5 Tips Hemat Atur Anggaran Buat Hobi

Posted on 24 Agustus 2018 ( 0 comments )



Ada banyak hal yang membuat kita menjadi lebih bahagia dalam menjalani hidup. Salah satunya dengan melakukan berbagai hobi yang dimiliki. Rasa bahagia ini akan membuat kita memiliki semangat dan energi yang positif dalam diri.

Itulah mengapa penting bagi kita untuk memiliki waktu khusus dalam menikmati hobi. Menikmati hobi tentu hal yang sah-sah saja untuk dilakukan selama mampu dan bisa melakukannya dengan baik tanpa mengganggu kesehatan diri sendiri.

Mengingat beberapa hobi mungkin saja membutuhkan kekuatan fisik yang tangguh. Namun, bagaimana jika ternyata kita memiliki hobi yang mahal dan bisa menguras kantong cukup dalam?

Anda mungkin salah satu orang yang memiliki hobi mahal di mana hobi tersebut membutuhkan sejumlah dana yang cukup besar. Bisa jadi Anda rutin bepergian ke Bali atau Nias, hanya untuk sekadar mengejar ombak dan menghabiskan waktu bermain selancar di sana.

Atau bahkan Anda mungkin memiliki jadwal khusus untuk bepergian ke pulau-pulau terpencil di bagian Timur Indonesia dan melakukan diving di sekitar pinggirannya yang indah agar bisa menikmati keindahan dunia bawah laut yang menakjubkan.

Semua ini merupakan hobi yang menyenangkan dan tentunya cukup mahal dan bisa membuat saldo tabungan berkurang dengan cepat.

Pakai 5 Tips Ini untuk Hemat Anggaran Buat Hobi

Meski mahal, Anda pasti tetap ingin sesering mungkin bisa menikmati hobi yang disukai. Selama Anda memiliki kemampuan keuangan yang cukup mendukung, hal ini tentu bukan sebuah perkara besar.

Namun, jika ternyata Anda selalu kewalahan setelah melakukannya, itu berarti hobi ini cukup membebani keuangan. Ditinggalkan? Mungkin ini akan menjadi hal yang sangat sulit untuk Anda lakukan.

Nah, agar bisa menjalankan hobi yang Anda sukai, simak beberapa langkah berikut ini untuk mengatasi masalah biaya pada hobi mahal Anda.

1. Temukan Diskon atau Promo Terbaik

Kemajuan teknologi memungkinkan Anda untuk bisa mendapatkan informasi terkini dan paling akurat, termasuk ketika akan berbelanja. Ada banyak sekali situs/toko online terpercaya yang bisa Anda kunjungi ketika membutuhkan sesuatu terkait dengan hobi, misalnya peralatan golf dan yang lainnya.

Dengan begitu, Anda akan memiliki kesempatan yang sangat luas untuk bisa mencari dan menemukan penawaran dan diskon terbaik untuk hobi Anda tersebut.

Hal ini juga berlaku ketika Anda membutuhkan sesuatu terkait dengan hobi dan Anda mendatangi toko offline. Tidak ada salahnya menanyakan secara langsung penawaran menarik apa yang mereka miliki untuk Anda.

Jika beruntung, bisa saja Anda mendapatkan kebutuhan dengan harga yang jauh lebih murah dari biasanya. Dengan begitu, Anda bisa berhemat cukup banyak ketika membelinya.

2. Ingat, Utamakan Kualitas

Barang yang dijual dengan harga mahal tentu memiliki kualitas yang baik. Namun, bukan berarti barang yang dijual lebih murah selalu memiliki kualitas yang buruk, bukan?

Jika ternyata kondisi keuangan memang tidak memungkinkan untuk membeli barang yang mahal, Anda tidak perlu memaksakan diri untuk melakukan hal ini. Cari dan temukan barang yang memiliki kualitas mumpuni, tapi dijual dengan harga yang terjangkau. Belilah barang-barang yang baik dan sesuai dengan kebutuhan dan yang pasti sesuai dengan kemampuan keuangan Anda juga.

