Inspirasi Bisnis dari 5 CEO Brand Terkenal yang Tak Populer

Posted on 14 September 2018 ( 0 comments )



Nama brand pada sebuah produk menjadi tolak ukur masyarakat untuk membeli atau mengonsumsi produk tersebut. Ya, nyatanya hampir seluruh masyarakat percaya semakin terkenal brand tersebut, maka masyarakat akan semakin yakin akan kualitas produk yang dijual juga semakin bagus.

Bahas menyoal brand terkenal, tentu hal itu tak lepas dari sang pendiri atau CEO yang hebat di belakangnya. Berkat kerja kerasnya membangun brandnya hingga terkenal di kancah dunia.

Namun, hampir semua orang hanya mengenal CEO brand tertentu saja seperti Bill Gates atau Mark Zuckerberg yang memang lebih banyak disorot media untuk dijadikan bahan berita karena kesuksesannya di dunia teknologi dan informasi.

Padahal, masih banyak brand terkenal lain yang tak kalah suksesnya, bahkan produk yang dihasilkan juga mendunia, mulai dari elektronik, pakaian hingga makanan. Pastinya, ada lebih dari satu brand yang hampir selalu kita pakai atau konsumsi sehari-hari.

Agar pengetahuan kamu semakin bertambah, berikut ini sudah dirangkum 5 pendiri atau CEO brand terkenal yang belum banyak diketahui masyarakat:

1. Larry Page dan Sergey Brin, GOOGLE

Kebanyakan orang pasti hanya menggunakan produknya saja tanpa tahu siapa yang sudah mendirikan produk tersebut, salah satunya CEO Google. Memang, nama CEO Google ini tak dikenal banyak orang seperti halnya Mark Zuckerberg sebagai pendiri Facebook, padahal Google menjadi mesin pencari informasi apapun yang lebih dulu digunakan.

Google didirikan pada September 1998 oleh Larry Page dan Sergey Brin yang pada saat itu masih berstatus mahasiswa Ph. D. di Universitas Standford. Selain menjadi wadah informasi seluruh dunia yang bisa diakses dan bermanfaat orang banyak, seiring perkembangan Google juga berhasil merilis berbagai macam produk, akuisisi dan kerja sama di bidang mesin pencari inti Google, seperti Google Adsense, Google Adwords, Google Search, Google Maps, Google Earth, Google Books, Gmail, Google Drive, Google Docs, Google Chrome, Android dan masih banyak lagi.

2. Philip H. Knight, NIKE

Nike merupakan salah satu produk olahraga mulai dari sepatu, pakaian dan alat-alat olahraga di Amerika Serikat. Saat ini produk Nike (nai-key) terkenal mendunia berkat kerja kerasnya sang pendiri, Philip H. Knight. Memutuskan untuk menciptakan brand sepatu sendiri, tak secepat membalikan telapak tangan, ia mulai dari menjual sepatu keliling di stadion atletik hingga kini sudah mensponsori olahragawan atau atlet terkenal di dunia.

Penjualannya meningkat, berawal dari pria kelahiran Februari 1938 ini melihat revolusi jogging yang mulai disukai banyak orang pada 1970, sehingga dari situlah Phil memasarkan produknya untuk pelari pemula atau non-profesional.

Tak hanya diam pada dunia olahraga saja, Phil juga menjadikan Nike membuka pasar yang lebih luas lagi dengan mengubah pandangan masyarakat bahwa sepatu Nike yang ia produksi bukan hanya sepatu lari saja, tapi bisa dijadikan sebagai sepatu fashion juga. Usahanya tersebut mampu membuat semua orang dari anak-anak sampai dewasa di seluruh dunia tertarik memakainya.

3. Lee Byung-chull, SAMSUNG

Awalnya, Samsung (sahm-song) Group yang didirikan oleh Lee Byung-chull pada 1938 di Korea Selatan ini bukanlah perusahaan dibidang elektronik, melainkan perusahaan yang bergerak di bidang produsen dan distributor bahan makanan sehari-hari yang diekspor ke Cina, seperti ikan, sayuran dan buah-buahan.

Pada tahun 1960, Lee nekat mulai nekat mengembangkan sayapnya ke dunia industri elektronik. Kecerdasannya dalam menata perusahaan, pria kelahiran 1910 ini sangat apik membagi tugas setiap divisi elektronik, diantarnya Samsung Electronics Co Devices, Samsung Electro-Mekanika Co, Samsung Corning Co, dan Samsung Semiconductir & Telecommunications Co dan membuat fasilitas di kota Suwon, Korea Selatan.

