6 Tips Supaya Laptop Bertahan Lebih dari 5 Tahun

Posted on 23 Agustus 2018 ( 0 comments )



Zaman serba canggih membuat mobilitas orang semakin tinggi. Di era seperti ini, sebuah laptop yang sebelumnya dianggap sebagai kebutuhan tersier, menjadi hal yang sangat esensial untuk menunjang aktivitas seseorang. Lantaran fungsinya yang amat penting, sedikit kerusakan atau gangguan yang terjadi pada laptop bisa menjadi masalah besar yang mengganggu aktivitas sehari-hari.

Tak jarang performa sebuah laptop akan menurun jika masa penggunaannya lebih dari 3 tahun. Namun, keawetan sebuah laptop tak melulu tergantung dari lamanya pemakaian, namun juga dari cara si pengguna merawat laptop, baik dari perangkat lunak maupun perangkat kerasnya. Supaya laptop milik Anda awet bahkan hingga lebih dari 5 tahun, ikuti tips perawatannya berikut ini!

1. Bersihkan Laptop Cache secara Berkala

Setiap laptop pasti akan menghasilkan file sampah atau file yang sifatnya sementara dan perlu dihabiskan secara berkala. File tersebut sifatnya baik jika tidak terlalu banyak, namun jika terlalu banyak, laptop bisa menjadi lelet dan sering mengalami error. Karenanya, Anda perlu melakukan pembersihan cache secara berkala.

Anda juga bisa menggunakan software bawaan laptop atau mengunduh software gratis seperti CCleaner, BleachBit, dan lainnya. Lamanya proses pembersihan cache ini tergantung dari kondisi laptop Anda. Namun umumnya proses ini hanya memakan waktu sekitar 5 menit.  

2. Lakukan Defragmented Hard Disk

Seiring usia pemakaian, sangat wajar jika hard disk di laptop Anda mulai menunjukkan penurunan performa. Salah satu faktor penyebabnya adalah terbentuknya fragmen. Kebanyakan hard disk laptop memiliki pola berputar sehingga hard disk menempatkan file dalam tempat yang berbeda ketika Anda membuat file baru.

Untuk mengatasinya, Anda perlu melakukan defragmented hard disk secara berkala, misalnya satu bulan sekali atau tiga bulan sekali. Proses ini akan membuat file yang berceceran dan terpisah tempat dalam hard disk dikumpulkan kembali dalam tempat yang sama. Jika laptop Anda menggunakan sistem SSD, maka Anda tidak perlu lagi melakukan proses ini karena sistem SSD tidak menggunakan pola berputar.

3. Update Anti Virus dan Scan Hard Disk

Penyebab utama dari lambatnya kinerja laptop biasanya memang karena virus. Untuk itu, Anda harus memperbarui anti virus dan scan keseluruhan hard disk secara berkala karena akan muncul banyak jenis virus baru yang tidak bisa dilawan oleh anti virus yang tidak update. Pada kebanyakan anti virus, proses update dan scan umumnya sudah berjalan secara otomatis,  namun tak jarang scan yang dilakukan hanyalah scan sistem, bukan menyeluruh untuk seluruh hard disk.

4. Bersihkan File yang Tidak Terpakai

File tidak terpakai hanya akan membuat hard disk berjalan dengan lambat karena disesaki oleh file yang tidak berguna. Kalau hard disk mulai penuh, segera bersihkan file tidak terpakai, dan rapikan seluruh foldernya. Anda juga bisa mempertimbangkan untuk menggunakan cloud storage seperti One Drive, Google Drive, dan lainnya untuk menyimpan file yang jarang digunakan. Jika Anda seringkali malas melakukan ini, Anda bisa mengganti hard disk dengan kapasitas lebih besar sehingga ruang penyimpanan file tidak cepat penuh.

5. Gunakan Laptop di Permukaan Datar

Tak hanya bagian software yang harus Anda perhatikan ketika merawat laptop. Jangan lupa juga untuk memperhatikan bagian hardware-nya. Saat laptop berada dalam keadaan hidup, sebisa mungkin gunakan laptop padi atas permukaan datar.  Jangan menaruh laptop di atas kasur ketika sedang digunakan, karena sirkulasi udara dari badan laptop tidak akan berjalan lancar dan tertahan oleh badan kasur. Akibatnya, pembuangan udara panas dari laptop akan terus berputar dan masuk kembali ke dalam laptop, sehingga laptop Anda malah semakin panas. Suhu panas yang masuk ke dalam laptop bisa menjadi sangat berbahaya karena bisa berujung pada kerusakan laptop bahkan bisa mati total karena komponennya meleleh.

6. Bersihkan Komponen Laptop

Meski sepele, nyatanya masih banyak pengguna laptop yang sering mengabaikan kebersihan laptop itu sendiri.  Padahal, kotoran yang menempel pada komponen laptop bisa memperlambat kinerja laptop dan membuat laptop menjadi cepat panas. Untuk itu, jangan lupa untuk membersihkan laptop Anda minimal dua minggu sekali, terutama pada bagian LCD, keyboard, lubang sirkulasi udara, dan baterai. Kalau Anda mahir membongkar pasang laptop, tak ada salahnya untuk membersihkan juga bagian dalam laptop Anda.

Sudah melakukan cara di atas namun laptop Anda masih lelet dan tidak berfungsi dengan sempurna? Daripada uang habis untuk servis laptop namun tidak memberikan hasil yang optimal, sebaiknya Anda membeli sebuah laptop baru. Mengingat harga sebuah laptop baru berkisar jutaan rupiah, tabungan Anda bisa ludes dalam satu waktu jika Anda membeli laptop secara tunai, apalagi jika laptop yang Anda inginkan berspesifikasi tinggi yang harganya mencapai belasan juta. Dalam hal ini, kredit laptop bisa menjadi pilihan yang lebih bijak. Sebab, kita tidak tahu kapan hal-hal mendesak akan datang. Dengan kredit laptop, paling tidak uang tabungan Anda akan cukup untuk menyelesaikan hal mendesak yang terjadi.

 

Source : https://www.cermati.com

#Jobseekers

#Jobvacancies

#ExecutiveSearchIndonesia

#RecruitmentFirmIndonesia

#HeadhunterIndonesia

#RecruitmentConsultantIndonesia

#TalentaGunaNusantara

#TGNOutsourcing

#Outsourcing

#freshgraduate

#instajobs

#manpower

#outsourcingjobs

#outsourcingservice

#outsourcingcompanies

#publicservice

Comments


  Verification Code

  Name

  Email

  Homepage





 

Service Overview

TGN Recruitment specializes in detection, direct approach  and recruitment of executive & staff that are well prepared to embark on a dynamic career within both multinational and local firms developing in Indonesia

TGN Recruitment in addition to its selection process, mainly based on the candidates’ ability to lead a successful career in Indonesia, also offers them consulting expertise aimed at maximizing their performance in their search for new opportunities in these countries.


Contact Us

 PT. Talenta Guna Nusantara

Head Office :
Office 8, Level 18 A, Jl Jend Sudirman Kav 52-53
Sudirman Central Business District (SCBD)
Jakarta Selatan 12190, Indonesia
Phone : +6221 - 2949 0577
Fax : +6221 - 2949 0578
E-mail: info@tgn.co.id

Branch Office :
Ruko Bekasi Mas Blok D.25 Lt.2
Jl. Jend. A. Yani. Bekasi.
Jawa Barat 17141, Indonesia
Phone : +6221 - 89453371
E-mail : bekasi@tgn.co.id