Tips Mengurangi Kebiasaan ‘Workaholic’

Posted on 16 Agustus 2018 ( 0 comments )



Berapa banyak Anda bekerja sepanjang hari? Dan seberapa banyak pula waktu yang Anda butuhkan untuk menyelesaikan semua pekerjaan setiap harinya?

Kedua pertanyaan ini mungkin terdengar biasa saja. Namun pernahkah Anda benar-benar menjawabnya dengan baik dan sesuai?

Ada banyak orang yang hanya bekerja, bekerja, dan bekerja saja sepanjang hari, bahkan hingga larut malam. Ini tentu memberikan kesan yang super sibuk dan sejumlah deadline yang sangat ketat di tempat kerjanya.

Tidak masalah jika hal ini berlangsung sesekali saja, terutama pada akhir bulan, di saat-saat kantor memang membutuhkan tenaga ekstra. Namun jika ternyata hal ini Anda lakukan setiap hari, maka Anda patut mulai bertanya pada diri Anda, apakah Anda memang benar-benar sesibuk itu sepanjang minggu?

Pahami Manajemen Waktu

Perusahaan menginginkan yang terbaik dari Anda? Tentu saja. Itulah alasan mengapa mereka menggaji Anda. Namun yang patut Anda ketahui adalah bahwa mereka menginginkan Anda mengerjakan tugas-tugas kantor dengan maksimal dan sesuai dengan kemampuan yang Anda miliki.

Artinya, Anda diberikan kebebasan untuk menerapkan sejumlah kebijakan di dalam pekerjaan, yang tentunya bisa mendukung Anda untuk dapat menyelesaikan tugas-tugas tersebut dengan sebaik mungkin.

Perusahaan tidak meminta Anda menghabiskan semua waktu untuk bekerja, sebab Anda memang wajib memiliki manajemen waktu yang baik untuk hal tersebut.

Jika saja Anda memiliki kemampuan yang baik untuk menjalankan manajemen waktu dengan cerdas di dalam pekerjaan, maka Anda tidak perlu bekerja secara berlebihan, di mana Anda menghabiskan semua waktu Anda untuk menyelesaikan tugas-tugas di kantor.

Untuk itu, hindari kerja berlebihan yang akan menyita semua waktu berharga Anda. Berikut beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk menghindari kerja berlebihan:

Tentukan Tujuan dan Motivasi yang Jelas Sejak Awal

Hidup harus memiliki tujuan, begitu juga dengan setiap pekerjaan yang akan Anda lakukan. Penting bagi Anda untuk menentukan tujuan akhir dari tugas atau pekerjaan yang tangani, sehingga Anda bisa fokus dan mengerahkan waktu serta pikiran dengan tepat kepada tujuan tersebut.

Jangan sampai Anda mengerjakan sesuatu tanpa tujuan yang jelas, sebab akan mustahil bagi Anda untuk mendapatkan pencapaian maksimal atas hal tersebut. Untuk mencapai tujuan ini dengan maksimal, maka ada baiknya Anda juga memiliki sebuah motivasi yang kuat dan bisa membuat Anda tetap berada pada jalur yang benar.

Motivasi akan menjadi “cambuk” ketika Anda sedang merasa jatuh atau bahkan tidak lagi bersemangat untuk menyelesaikan tugas-tugas. Jadi inilah pentingnya memiliki motivasi yang jelas agar tidak membuang waktu percuma.

Kelola Waktu dengan Cerdas

Penting bagi Anda untuk bisa memahami dengan baik bahwa waktu adalah aset yang sangat berharga dan tidak bisa dibeli di luar sana. Nah, apakah Anda memiliki waktu namun tidak bisa menggunakannya dengan maksimal?

Jika demikian, maka Anda akan menghabiskan waktu yang banyak dengan sia-sia dan percuma saja. Sementara, pekerjaan menuntut hasil yang maksimal, sehingga Anda harus memiliki kemampuan yang baik untuk menggunakan waktu yang ada.

Kerahkan semua pikiran dan kemampuan ketika bekerja, sehingga Anda bisa menyelesaikan tugas dalam waktu yang seharusnya. Menunda untuk menyelesaikan pekerjaan yang telah setengah jalan adalah kesalahan fatal yang paling sering dilakukan.

Sebab menunda akan membuat Anda harus memulainya lagi dari awal. Anda harus membaca dan memahami segala sesuatunya seperti saat memulai pekerjaan tersebut. Untuk itu, mulailah kelola waktu dengan cerdas, sehingga semua pekerjaan bisa selesai sesuai dengan jadwalnya dan Anda tidak perlu menghabiskan jam makan malam untuk bekerja.

Jaga Kualitas Kerja dengan Baik

Jangan mengejar sejumlah target yang tidak masuk akal, sehingga Anda mengabaikan kualitas pekerjaan tersebut. Setiap tugas yang Anda tangani adalah pekerjaan yang sangat penting. Jadi, berikan hanya yang terbaik untuk tugas-tugas tersebut.

