Usaha Agrobisnis, Peluang Usaha Rumahan dengan Keuntungan Berlipat

Posted on 04 September 2018 ( 0 comments )



Memiliki usaha saat ini seperti sebuah impian bagi semua orang. Tak perlu bekerja fulltime, tanpa terikat waktu namun masih tetap menghasilkan. Untuk mulai menciptakan peluang usaha, Anda bisa memulainya dari rumah.

Salah satu solusinya adalah dengan menjalankan usaha agrobisnis yang saat ini sudah cukup banyak dilirik oleh masyarakat. Selain tak membutuhkan modal yang cukup besar, pengelolaan bisnis tersebut pun terbilang lebih mudah.

 

 

Solusi untuk Anda yang Tidak Memiliki Lahan untuk Menjalankan Agrobisnis

Agrobisnis tak harus dimulai dengan skala yang cukup besar. Sering kali pelaku usaha agrobisnis tersebut hanya terpaku dari sisi kuantitas. Padahal jika melihat sisi lain dengan menjalankan sistem hidroponik pun usaha agrobisnis sudah dapat dijalankan. Sistem hidroponik tersebut memungkinkan Anda untuk menanam tanpa memerlukan lahan yang luas.

Anda pun bisa memanfaatkan halaman depan rumah, hingga teras belakang rumah untuk sekedar memulai membuat sistem penanaman secara hidroponik. Sebagai langkah awal, Anda bisa memulainya dengan menanam sayuran organik disana.

Untuk memulai sistem penanaman secara hidroponik, Anda harus mengeluarkan modal awal untuk mengembangkan sistem penanaman hidroponik. Setelah peralatan Anda tersebut telah Anda masukkan kedalam list pengeluaran awal, Anda pun harus mulai belajar bagaimana cara mengelola sistem pertanian secara hidroponik.

Selanjutnya apabila perkebunan hidroponik Anda telah menunjukkan ke arah positif berupa pasokan sayuran Anda yang dapat menghasilkan dalam jumlah besar, mulailah untuk mengembangkan usaha menjadi lebih luas dengan menargetkan pangsa pasar menengah atas.

Dengan menargetkan pangsa pasar menengah atas, Anda pun bisa menghasilkan pemasukan yang lebih besar dan tentunya perkembangan perusahaan jauh lebih pesat. Keuntungan yang lebih besar tersebut bisa Anda dapatkan lantaran harga yang Anda patok bisa jauh lebih tinggi. Namun ingat, harga yang tinggi tersebut pun harus diikuti dengan kualitas yang baik.

1. Reseller Jual Beli Bibit secara Online

Salah satu hal terpenting untuk memulai bisnis tanaman adalah dengan menyediakan bibit. Dengan bibit yang unggul hal tersebut dapat membuat produktivitas pertanian semakin meningkat.

Dengan bermodalkan internet, Anda pun bsia dengan leluasa memasarkan produk tersebut. Selain itu, dengan menggunakan internet, Anda pun bebas mengeksplorasi jenis bibit bibit tanaman yang hendak Anda jual.

Dengan mengenal jenis bibit yang unggul tentunya membuat pecari bibit pun akan semakin mendapatkan perhatian dari pencari bibit tanaman. Bagi Anda yang masih ragu untuk memiliki usaha sendiri, Anda pun bisa menjadi reseller dari toko online yang sudah lebih dulu dikenal masyarakat secara luas.

2. Mengembangkan Sayuran Hidroponik

Seperti telah di singgung sebelumnya, bercocok tanam menggunakan sistem hidroponik belakangan ini mendapatkan perhatian dari masyarakat, utamanya bagi mereka yang tinggal di daerah perkotaan dan tidak memiliki banyak lahan untuk bercocok tanam.

Sistem penanaman hidroponik ini biasanya menggunakan sistem pertanian organik yang artinya tidak membutuhkan pestisida untuk merawat tanaman tersebut. Saat ini permintaan sayuran organik semakin meningkat seiring bertambahnya gaya hidup sehat masyarakat. Selain itu pengembangan sayuran hidroponik pun terbilang cukup mudah lantaran tidak membutuhkan lahan yang luas serta modal yang dibutuhkan pun kecil.

3. Usaha Obat dari Bahan Alami

Selain sayuran hidroponik, Anda pun bisa bercocok tanaman-tanaman obat. Ada banyak sekali jenis tanaman yang bisa di buat menjadi obat-obatan alami. Peminat obat herbal atau obat obatan alami pun semakin meningkat lantaran masyarakat sudah paham betul pentingnya menjaga kesehatan dengan menggunakan bahan-bahan organik.

Peluang tersebut tentunya dapat Anda terapkan untuk menjalankan usaha agrobisnis dengan skala yang lebih kecil dan dapat berkembang menjadi lebih besar jika memang permintaan semakin berkembang menjadi lebih besar.

Beberapa jenis obat herbal diantaranya adalah lidah buaya, kunyit, jahe merah, lengkuas, kencur, dan masih banyak lagi. Selain sistem penanamannya yang mudah, menanam obat obatan alami pun terbilang cukup mudah.

4. Budidaya Buah-Buahan dan Sayuran

Selain bertanam sayuran dan obat-obayatn herbal, Anda pun bisa membudidayakan buah-buahan. Untuk memulai bisnis ini, Anda pun bisa memulainya dengan membeli bibit tanaman yang bagus namun tidak terlalu mahal.

