7 Cara Cerdas Lulus Kuliah Tepat Waktu Bagi Mahasiswa

Posted on 07 September 2018 ( 0 comments )



Rasa senang, haru, bangga, semua pasti campur aduk saat hari kelulusan tiba. Kesusahan di bangku kuliah pun tidak akan pernah dirasakan lagi, kecuali kalau dirinya memang berniat melanjutkan kuliahnya ke jenjang selanjutnya yang lebih tinggi. Nah, kelulusan ini tentu menjadi keinginan setiap mahasiswa, bahkan lulus kuliah tepat pada waktunya menjadi impian yang harus dicapai.

Namun, pada zaman sekarang tidak semua mahasiswa bisa merasakan hal tersebut disebabkan berbagai macam hal, baik itu karena pengaruh terhadap pergaulan, kurangnya memperhatikan yang berhubungan dengan kuliah seperti jadwal, mata kuliah atau bimbingan. Padahal, jika kelulusan bisa diraih tepat pada waktunya, tentunya bisa cepat mendapatkan pekerjaan.

Tidak ada yang tidak mungkin, setiap mahasiswa pastinya bisa lulus kuliah tepat pada waktunya. Hal ini tentu harus ada dukungan dari diri sendiri, yaitu berupa usaha dan kerja keras. Agar impian tersebut bisa terwujud, berikut ada beberapa cara cerdas yang bisa diterapkan.

1. Ketahui Kewajiban sebagai Mahasiswa

Kewajiban semua mahasiswa di seluruh dunia itu sama saja yaitu belajar berbagai macam ilmu sesuai denga jurusan yang diambil. Jika selama proses belajar dijalankan dengan sungguh-sungguh tentu akan mendapatkan nilai yang bagus. Dengan begitu, perjalanan selama kuliah akan berjalan dengan lancar tanpa adanya hambatan seperti bersusah payah harus mengulang mata pelajaran yang sama di tahun berikutnya. Sehingga waktu yang dimiliki bisa dimanfaatkan untuk memikirkan hal lain yang berhubungan dengan kuliah. Contohnya saja judul skripsi atau mencari-cari jurnal yang sesuai dengan tema skripsi yang diambil.

2. Maksimalkan Jumlah SKS

Setiap perguruan tinggi pastinya memiliki sistem satuan kredit semester atau biasa disebut dengan SKS. Dengan sistem ini, mahasiswa dimungkinkan untuk memilih sendiri mata kuliah yang akan diambil dalam satu semester. Namun, terdapat batasan maksimum SKS yang telah ditentukan, yaitu sebanyak 24 SKS.

Perhatikan jumlah SKS setiap semester, bila setiap menyusun mata kuliah dan masih ada jumlah SKS tersisa maka tidak ada salahnya mengambil mata kuliah di semester atas. Sehingga seluruh SKS terisi full tanpa ada terbuang sia-sia. Perlu diingatkan, isilah SKS sesuai dengan kemampuan belajar. Konsultasikan kepada dosen sangat baik dilakukan agar proses kuliah bisa berjalan dengan lancar.

3. Ikuti Sesi Kuliah dengan Baik

Walau setiap mahasiswa memiliki jatah absen sebanyak tiga kali dari jumlah pertemuan di kelas, namun amat sangat disayangkan kalau kehadiran kuliah tidak dimanfaatkan dengan maksimal. Ingatlah bahwa kehadiran di kelas sangat berpengaruh pada ilmu yang didapat.

Memang benar kalau tidak masuk kuliah, kamu bisa membaca buku dimana saja. Tapi, mendengar penjelasan langsung dari dosen tentu akan memaksimalkan ilmu pengetahuan yang didapat. Apalagi, pada umumnya setiap dosen akan memberikan contoh atau kasus sederhana agar mahasiswa lebih paham terhadap apa yang dijelaskan. Oleh sebab itu, ikuti sesi kuliah dengan baik agar ilmu yang didapat jadi optimal.

4. Atur Jadwal Bimbingan dengan Dosen

Hampir setiap mahasiswa beranggapan bahwa sebagian hidup dan mati sebagai mahasiswa selama di bangku kuliah ada di tangan dosen pembimbing. Sebab, dosenlah yang akan membimbing, mengajari selama proses mengerjakan skripsi hingga selesai.

Jadi, semakin sering bertemu dosen untuk berdiskusi tentang topik skripsi, maka pengerjaan skripsi bisa jadi lebih cepat selesai. Mengingat jadwal dosen yang padat, baiknya aturlah jadwal bimbingan dengan baik. Pilihlah hari yang tepat tanpa harus mengganggu jadwal kamu atau dosen.

