8 Prinsip Hidup yang Harus Dihindari Kalau Mau Sukses Berkarir

Posted on 19 September 2018 ( 0 comments )



Sukses dalam karir merupakan pencapaian tertinggi yang menjadi tujuan utama semua orang. Hampir semua orang sering kali mengucapkan ingin sukses berkarir. Tapi nyatanya menyuarakan lewat ucapan memang lebih mudah dibandingkan tindakan nyata. Tak semua orang berani berkomitmen untuk mewujudkan langsung dalam bentuk tindakan.

Meski sudah menata karir dengan baik tapi mengalami kegagalan, itu merupakan hal yang sangat wajar karena masih bisa untuk bangkit lagi dan memperbaiki kesalahan yang dilakukan sebelumnya. Namun, sangat disayangkan kalau kegagalan tersebut disebabkan karena tidak berbuat apa-apa untuk meraih kesuksesan karir sehingga  nantinya akan mengalami penyesalan yang berkepanjangan.

Bagi siapapun tidak ada kata terlambat untuk memulai dan memperbaikinya. Caranya sangat mudah, mencapai sukses dalam karir bisa diawali dengan menata prinsip hidup yang selama ini sering disepelekan. Sebab, walaupun prinsip hidup adalah hal yang sederhana tapi bisa sangat berpengaruh pada perjalanan karir. Agar kesuksesan karir cepat tercapai tanpa ada hambatan, berikut 8 prinsip hidup yang harus Anda hindari.

1. Mengabaikan Asupan Makanan dan Minuman

Tubuh membutuhkan asupan gizi tinggi untuk menunjang aktivitas sehari-hari. Bayangkan jika makanan yang dikonsumsi tidak memiliki kandungan gizi yang seimbang, akibatnya tubuh akan menjadi lemah, lemas, tidak semangat dan tidak konsen dalam bekerja. Hal ini tentu membuat produktifitas kerja akan berkurang.

Jika diabaikan dalam jangka waktu yang berkepanjangan, maka bisa saja kondisi tubuh akan semakin bertambah parah ketika menginjak usia 35 tahun ke atas. Tentu tubuh jadi lebih mudah diserang penyakit yang dapat berakibat terhambatnya perjalanan karir.

Untuk itu, mulailah perhatikan makanan dan minuman yang dikonsumsi dengan mempertimbangkan kandungan gizi. Dengan begitu, tubuh yang selalu sehat akan sangat menunjang kinerja selama manata karir hingga sukses.

2. Memilih Tidur daripada Olahraga

Tidur menjadi aktivitas yang paling menyenangkan, tapi kebanyakan tidur juga tidak baik untuk kesehatan yang pada akhirnya bisa menghambat produktivitas saat bekerja. Lagipula kebanyakan waktu tidur akan membuat badan menjadi terasa pegal-pegal tak karuan, pasti ini pernah dialami kebanyakan orang.

Lebih baik, aturlah waktu tidur sesuai dengan batasan yang sudah ditentukan, yaitu 7 – 8 jam per hari. Setelah bangun tidur, luangkan waktu sebentar, yaitu sekitar 15 menit hingga 20 menit untuk berolahraga. Ini perlu dilakukan secara rutin agar tubuh lebih segar dan bugar sehingga menjadi lebih semangat selama menjalankan rutinitas setiap harinya.

3. Membandingkan Diri Sendiri dengan Orang Lain

Tak dapat dipungkiri, hingga kini masih banyak orang yang selalu membandingkan diri sendiri dengan orang lain. mereka beranggapan melakukan hal tersebut agar bisa berlomba menunjukkan kehebatan yang dimilikinya. Tapi tak sedikit juga orang yang sering minder karena merasa tidak sehebat rekan kerja lainnya di kantor?

Ini tentu hanya membuang-buang waktu saja. Sadarlah kalau semua orang tidak memiliki kesamaan dan setiap orang memiliki kekurangan dan kelebihan masing. Lebih baik fokuskan pada diri sendiri untuk terus melakukan yang terbaik. Perbaiki apa yang menjadi kelemahanmu dan tingkatkan apa yang menjadi kelebihanmu dalam proses pencapaian karir.

4. Suka Gosip di Kantor

Kebiasaan menggosip memang sangat sulit dihindari dan ini identik dengan kaum hawa, tapi tidak menutup kemungkinan kalau kaum adam juga melakukan hal yang sama. Padahal menggosip seseorang hanya akan menyita waktu di kantor. Lagipula menceritakan keburukan orang lain dari belakang salah satu hal yang tidak memiliki manfaatnya sama sekali. Bahkan, bisa memunculkan perpecahan diantara rekan kerja yang pada akhirnya akan menghambat mencapaian karir.

Kebiasaan ini tentu harus dihindari, alangkah baiknya isi waktu kosong di kantor dengan melakukan hal-hal yang bermanfaat. Bila ada rekan kantor yang melakukan kesalahan atau keburukan lainnya, tak ada salahnya menegurnya langsung dengan cara yang baik-baik. Dengan begitu, kondisi sesama rekan kerja akan terlihat lebih baik dan tentunya perjalanan karir akan berjalan dengan lancar.

