5 Sebab Bisnis Startup Bisa Gagal

Posted on 31 Agustus 2018 ( 0 comments )



Teknologi masa kini membuat masyarakat semakin mudah dalam melakukan pekerjaan. Terlebih lagi bagi mereka yang baru saja memulai usahanya. Peranan teknologi yang semakin penting dapat dilihat dari banyaknya promosi mengenai bisnis yang terpampang di internet. Begitu juga halnya dengan bisnis startup.

Bisnis startup adalah sebutan untuk bisnis yang baru saja didirikan. Bisnis yang umumnya memiliki jumlah karyawan kurang dari 20 ini sangat erat kaitannya dengan kemajuan teknologi karena memang bisnis ini beroperasi berhubungan erat dengan website.

Meskipun saat ini bisnis startup sedang marak, masih banyak yang belum mengetahui hal-hal apa saja yang penting untuk diperhatikan saat menjalankan bisnis ini. Karena itu, banyak ditemukan kegagalan dapat praktiknya. Mengingat pentingnya pengetahuan mengenai penyebab kegagalan pada bisnis startup. Apa saja sebab-sebabnya?

1. Kurang Pemahaman Akan Kebutuhan Pasar

Memang akan sangat menyenangkan jika pekerjaan Anda sejalan dengan hobi. Akan tetapi, masih sering terjadi kesalahan dalam pemanfaatan hobi tersebut. Masih banyak yang terlalu fokus pada hobi dan pengembangan hobi sehingga membuat mereka lupa akan kebutuhan pasar.

Anda harus mengingat bahwa usaha Anda harus didirikan dengan menjunjung tinggi kebutuhan pasar. Sebab memang sejatinya pasarlah yang dapat mengembangkan usaha Anda. Oleh karena itu, cobalah untuk memahami apa sebenarnya yang sedang diinginkan konsumen. Pelajari masalah yang ada dan temukan solusinya.

2. Kas Kosong

Kekosongan kas sering sekali terjadi pada bisnis startup. Hal ini sering disebabkan karena banyaknya hal yang harus dibeli saat memulai bisnis. Jika bisnis startup gagal, coba ingat bagaimana manajemen keuangan yang Anda terapkan di perusahaan.

Bisa jadi kegagalan tersebut disebabkan rendahnya kemampuan dalam membedakan kebutuhan dan keinginan. Baik bisnis dengan dana sendiri maupun didanai pihak lain tentunya Anda harus memastikan bahwa pengeluaran dan pemasukan dalam keadaan seimbang.

3. Kerja Sama Tim Kurang

Saat mendirikan bisnis startup, tentunya Anda membutuhkan beberapa orang yang memiliki keahlian dalam mengelola bisnis. Anda pastinya memilih mereka yang kompeten dalam tugasnya. Akan tetapi, selain kompetensi, Anda juga harus memerhatikan kekompakan tim yang Anda bangun.

Tidak ada salahnya untuk melakukan pelatihan kepada mereka agar mereka mengerti tanggung jawab mereka sebagai pegawai juga membangun kerja sama di antara mereka. Tim yang tidak mampu bekerja sama tentunya akan berdampak pada hasil kerja.

4. Keliru dalam Ambil Keputusan

Setelah memikirkan apa sebenarnya yang sedang dibutuhkan pasar, Anda akan mengambil keputusan. Akan tetapi, perlu untuk Anda ketahui bahwa cara yang salah dalam mengambil keputusan akan berdampak pada hasilnya.

Bisa jadi ide kreatif Anda akan terlihat memalukan untuk direalisasikan. Hal tersebut tentunya merugikan, baik dalam segi waktu untuk memikirkan ide maupun biaya yang sudah dikeluarkan. Karena itu, pikirkanlah secara matang mengenai bagaimana Anda merealisasikan ide tersebut.

5. Ragu Saat Mengubah Konsep

Konsep yang Anda bangun sejak awal belum tentu bisa digunakan terus-menerus. Akan ada saatnya konsep tersebut harus diganti. Hal tersebut karena keadaan pasar dan keadaan perusahaan yang setiap harinya tidak sama. Akan ada masa di mana perusahaan Anda berada dalam kondisi yang membahayakan.

Karena itu, jika memang sudah tidak cocok lagi untuk dipertahankan, percaya dirilah untuk mengubahnya. Jangan melakukannya dengan setengah hati dan dengan keragu-raguan. Hal tersebut justru akan membuat Anda tidak maksimal dalam melakukannya.

Belajarlah dari Kegagalan Bukan Malah Berhenti Karenanya

Putus asa memang sering dialami mereka yang gagal pada sesuatu yang sangat mereka harapkan. Akan tetapi, jika memang Anda gagal, termasuk dalam mendirikan bisnis startup, jangan langsung putus harapan.

Belajarlah dari pengalaman Anda yang gagal dan pengalaman gagal orang lain. Di dunia ini banyak ditemukan kesuksesan yang diawali dengan kegagalan yang berkali-kali. Setelah Anda membaca artikel ini dan baru ingin mendirikan bisnis startup, gunakanlah informasi dalam artikel ini sebagai antisipasi terjadinya kegagalan.

Source : https://www.cermati.com/

#Jobseekers

#Jobvacancies

#ExecutiveSearchIndonesia

#RecruitmentFirmIndonesia

#HeadhunterIndonesia

#RecruitmentConsultantIndonesia

#TalentaGunaNusantara

#TGNOutsourcing

#Outsourcing

#freshgraduate

#instajobs

#manpower

#outsourcingjobs

#outsourcingservice

#outsourcingcompanies

#publicservice

Comments


  Verification Code

  Name

  Email

  Homepage





 

Service Overview

TGN Recruitment specializes in detection, direct approach  and recruitment of executive & staff that are well prepared to embark on a dynamic career within both multinational and local firms developing in Indonesia

TGN Recruitment in addition to its selection process, mainly based on the candidates’ ability to lead a successful career in Indonesia, also offers them consulting expertise aimed at maximizing their performance in their search for new opportunities in these countries.


Contact Us

 PT. Talenta Guna Nusantara

Head Office :
Office 8, Level 18 A, Jl Jend Sudirman Kav 52-53
Sudirman Central Business District (SCBD)
Jakarta Selatan 12190, Indonesia
Phone : +6221 - 2949 0577
Fax : +6221 - 2949 0578
E-mail: info@tgn.co.id

Branch Office :
Ruko Bekasi Mas Blok D.25 Lt.2
Jl. Jend. A. Yani. Bekasi.
Jawa Barat 17141, Indonesia
Phone : +6221 - 89453371
E-mail : bekasi@tgn.co.id