Kecanduan Drakor Bikin Gak Produktif, Ini Solusinya

Posted on 14 September 2018 ( 0 comments )



Alur ceritanya yang menarik dan romantis menjadi salah satu alasan mengapa drakor begitu disukai oleh banyak orang. Selain itu, wajah menawan para pemainnya juga tentu menjadi hal lainnya yang tak bisa diabaikan, bukan?

Tak bisa dipungkiri jika Korea memiliki kemampuan yang baik dalam mengemas tayangan drama mereka, sehingga kebanyakan drama ini memang sukses di pasaran.

Penggemar drakor seperti kamu tentu memiliki sederet nama artis drakor favorit yang akan selalu ditunggu informasi terkininya. Menonton drakor dan selalu mengikuti perkembangannya, tentu akan menyita banyak waktu kamu yang berharga.

Tidak masalah jika ternyata kamu memiliki kemampuan yang baik untuk mengatur waktu dengan disiplin, di mana kamu tetap bisa mengontrol diri dan memiliki porsi yang tepat dalam menonton drakor ini.

Namun jika ternyata sulit melakukannya, maka bisa jadi kamu sudah kecanduan drakor. Lalu, bagaimana cara terbaik untuk mengatasi masalah kecanduan ini?

 

 

Akibat Kecanduan yang Menonton Drama Korea

Kecanduan umumnya terjadi tanpa disadari, dan hal yang sama juga kerap terjadi ketika seseorang kecanduan drakor. Namun jika telah ada dalam tahap kecanduan yang parah, maka drakor ini bisa saja membuat produktifias  menurun dengan drastis. Bayangkan, apa jadinya jika sepanjang hari atau bahkan sepanjang malam kamu hanya menghabiskan waktu untuk menonton berbagai seri drakor saja.

Berbagai cerita yang menarik dalam drakor kerap membuat orang tidak bisa berhenti untuk menontonnya, bahkan meski sudah berjam-jam. Kebanyakan orang akan menghabiskan satu judul yang terdiri dari belasan episode ini hanya dalam satu atau dua kali menonton saja. Artinya, orang tersebut bisa menghabiskan berjam-jam waktunya di depan laptop atau tv, hanya untuk menikmati drakor kesukaannya.

Jika hal seperti ini dilakukan sepanjang minggu atau bahkan sepanjang bulan, maka berbagai aktifitas lainnya tentu akan terganggu dan bahkan mungkin saja akan terlupakan. Berikut ini adalah beberapa dampak buruk yang diakibatkan oleh kecanduan drakor:

1. Kurang Tidur

Menonton hingga berjam-jam dan tidak mengingat waktu tidur sama sekali, kondisi ini tentu menjadi hal yang biasa dilakukan oleh para pecandu drakor. Tak hanya siang hari, waktu tengah malam hingga pagi juga selalu dihabiskan dengan menonton drakor.

Hal ini akan membuat kamu kurang tidur dan istirahat, meskipun pada dasarnya kamu telah begitu lelah karena memaksa matamu untuk menonton dalam durasi yang terbilang sangat panjang. Dengan cara menonton yang seperti ini, kamu akan memiliki “mata panda” yang menghias wajahmu sepanjang hari. Bukan hanya itu saja, menonton dalam durasi yang panjang seperti ini bisa saja membuat matamu mengalami kelelahan dan gangguan penglihatan.

2. Aktifitas yang Berantakan

Jika sepanjang malam hanya menonton dan menonton drakor saja, maka bisa dipastikan kamu akan kurang tidur. Tak masalah jika hal ini terjadi sesekali saja atau setidaknya hanya di akhir pekan, di mana kamu akan libur keesokan harinya.

Namun jika ini terjadi hampir setiap malam, maka keesokan harinya berbagai aktifitas akan berantakan dan tidak selesai dengan baik. Bangun kesiangan, tidak menyelesaikan pekerjaan rumah, mengantuk di sekolah / tempat kerja akan menjadi rutinitas harian yang selalu menemanimu sepanjang minggu.

3. Tidak Produktif

Saat merasa lelah dan selalu mengantuk akibat kebanyakan begadang untuk menonton drakor, maka pikiran dan otak tentu tidak bisa bekerja dengan maksimal. Kamu akan sulit untuk berkonsentrasi dan menyelesaikan berbagai tugas dan pekerjaanmu, meskipun pada dasarnya tugas-tugas itu tidaklah terlalu sulit untuk diselesaikan.

Produktifitas akan menurun, bahkan hal ini juga bisa diikuti oleh kesehatan yang tidak terjaga dengan baik. Akibat kelelahan dan kurang tidur, tubuhmu mungkin akan lebih rentan terhadap berbagai gangguan penyakit.

4. Melewatkan Momen Berharga dan Kebersamaan dengan Orang Terdekat

Sibuk menonton drakor dan tenggelam di dalam ceritanya yang menarik, kamu bisa saja menghabiskan waktu berjam-jam di dalam kamar. Tidak keluar dan menemui orang-orang dekat (keluarga dan teman-teman) untuk menghabiskan waktu bersama mereka. Bayangkan, berapa banyak momen berharga dan bisa membuatmu bahagia yang telah terlewatkan akibat menonton drakor ini?

Berbagai dampak buruk di atas tentu akan sangat merugikan dirimu sendiri, bahkan orang-orang terdekatmu. Penting untuk mengatasi kecanduan ini dengan baik sejak awal, agar tidak sampai tenggelam di dalam berbagai judul drakor yang selalu kamu tonton sepanjang waktu.