3. Batasi Informasi Terkait dengan Hobi Anda

Membaca atau menonton berita yang terkait dengan hobi, tentu tidak ada salahnya. Namun, jika Anda memiliki kebiasaan yang cukup buruk di mana sulit menahan keinginan untuk membeli dan memenuhi semua kebutuhan hobi dengan segera, ada baiknya Anda membatasi diri terkait dengan berbagai informasi hobi Anda tersebut.

Hindari website, media sosial, atau bahkan majalah yang memuat informasi tersebut sehingga Anda bisa mengerem keinginan untuk mengeluarkan dana yang pada dasarnya tidak begitu dibutuhkan.

4. Hindari Manjakan Diri dengan Gaya Hidup Tak terkendali

Tidak perlu selalu memenuhi keinginan Anda untuk memiliki atau membeli berbagai barang yang mahal dan menghabiskan banyak uang. Sesekali Anda juga bisa membatasi diri untuk melakukan hal ini agar bisa membelanjakan uang untuk berbagai kebutuhan lainnya yang paling penting untuk dipenuhi.

Selalu prioritaskan uang Anda untuk berbagai kebutuhan pokok. Dengan demikian, Anda tidak memiliki kesempatan untuk selalu menghamburkannya untuk berbagai keperluan yang tidak wajib Anda penuhi tersebut.

5. Bergaul dengan Komunitas yang Tepat

Anda tentu paham bahwa lingkungan akan sangat memengaruhi pola pikir dan juga perilaku, termasuk cara Anda mengelola keuangan. Untuk itu, upayakan agar Anda bergaul dengan komunitas dengan minat/hobi yang sama, tapi tetap memiliki kontrol yang baik terhadap minat tersebut.

Jangan sampai Anda terjebak dalam komunitas yang justru membuat Anda semakin konsumtif terhadap minat/hobi Anda tersebut.

Hobi untuk Kesenangan Bukan Kekesalan

Menikmati hobi adalah hal yang menyenangkan, apa pun jenis hobi Anda. Namun, jika ternyata memiliki hobi yang cukup mahal dan membutuhkan biaya besar, ada baiknya Anda bijak dalam mengatur dana terkait dengan hobi tersebut.

Hobi sepatutnya dijalani untuk bersenang-senang bukan untuk menimbulkan kekesalan akibat masalah keuangan di masa yang akan datang. Jalani hobi Anda dengan cerdas dan tentunya dengan biaya yang hemat agar tidak memiliki masalah keuangan nantinya.

Source : https://www.cermati.com/

#Jobseekers

#Jobvacancies

#ExecutiveSearchIndonesia

#RecruitmentFirmIndonesia

#HeadhunterIndonesia

#RecruitmentConsultantIndonesia

#TalentaGunaNusantara

#TGNOutsourcing

#Outsourcing

#freshgraduate

#instajobs

#manpower

#outsourcingjobs

#outsourcingservice

#outsourcingcompanies

#publicservice

Comments


  Verification Code

  Name

  Email

  Homepage





 

Service Overview

TGN Recruitment specializes in detection, direct approach  and recruitment of executive & staff that are well prepared to embark on a dynamic career within both multinational and local firms developing in Indonesia

TGN Recruitment in addition to its selection process, mainly based on the candidates’ ability to lead a successful career in Indonesia, also offers them consulting expertise aimed at maximizing their performance in their search for new opportunities in these countries.


Contact Us

 PT. Talenta Guna Nusantara

Head Office :
Office 8, Level 18 A, Jl Jend Sudirman Kav 52-53
Sudirman Central Business District (SCBD)
Jakarta Selatan 12190, Indonesia
Phone : +6221 - 2949 0577
Fax : +6221 - 2949 0578
E-mail: info@tgn.co.id

Branch Office :
Ruko Bekasi Mas Blok D.25 Lt.2
Jl. Jend. A. Yani. Bekasi.
Jawa Barat 17141, Indonesia
Phone : +6221 - 89453371
E-mail : bekasi@tgn.co.id