5. Kesampingkan Hura-hura

Kebanyakan mahasiswa sulit mengontrol antara kuliah dan kesenangan duniawinya seperti hura-hura bersama teman-teman dan sebagainya. Padahal, kesenangan duniawi sifatnya hanya sementara. Daripada menghabiskan malam minggu atau hari libur di cafe, mall atau tempat hangout lainnya, lebih baik manfaatkan waktu tersebut dengan membaca buku, membaca jurnal, mengerjakan tugas atau melanjutkan pengerjaan skripsi.

Boleh saja hangout bersama teman-teman, tapi jangan sampai mengesampingkan kewajiban kamu sebagai mahasiswa, yaitu belajar. Alangkah lebih baik, jika kamu ganti waktu hangout dengan belajar bersama teman-teman. Usahakan manfaatkan waktu yang dimiliki sebaik mungkin agar lulus kuliah tepat waktu bisa terwujud.

6. Bagi Waktu dengan Baik

Tidak dapat dipungkiri beban yang ditanggung selama kuliah tidak sedikit, diantaranya harus mengikuti sesi kuliah reguler, menemui dosen pembimbing, mengerjakan tugas kelompok dan sibuk mengurusi acara organisasi. Banyaknya jumlah kegiatan yang harus dilakukan membuat kamu harus pintar membagi waktu.

Buatlah daftar kegiatan apa yang akan dilakukani. Lalu, tentukan kegiatan mana yang jadi prioritas utama yang harus dijalankan. Dengan begitu, akan mempermudah kamu saat menjalankan diberbagai macam kegiatan kuliah.

7. Tentukan Topik Skripsi Sejak Awal

Skripsi merupakan bagian dari proses kelulusan setiap mahasiswa. Agar semakin matan dan mudah saar pengerjaannya, sebaiknya tentukan topik skripsi yang akan diambil. Pilihlah topik yang kamu suka dan kuasai ilmunya sehingga lebih mudah dan bersemangat saat menyelesaikan skripsi tersebut.

Diskusikan bersama dosen, agar memudahkan saat penentuan skripsi yang terbaik. Dengan begitu, tidak ada alasan lagi untuk menunda-nunda skripsi, sehingga kamu bisa lulus tepat pada waktunya.

Lakukan dengan Sungguh-sungguh

Ingin lulus tepat waktu atau ingin jadi mahasiswa abadi, semua keputusan ada di tangan diri sendiri. Jika ingin lulus dengan cepat, maka lakukanlah dengan sungguh-sungguh. Mulailah dengan niat yang kuat, lalu lakukan dengan disiplin disetiap proses yang dijalankan dan jangan lupa imbangi dengan doa. Karena apapun impiannya jika dilakukan dengan usaha yang sungguh-sungguh tentu akan membuahkan hasil yang baik pula.

Source : https://www.cermati.com/

#Jobseekers

#Jobvacancies

#ExecutiveSearchIndonesia

#RecruitmentFirmIndonesia

#HeadhunterIndonesia

#RecruitmentConsultantIndonesia

#TalentaGunaNusantara

#TGNOutsourcing

#Outsourcing

#freshgraduate

#instajobs

#manpower

#outsourcingjobs

#outsourcingservice

#outsourcingcompanies

#publicservice

 

Comments


  Verification Code

  Name

  Email

  Homepage





 

Service Overview

TGN Recruitment specializes in detection, direct approach  and recruitment of executive & staff that are well prepared to embark on a dynamic career within both multinational and local firms developing in Indonesia

TGN Recruitment in addition to its selection process, mainly based on the candidates’ ability to lead a successful career in Indonesia, also offers them consulting expertise aimed at maximizing their performance in their search for new opportunities in these countries.


Contact Us

 PT. Talenta Guna Nusantara

Head Office :
Office 8, Level 18 A, Jl Jend Sudirman Kav 52-53
Sudirman Central Business District (SCBD)
Jakarta Selatan 12190, Indonesia
Phone : +6221 - 2949 0577
Fax : +6221 - 2949 0578
E-mail: info@tgn.co.id

Branch Office :
Ruko Bekasi Mas Blok D.25 Lt.2
Jl. Jend. A. Yani. Bekasi.
Jawa Barat 17141, Indonesia
Phone : +6221 - 89453371
E-mail : bekasi@tgn.co.id