Pekerjaan mungkin banyak, namun menyelesaikan semuanya sekaligus seringkali berakhir dengan sejumlah kesalahan. Lakukan pekerjaan secara bertahap, di mana Anda menyelesaikan tugas-tugas sesuai dengan jadwalnya.

Jika memungkinkan, beberapa tugas ringan bisa saja dilakukan setelah tugas pokok (utama) Anda selesai, sehingga pekerjaan menjadi lebih ringan dan tidak menumpuk. Namun satu hal yang paling penting untuk dipahami sejak awal adalah bahwa Anda bekerja untuk menunjukkan kualitas terbaik, bukan kuantitas semata yang hasilnya standar saja.

Miliki Waktu untuk Menyendiri

Siapa bilang waktu hanya perlu dihabiskan untuk bekerja dan bekerja saja. Tentu Anda juga akan membutuhkan yang namanya hiburan, istirahat, dan waktu menyendiri, bukan?

Jangan pelit kepada diri sendiri dan selalu bekerja sepanjang minggu tanpa henti. Nikmatilah waktu sendiri, di mana Anda bisa sejenak melakukan apa saja kegiatan yang disukai tapi tidak sempat dilakukan di hari kerja.

Berlibur, menikmati hari dengan berolahraga, atau bahkan istirahat seharian dan merapikan barang-barang pribadi, semua ini akan membuat Anda menjadi lebih nyaman dan bersemangat untuk kembali bekerja setelahnya.

Anda juga bisa mengatur kegiatan di akhir pekan, di mana Anda bebas dan dapat melakukan apapun yang diinginkan. Kegiatan seperti ini akan membuat Anda kembali segar saat bekerja dan jauh dari stress.

Terapkan Disiplin dan Rasa Tanggung Jawab

Jika ingin bekerja sesuai dengan porsi yang benar, maka Anda harus memiliki disiplin yang tinggi untuk melakukan semua tugas-tugas di kantor. Menjalankan jadwal yang teratur dan juga eksekusi yang tepat untuk setiap pekerjaan, maka Anda akan bisa menyelesaikan semua tugas tepat waktu tanpa kerja lembur.

Disiplin dan tanggung jawab yang besar terhadap pekerjaan, akan membuat Anda merasa lebih senang dan mudah dalam menyelesaikan semua tugas-tugas Anda.

Hidup dengan seimbang

Hidup bukan hanya bekerja, tapi Anda juga perlu bersosialisasi dan memiliki kehidupan pribadi di luar pekerjaan. Jalani hidup Anda secara seimbang dengan berbagai hal yang menyenangkan, seperti melakukan aksi sosial, mengikuti wisata rohani, bersyukur dengan cara memberi sumbangan kepada yang membutuhkan, atau bahkan dengan menjadi relawan pemerhati hewan yang terlantar.

Semua ini akan membuat Anda lebih tenang dan merasa bahagia, dan tentunya bersyukur untuk semua yang Anda miliki. Jadi, keseimbangan dalam menjalani hidup sangat penting untuk mewujudkan diri sebagai manusia yang berguna bagi sesama maupun diri sendiri.

Hiduplah dengan Porsi yang Tepat

Bekerja dan memiliki segudang tugas setiap harinya, Anda mungkin akan menghabiskan banyak waktu di depan meja kerja. Sebenarnya jika Anda mau berupaya, maka Anda tentu tidak perlu bekerja secara berlebihan hingga menyandang gelar workaholic. Kelolah waktu Anda dengan cerdas dan jalani hidup dengan porsi yang tepat, di mana Anda bisa bekerja secara normal serta wajar dengan hasil maksimal.

Source:  https://www.cermati.com

#Jobseekers

#Jobvacancies

#ExecutiveSearchIndonesia

#RecruitmentFirmIndonesia

#HeadhunterIndonesia

#RecruitmentConsultantIndonesia

#TalentaGunaNusantara

#TGNOutsourcing

#Outsourcing

#freshgraduate

#instajobs

#manpower

#outsourcingjobs

#outsourcingservice

#outsourcingcompanies

#publicservice

Comments


  Verification Code

  Name

  Email

  Homepage





 

Service Overview

TGN Recruitment specializes in detection, direct approach  and recruitment of executive & staff that are well prepared to embark on a dynamic career within both multinational and local firms developing in Indonesia

TGN Recruitment in addition to its selection process, mainly based on the candidates’ ability to lead a successful career in Indonesia, also offers them consulting expertise aimed at maximizing their performance in their search for new opportunities in these countries.


Contact Us

 PT. Talenta Guna Nusantara

Head Office :
Office 8, Level 18 A, Jl Jend Sudirman Kav 52-53
Sudirman Central Business District (SCBD)
Jakarta Selatan 12190, Indonesia
Phone : +6221 - 2949 0577
Fax : +6221 - 2949 0578
E-mail: info@tgn.co.id

Branch Office :
Ruko Bekasi Mas Blok D.25 Lt.2
Jl. Jend. A. Yani. Bekasi.
Jawa Barat 17141, Indonesia
Phone : +6221 - 89453371
E-mail : bekasi@tgn.co.id