Tips Tingkatkan Percaya Diri di Kantor agar Karier Cemerlang

Posted on 24 September 2018 ( 0 comments )



Di dalam dunia kerja bukan hanya kemampuan yang menjadi modal dasar untuk menggapai kesuksesan, tapi juga sangat penting memiliki percaya diri yang kuat. Dengan rasa percaya diri, seseorang akan terlihat lebih berwibawa dan tidak mudah dipandang sebelah mata oleh orang lain saat bekerja.

Percaya diri memiliki makna seberapa besar Anda yakin dengan kemampuan dan kelebihan diri sendiri tanpa mempermasalahkan kekurangan. Jadi, ketika Anda punya percaya diri yang tinggi di kantor, pasti akan cenderung lebih tegas dalam memutuskan sesuatu atau mengambil keputusan, serta memiliki segudang inisiatif.

Tanpa percaya diri atau kurang yakin terhadap apa yang Anda kerjakan, maka orang lain atau rekan kerja akan berpikir Anda adalah pribadi yang lemah dan tidak pantas diandalkan. Kerjaan pun terbengkalai akibat rasa kurang pede itu, dan akhirnya mengganggu performa Anda di kantor.

Ada beberapa masalah yang dapat meruntuhkan kepercayaan diri seseorang di kantor, yaitu adanya pendapat orang yang terlalu banyak tentang Anda, kurangnya dukungan, tidak jelasnya arah, dan umpan balik yang bertentangan. 

Untuk itu, ada beberapa tips yang bisa Anda coba untuk meningkatkan kepercayaan diri di kantor, sebagai berikut:

1. Tonjolkan Kelebihan 

Ketika Anda merasa memiliki kelebihan yang pantas untuk diperlihatkan, maka tonjolkanlah. Fokus pada kekuatan, keterampilan, serta bakat yang Anda miliki. Hindari memikirkan segala kelemahan dalam diri, karena hal itu hanya akan membuat Anda kehilangan percaya diri dan menghambat karier Anda.

Carilah cara agar rasa percaya diri terus muncul dan segala pekerjaan yang Anda lakukan bisa sesuai dengan harapan. Ketika fokus pada kelebihan yang dimiliki, pasti akan membuat Anda jauh lebih percaya diri dan hasil dari pekerjaan jauh lebih baik dari sebelumnya.

2. Susun Daftar Kesuksesan yang Pernah Diraih 

Rasa minder sangat wajar muncul ketika Anda belum berhasil dalam menyelesaikan pekerjaan dengan baik. Bahkan Anda bisa saja melupakan kesuksesan kecil yang sudah diraih hanya karena adanya kegagalan di tengah jalan. Padahal itu bukanlah akhir dari segalanya, karena masih banyak jalan bagi Anda untuk meraih keberhasilan.

Daripada fokus terus pada kegagalan, cobalah menyusun daftar kesuksesan yang pernah Anda raih di dalam pekerjaan maupun dalam kehidupan pribadi Anda.  Hal ini akan membantu Anda kembali bersemangat mengerjakan pekerjaan dan melakukan hal-hal untuk mencapai target.

3. Tantang Diri Anda 

Cobalah menantang diri dengan melakukan pekerjaan yang dapat memberi kesempatan bagi Anda untuk mengerahkan segala kemampuan yang Anda miliki. Ketika berhasil melakukannya, secara tidak langsung bisa membangkitkan kepercayaan diri seketika.

4. Jangan Remehkan Penampilan

Ketika bicara soal percaya diri, tentu penampilan diri menjadi faktor penting untuk disorot. Penampilan yang baik akan meningkatkan kepercayaan diri seseorang. Bagi rekan kerja atau orang lain yang melihat pasti akan terkesan dengan penampilan Anda.

Maka dari itu, tunjukkan penampilan terbaik Anda di kantor agar rekan kerja dan atasan menghargai Anda, ditambah lagi demi meningkatkan karier. Payscale dalam surveinya menunjukkan bahwa seseorang yang mampu menyesuaikan penampilan dengan tempatnya bekerja alias tidak saltum atau salah kostum akan lebih mudah mendapatkan kenaikan gaji. Siapa yang mau?

5. Percaya Diri Bukanlah Kesombongan

Jangan mencoba samakan antara kepercayaan diri dengan kesombongan. Karena sikap arogan adalah sikap yang selalu membangga-banggakan dirinya, merasa dirinya lebih tinggi dari orang lain. Bahkan suka meremehkan orang lain. Sikap ini perlu dihindari ya.

Sementara percaya diri adalah sikap positif untuk melakukan segala sesuatu dan menunjukkannya dengan rasa hormat dan kerendahan hati, sehingga penilaian orang lain baik terhadap Anda.

Manfaat Memiliki Rasa Percaya Diri

Seseorang yang memiliki rasa percaya diri akan berpengaruh positif terhadap hasil pekerjaan. Dengan rasa percaya diri itu, Anda akan mampu menunjukkan jati diri ketika berinteraksi dengan orang lain. Manfaat lainnya, Anda tidak mudah dipengaruhi orang lain, membuat Anda menjadi lebih optimistis dalam segala hal, mampu menghilangkan keraguan di dalam diri, berpikir lebih kritis, serta meningkatkan kualitas pribadi.

Walhasil percaya diri akan membantu Anda menggapai kesuksesan. Tapi perlu diingat, jangan over percaya diri karena rekan kerja justru bisa menganggap Anda lebay, kemudian malah ilfil dan menjauhi Anda.

Source : https://www.cermati.com/

#Jobseekers

#Jobvacancies

#ExecutiveSearchIndonesia

#RecruitmentFirmIndonesia

#HeadhunterIndonesia

#RecruitmentConsultantIndonesia

#TalentaGunaNusantara

#TGNOutsourcing

#Outsourcing

#freshgraduate

#instajobs

#manpower

#outsourcingjobs

#outsourcingservice

#outsourcingcompanies

#publicservice

Comments


  Verification Code

  Name

  Email

  Homepage





 

Service Overview

TGN Recruitment specializes in detection, direct approach  and recruitment of executive & staff that are well prepared to embark on a dynamic career within both multinational and local firms developing in Indonesia

TGN Recruitment in addition to its selection process, mainly based on the candidates’ ability to lead a successful career in Indonesia, also offers them consulting expertise aimed at maximizing their performance in their search for new opportunities in these countries.


Contact Us

 PT. Talenta Guna Nusantara

Head Office :
Office 8, Level 18 A, Jl Jend Sudirman Kav 52-53
Sudirman Central Business District (SCBD)
Jakarta Selatan 12190, Indonesia
Phone : +6221 - 2949 0577
Fax : +6221 - 2949 0578
E-mail: info@tgn.co.id

Branch Office :
Ruko Bekasi Mas Blok D.25 Lt.2
Jl. Jend. A. Yani. Bekasi.
Jawa Barat 17141, Indonesia
Phone : +6221 - 89453371
E-mail : bekasi@tgn.co.id