Pada dasarnya, ada banyak hal lainnya yang lebih berguna dan bisa dilakukan untuk hidupmu, selain dari menonton drakor saja.

 

 

Solusi Tepat untuk Kembali Produktif

Untuk mengatasi kecanduan drakor, kamu bisa melakukan berbagai perubahan di dalam aktifitas dan kebiasaan harian. Hal ini mungkin tidak akan mudah, namun tentunya masih bisa dilakukan dengan bertahap.

Bagaimanapun juga, sebagai anak muda kamu bisa melakukan banyak hal bermanfaat lainnya, daripada sekedar menghabiskan waktumu untuk menonton drama Korea.

Simak beberapa solusi berikut ini, yang bisa dilakukan untuk mengatasi kecanduan drakor dan membuatmu kembali produktif:

1. Pahami Dampaknya dan Bulatkan Tekad untuk Berubah

Menyadari berbagai dampak buruk dari kecanduan drakor ini adalah hal pertama yang akan membuat kamu lebih mudah untuk mengatasi kecanduan  itu sendiri.

Luangkan waktu  untuk berpikir dan melihat kembali apa saja yang telah dilakukan dan lewatkan selama ini, sehingga kamu bisa menimbang dengan baik apa yang kamu butuhkan untuk mengatasi masalah kecanduan drakor ini. Selanjutnya, milikilah tekad yang besar untuk berubah, di mana kamu memang menyadari dan benar-benar ingin memperbaiki diri ke depannya.

2. Hindari Berbagai Informasi Mengenai Drakor

Berbagai informasi terkini terkait drakor mungkin saja menjadi hal yang paling banyak diakses melalui internet, terutama untuk drakor dan artis favoritmu. Mulailah membatasi berbagai informasi ini, sehingga kamu bisa mengurangi dan menahan diri untuk selalu mengikuti perkembangan drakor melalui internet.

Unfollow dan unsubscribe berbagai akun yang terkait dengan drakor, termasuk channel-channel yang terbiasa dikunjungi untuk mendownloadnya.

3. Alihkan Perhatian pada Aktifitas Lainnya yang Lebih Bermanfaat

Sibuk adalah salah satu cara yang paling ampuh untuk melupakan sesuatu, termasuk drakor. Jika selama ini hanya sibuk menonton drakor saja dan mengabaikan hal lainnya, maka cobalah lakukan sebaliknya.

Sibuklah untuk melakukan berbagai hal yang menarik dan lebih bermanfaat, sehingga  bisa mengabaikan drakor dan tidak lagi fokus untuk menontonnya. Ada banyak hal menarik yang dapat dilakukan, termasuk hobi kamu atau bahkan aktifitas baru yang memberi tantangan dan selama ini belum sempat dicoba.

4. Batasi Menonton Drakor dan Buat Jadwalnya

Tidak perlu ekstrim dan sama sekali alergi terhadap drakor, sebab tindakan seperti ini akan membuat kamu sulit melupakannya. Apresiasi niat dan usaha untuk lepas dari kacanduan drakor, namun tetaplah memberi waktu pada dirimu sendiri untuk menikmati hal yang kamu sukai ini.

Luangkan waktu untuk menikmati drakor, namun tetap batasi dan disiplin pada jadwal yang telah ditentukan. Kamu bisa mengatur waktu menonton ini selama 1-2 jam di akhir pekan atau waktu libur lainnya.

 

 

Jadi Penonton yang Cerdas dan Bijak

Drakor menjadi salah satu tontonan yang bisa membuat orang kecanduan untuk terus mengikutinya. Jika salah satu penikmat drakor yang telah kecanduan, maka segeralah mencari solusi yang tepat untuk mengatasi hal ini, agar bisa lebih produktif lagi.

Jadilah penonton yang cerdas dan bijak, di mana  menguasai waktu dengan sangat baik, sehingga tontonan tersebut tidak sampai membuatmu kehilangan banyak waktu yang berharga.

Source : https://www.cermati.com/

#Jobseekers

#Jobvacancies

#ExecutiveSearchIndonesia

#RecruitmentFirmIndonesia

#HeadhunterIndonesia

#RecruitmentConsultantIndonesia

#TalentaGunaNusantara

#TGNOutsourcing

#Outsourcing

#freshgraduate

#instajobs

#manpower

#outsourcingjobs

#outsourcingservice

#outsourcingcompanies

#publicservice

 

 

 

 

Comments


  Verification Code

  Name

  Email

  Homepage





 

Service Overview

TGN Recruitment specializes in detection, direct approach  and recruitment of executive & staff that are well prepared to embark on a dynamic career within both multinational and local firms developing in Indonesia

TGN Recruitment in addition to its selection process, mainly based on the candidates’ ability to lead a successful career in Indonesia, also offers them consulting expertise aimed at maximizing their performance in their search for new opportunities in these countries.


Contact Us

 PT. Talenta Guna Nusantara

Head Office :
Office 8, Level 18 A, Jl Jend Sudirman Kav 52-53
Sudirman Central Business District (SCBD)
Jakarta Selatan 12190, Indonesia
Phone : +6221 - 2949 0577
Fax : +6221 - 2949 0578
E-mail: info@tgn.co.id

Branch Office :
Ruko Bekasi Mas Blok D.25 Lt.2
Jl. Jend. A. Yani. Bekasi.
Jawa Barat 17141, Indonesia
Phone : +6221 - 89453371
E-mail : bekasi@tgn.co.id