Contoh tanaman buah-buahan yang dapat Anda budidayakan antara lain jeruk manis, pisang, hingga buah naga. Saat ini pun ada banyak sekali jenis tanaman buah-buahan yang dapat Anda tanam menggunakan sistem hidroponik sehingga mampu menghasilkan buah dengan kualitas organik.

5. Bisnis Tanaman Hias

Bisnis tanaman hias dari dulu sampai sekarang masih menduduki sebagai penghasil keuntungan yang cukup besar. Contohnya saja untuk satu buah tanaman bonsai dapat di hargai puluhan juta rupiah tergantung dari keunikan dari bentuk bonsai tersebut. Meskipun dibandingkan dengan saat dulu pertama kali trend bonsai telah mengalami penurunan, namun bukan berarti bisnis tanaman hias sudah tidak laku.

6. Menyiapkan Tanaman Cangkok

Tanaman cangkok dari dulu hingga saat ini telah selalu menjadi primadona lantaran tanaman dari hasil cangkok terbukti cepat berbuah dan hasilnya pun tidak jauh berbeda dengan tanaman induknya. Penanamannya pun terbilang cukup mudah, yakni hanya menggunakan pot.

Sepintas memang jenis penanaman dengan cara cangkok ini memang tidak berbeda jauh dengan menanam secara hidroponik, hasil yang didapatkan dari usaha ini pun relative besar dengan tanpa terlalu banyak lahan yang diperlukan.

7. Usaha Pembiakan Bibit Pohon

Selain usaha penjualan bibit, Anda pun bisa menjual bibit tanaman dalam bentuk yang telah di kembang biakan. Indonesia sendiri memiliki banyak sekali jenis tanaman tanaman yang bisa dikembang biakan. Untuk mulai membuat usaha pengembang biakan bibit, Anda pun bisa mempelajari terlebih dahulu tanaman apa saja yang bisa tumbuh di daerah Anda.

8. Budidaya Jamur Tiram

Jamur sebagai salah satu sumber protein dari dulu hingga saat ini banyak sekali diminati oleh masyarakat, utamanya untuk mereka yang vegetarian. Jamur bisa menjadi salah satu sumber protein nabati yang paling dicari lantaran rasanya pun lezat.

Faktanya, jenis usaha satu ini tidak terlalu banyak yang menyukainya bahkan terbilang sangat sepi, padahal potensinya cukup besar. Salah satu buktinya yakni berbagai olahan olahan mahal di restaurant hingga hotel-hotel pun telah menggunakan jamur sebagai bahan utamanya.

Salah satu jenis jamur yang banyak di sukai oleh masyarakat adalah jamur tiram. Jamur yang sering kali disajikan di restoran mewah ini banyak yang mencarinya.

9. Berbagai Budidaya Tanaman Rempah-Rempah

Yang terakhir adalah budidaya tanaman rempah-rempahan. Indonesia yang sedari dulu memang memiliki potensi rempah-rempah yang cukup melipah membuat Anda tak pusing mencari tanaman rempah-rempah apa yang hendak Anda tanam. Selain itu hampir seluruh lahan pun bisa ditanamni tanaman rempah-rempah. Mulai dari bawang merah, bawang putih, jahe, lengkuas, dan masih banyak lagi.

Peluang Usaha Anti-Mainstream dengan Keuntungan Maksimal

Dengan niat yang sungguh-sungguh tak menutup kemungkinan usaha agrobisnis rumahan yang Anda jalankan pun bisa menjadi sumber penghasilan yang justru dapat menghidupi kebutuhan sehari-hari Anda.

Untuk Anda yang benar benar tidak memiliki modal untuk menjalankan usaha sekalipun dalam skala kecil, Anda bisa mengajukan pinjaman melalui bank-bank yang saat ini telah memberikan pinjaman Kredit Tanpa Agunan (KTA). Mulailah dengan mengajukan pinjaman dengan nominal kecil, hal ini untuk menghindari resiko gagal bayar.

Source : https://www.cermati.com/

#Jobseekers

#Jobvacancies

#ExecutiveSearchIndonesia

#RecruitmentFirmIndonesia

#HeadhunterIndonesia

#RecruitmentConsultantIndonesia

#TalentaGunaNusantara

#TGNOutsourcing

#Outsourcing

#freshgraduate

#instajobs

#manpower

#outsourcingjobs

#outsourcingservice

#outsourcingcompanies

#publicservice

Comments


  Verification Code

  Name

  Email

  Homepage





 

Service Overview

TGN Recruitment specializes in detection, direct approach  and recruitment of executive & staff that are well prepared to embark on a dynamic career within both multinational and local firms developing in Indonesia

TGN Recruitment in addition to its selection process, mainly based on the candidates’ ability to lead a successful career in Indonesia, also offers them consulting expertise aimed at maximizing their performance in their search for new opportunities in these countries.


Contact Us

 PT. Talenta Guna Nusantara

Head Office :
Office 8, Level 18 A, Jl Jend Sudirman Kav 52-53
Sudirman Central Business District (SCBD)
Jakarta Selatan 12190, Indonesia
Phone : +6221 - 2949 0577
Fax : +6221 - 2949 0578
E-mail: info@tgn.co.id

Branch Office :
Ruko Bekasi Mas Blok D.25 Lt.2
Jl. Jend. A. Yani. Bekasi.
Jawa Barat 17141, Indonesia
Phone : +6221 - 89453371
E-mail : bekasi@tgn.co.id