5. Banyak Mengeluh

Tugas kantor yang tiada habisnya membuat tubuh dan pikiran mudah merasa lelah, ini tentu sesuatu hal yang sangat wajar saja. Tapi jangan jadikan rasa lelah tersebut sebagai alasan untuk terus menerus mengeluh sehingga memberikan efek buruk pada kinerja, yaitu tidak produktif di tempat kerja.

Lebih baik, kerjakan apa yang sudah menjadi tanggung jawab sebagai karyawan terhadap perusahaan dan berikan hasil yang terbaik juga disetiap tugas yang diberikan atasan. Sebab, kinerja setiap karyawan akan terus dipantau atasan. Bila Anda terus menunjukan kinerja yang baik, tentu perjalanan karir akan lebih mudah dan cepat tercapai.

6. Asal Ambil Keputusan Tanpa Pertimbangkan Risiko

Pastinya Anda sudah tahu kalau setiap keputusan yang diambil memiliki risikonya masing-masing. Jadi sebelum mengambil keputusan, pikirkan terlebih dauhulu dengan matang menyoal dampak negatif dan dampak positif dari keputusan tersebut.

Selain itu, perhatikan pula apakah ada orang yang akan terkena dampaknya, bila ada lalu siapa saja yang akan terkena. Hal ini perlu dipikirkan agar bisa diantisipasi hal-hal buruk yang akan terjadi di kemudian hari, terutama yang ada kaitannya dengan perjalanan karir.

7. Kurang Memberikan Ruang untuk Diri Sendiri

Giat bekerja memang membuat kesuksesan karir bisa tercapai lebih cepat, tapi bekerja terus menerus juga tidak baik karena bisa saja menjadi stres. Manfaatkan waktu yang Anda punya untuk menyenangkan diri sendiri, baik itu  nonton televisi, baca buku, main games, memanjakan diri ke salon atau bahkan travelling.

Hal ini bagus agar pikiran dan tubuh kembali fresh, tidak melulu tertuju pada tugas, presentasi, dan kantor. Luangkan waktu setidaknya 3 – 4 jam di hari pekan untuk menikmati momen me time.

8. Menghapus Mimpi karena Pesimis

Setiap orang punya mimpi yang besar, misalnya ingin punya rumah di usia 30-an, ingin keliling dunia dan sebagainya. Tapi mimpi-mimpi tersebut jarang yang terealisasi karena kebanyakan orang terlalu takut untuk melangkahkan kaki menjemput mimpi tersebut dan merasa dirinya tidak mampu untuk menggapainya.

Sadar atau tidak, pikiran negatif yang seperti itulah seringkali membuat Anda gagal. Tidak ada salahnya mulai bangun rasa percaya diri dan rancang strategi terbaik untuk mewujudkan mimpi tersebut.

Mengubah Prinsip Hidup yang Lama Menjadi Prinsip Baru

Jika ingin sukses dalam hidup termasuk dalam berkarir, tinggalkanlah prinsip hidup lama yang hanya membuat diri Anda bisa merugi. Segeralah menggantinya dengan bangun prinsip hidup yang baru. Jadilah orang yang mau berubah ke arah positif demi mencapai tujuan-tujuan yang diinginkan.

Source : https://www.cermati.com/

#Jobseekers

#Jobvacancies

#ExecutiveSearchIndonesia

#RecruitmentFirmIndonesia

#HeadhunterIndonesia

#RecruitmentConsultantIndonesia

#TalentaGunaNusantara

#TGNOutsourcing

#Outsourcing

#freshgraduate

#instajobs

#manpower

#outsourcingjobs

#outsourcingservice

#outsourcingcompanies

#publicservice

 

 

Comments


  Verification Code

  Name

  Email

  Homepage





 

Service Overview

TGN Recruitment specializes in detection, direct approach  and recruitment of executive & staff that are well prepared to embark on a dynamic career within both multinational and local firms developing in Indonesia

TGN Recruitment in addition to its selection process, mainly based on the candidates’ ability to lead a successful career in Indonesia, also offers them consulting expertise aimed at maximizing their performance in their search for new opportunities in these countries.


Contact Us

 PT. Talenta Guna Nusantara

Head Office :
Office 8, Level 18 A, Jl Jend Sudirman Kav 52-53
Sudirman Central Business District (SCBD)
Jakarta Selatan 12190, Indonesia
Phone : +6221 - 2949 0577
Fax : +6221 - 2949 0578
E-mail: info@tgn.co.id

Branch Office :
Ruko Bekasi Mas Blok D.25 Lt.2
Jl. Jend. A. Yani. Bekasi.
Jawa Barat 17141, Indonesia
Phone : +6221 - 89453371
E-mail : bekasi@tgn.co.id