpower

#outsourcingjobs

#outsourcingservice

#outsourcingcompanies

#publicservice

 

 

Comments


  Verification Code

  Name

  Email

  Homepage





 

Service Overview

TGN Recruitment specializes in detection, direct approach  and recruitment of executive & staff that are well prepared to embark on a dynamic career within both multinational and local firms developing in Indonesia

TGN Recruitment in addition to its selection process, mainly based on the candidates’ ability to lead a successful career in Indonesia, also offers them consulting expertise aimed at maximizing their performance in their search for new opportunities in these countries.


Contact Us

 PT. Talenta Guna Nusantara

Head Office :
Office 8, Level 18 A, Jl Jend Sudirman Kav 52-53
Sudirman Central Business District (SCBD)
Jakarta Selatan 12190, Indonesia
Phone : +6221 - 2949 0577
Fax : +6221 - 2949 0578
E-mail: info@tgn.co.id

Branch Office :
Ruko Bekasi Mas Blok D.25 Lt.2
Jl. Jend. A. Yani. Bekasi.
Jawa Barat 17141, Indonesia
Phone : +6221 - 89453371
E-mail : bekasi@tgn.co.id