Walau Lee sudah meninggal dunia, kini Samsung Group lebih dikenal masyarakat sebagai perusahaa elektronik terbesar di dunia. Tak sedikit jumlah produk yang telah dirilisnya, mulai dari handphone, televisi, kulkas dan sebagainya.

4. Rene Lacoste, LACOSTE

Pada umumnya, sebuah brand fashion yang terkenal berkat pendirinya yang memang memiliki keahlian di bidang fashion, atau memang sebagai fashion designer. Namun, percayakah kalau salah satu CEO brand fashion yang satu ini tidak memiliki latar belakang di bidang fashion, bahkan dirinya sebagai pemain tenis terkenal.

Tak butuh waktu lama untuk menciptakan sebuah brand ini, pada 1920-an orang bermain tenis dengan mengenakan baju lengan panjang. Pada saat turnamen, salah satu petenis terkenal bernama Rene Lacoste berpenampilan berbeda, yaitu mengenakan baju lengan pendek yang dijahitnya sendiri. Dari situlah Rene mendirikan perusahaan yang membuat kaos khusus tenis, golf dan berlayar.  

Tepat pada 1933, Rene lacoste (la-cos) resmi mendirikan sebuah brand lacoste di Perancis. Mengikuti tren fashion, akhirnya brand yang dikenal dengan logonya berupa buaya tersebut menghadirkan banyak produk yang dijualnya, mulai dari pakaian, sepatu, parfum, kacamata, jam tangan.

5. Jerry Baldwin, Zev Siegl dan Gordon Bowker, Starbucks

 

Terinspirasi oleh pengusaha pemanggangan kopi miliki Alfred Peet yang mereka kencal secara pribadi, ketiga pengajar, Jerry Baldwin, Zev Siegl dan Gordon Bowker, akhirnya mendirikan outlet kopi yang diberi nama starbucks di Seattle, Washington DC pada Maret 1971.

Walau starbucks resmi dibeli Howard Schultz pada 1987, kini, berkat tangannya Howard starbucks sudah dikenal banyak orang sebagai perusahaan kedai kopi terbesar di dunia yang menjual minuman panas dan dingin, biji kopi, salad, sandwich, kue kering manis dan camilan lainnya, bahkan starbucks juga menjual barang seperti gelas dan tumbler.

Inspirasi Bisnis Datang dari Mana Saja

Dari pengalaman CEO brand terkenal di atas, mendirikan sebuah bisnis tidak mesti harus memiliki latar belakang yang kuat. Buktinya saja, mereka yang sukses menjalankan bisnis tersebut hanya karena dirinya terinspirasi oleh sesuatu hal, bisa itu dari hobi, kerabat, hal unik yang dialami dan sebagainya.

Source : https://www.cermati.com/

#Jobseekers

#Jobvacancies

#ExecutiveSearchIndonesia

#RecruitmentFirmIndonesia

#HeadhunterIndonesia

#RecruitmentConsultantIndonesia

#TalentaGunaNusantara

#TGNOutsourcing

#Outsourcing

#freshgraduate

#instajobs

#manpower

#outsourcingjobs

#outsourcingservice

#outsourcingcompanies

#publicservice

Comments


  Verification Code

  Name

  Email

  Homepage





 

Service Overview

TGN Recruitment specializes in detection, direct approach  and recruitment of executive & staff that are well prepared to embark on a dynamic career within both multinational and local firms developing in Indonesia

TGN Recruitment in addition to its selection process, mainly based on the candidates’ ability to lead a successful career in Indonesia, also offers them consulting expertise aimed at maximizing their performance in their search for new opportunities in these countries.


Contact Us

 PT. Talenta Guna Nusantara

Head Office :
Office 8, Level 18 A, Jl Jend Sudirman Kav 52-53
Sudirman Central Business District (SCBD)
Jakarta Selatan 12190, Indonesia
Phone : +6221 - 2949 0577
Fax : +6221 - 2949 0578
E-mail: info@tgn.co.id

Branch Office :
Ruko Bekasi Mas Blok D.25 Lt.2
Jl. Jend. A. Yani. Bekasi.
Jawa Barat 17141, Indonesia
Phone : +6221 - 89453371
E-mail : bekasi@tgn.co.id