Punya Gaji UMR Bisa Berangkatkan Orang Tua Naik Haji

Posted on 10 Agustus 2018 ( 0 comments )



Bekerja dan sudah memiliki sejumlah penghasilan tetap setiap bulannya sangat wajar jika Anda memiliki sejumlah keinginan dalam hidup. Uang memungkinkan kita untuk melakukan banyak hal, termasuk untuk membahagiakan kedua orang tua.

Di antara sejumlah keinginan yang ingin diwujudkan bagi diri sendiri, membahagiakan orang tua tentu menjadi salah satu yang terpenting dan diinginkan orang-orang yang telah bekerja. Bagaimana pun juga, kebahagiaan orang tua tentu akan menjadi kebahagiaan Anda juga, bukan?

Memberangkatkan orang tua ke tanah suci untuk menjalankan ibadah haji adalah hal yang banyak diinginkan orang. Barangkali Anda salah satunya. Namun, jika ternyata gaji hanya UMR, Anda akan membutuhkan beberapa langkah tepat untuk mewujudkan keinginan yang satu ini.

Naik haji akan membutuhkan sejumlah dana yang cukup besar, Artinya, Anda akan membutuhkan perencanaan yang matang dalam mempersiapkan dana sebesar itu dalam keuangan. Dengan begitu, keuangan Anda tetap berjalan dengan baik dan niat Anda untuk memberangkatkan orang tua ke tanah suci bisa diwujudkan dengan segera.

Cara Atur Gaji UMR untuk Berangkatkan Orang Tua Naik Haji

Agar keinginan untuk memberangkatkan orang tua naik haji bisa terwujud dengan baik, sangat penting bagi Anda untuk mulai mengelola keuangan dengan tepat sejak sekarang.

Jika melihat biaya naik haji yang cukup besar, sudah tentu Anda akan membutuhkan banyak waktu untuk mengumpulkan biaya tersebut dengan jumlah penghasilan Anda yang cuma UMR saat ini.

Jangan sampai rencana baik Anda justru hanya sebatas impian semata hanya karena tidak disiplin dalam mengelola keuangan. Berikut ini beberapa cara mengatur gaji UMR agar rencana memberangkatkan orang tua naik haji bisa terlaksana.

1. Hitung Kemampuan Keuangan

Sebelum mempersiapkan dana keberangkatan haji, sangat penting bagi Anda untuk melihat kemampuan keuangan terlebih dahulu. Pastikan jumlah utang tidak lebih dari 30% penghasilan sehingga Anda bisa menyisihkan sejumlah dana tanpa mengganggu pos lainnya dalam keuangan.

Periksa semua pos pengeluaran dalam keuangan dan jangan lupa untuk tetap menjaga semua alokasi untuk kebutuhan pokok agar dapat terpenuhi dengan baik.

Tentukan sejumlah tabungan tetap yang akan Anda sisihkan setiap bulannya untuk kebutuhan ini. Alokasikan 30% dari penghasilan Anda sebagai tabungan naik haji tiap bulan.

Selanjutnya, buatlah perhitungan estimasi biaya naik haji yang akan dibutuhkan orang tua sehingga Anda memiliki gambaran yang jelas tentang besaran biaya dan waktu yang akan Anda butuhkan untuk mencapainya. Jangan lupa sertakan juga perkiraan kenaikan biaya dan kenaikan gaji tiap tahun.

2. Buka Tabungan Rencana

Jika sudah memiliki angka perkiraan yang harus Anda setorkan setiap bulannya, segera buka tabungan rencana untuk menampung dana tersebut. Menabung selalu memiliki tantangan tersendiri sehingga kebanyakan orang kerap sulit melakukannya.

Hindari masalah seperti ini dengan cara membuka tabungan rencana di mana sejumlah dana yang ingin Anda tabungkan tersebut bisa secara otomatis didebet dari rekening utama Anda.

Cara menabung seperti ini akan membuat Anda disiplin dan tidak malas untuk memisahkan sejumlah tabungan setiap bulannya. Anda hanya perlu memilih jumlah dana yang akan ditabungkan sejak awal, lama (tempo) menabung yang Anda inginkan, dan secara otomatis bank akan menyetorkannya untuk Anda setiap bulannya dari rekening tabungan Anda ke rekening tabungan rencana tersebut. Dengan cara seperti ini, kegiatan menabung Anda akan berjalan lebih mudah dan menyenangkan.

3. Beli Emas secara Berkala

Selain dalam bentuk uang, tabungan dana haji ini juga bisa Anda buat dalam bentuk emas. Menabung dalam bentuk emas terasa berbeda dan akan membuat Anda lebih senang ketika melakukannya.

Tidak perlu membeli dalam jumlah banyak sekaligus, Anda bisa menabung 1 gram emas setiap satu atau dua bulan sehingga tidak membebani keuangan. Kumpulkan emas ini secara berkala hingga mendekati waktu keberangkatan orang tua ke tanah suci. Dijamin jumlahnya akan cukup banyak dan bisa membantu biaya tak terduga selama menjalankan ibadah haji.

4. Cari Penghasilan Tambahan

Bila Anda memiliki waktu luang, mencari pekerjaan sampingan bisa Anda jadikan sebagai sumber tambahan dana haji ini. Anda bisa mengambil pekerjaan di akhir pekan atau bahkan menjadi seorang freelancer pada malam hari sepulang kantor.

Hasil dari bekerja ini bisa Anda tabung dan sisihkan dalam rekening terpisah sehingga jumlahnya cukup besar dan bisa membantu biaya ibadah haji orang tua. Jangan lupa untuk memilih pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan Anda agar tidak membebani Anda dan mengganggu pekerjaan utama yang Anda miliki selama ini.

5. Pangkas Dana Pribadi dan Lakukan Penghematan

Setiap orang pasti memiliki sejumlah dana khusus untuk hobi atau sekadar melakukan berbagai kegiatan yang menyenangkan. Bukan menghilangkan, melainkan Anda dapat memangkas sebagian dana ini untuk dialokasikan ke dalam tabungan haji tersebut.

Jika selama ini Anda sering menonton di bioskop, minum kopi di kafe, atau wisata kuliner di berbagai restoran, ada baiknya Anda mulai mengurangi kebiasaan tersebut. Selain itu, melakukan penghematan juga bisa menyisihkan sejumlah dana tambahan dalam keuangan sehingga jumlah dana haji yang Anda kumpulkan bisa segera tercapai dengan baik.

Niatkan dan Lakukan Sekarang

Memberangkatkan orang tua naik haji menjadi impian banyak orang. Bahkan, hanya memiliki penghasilan UMR saja, Anda bisa mewujudkannya. Jika Anda memiliki keinginan yang sama, tak ada salahnya untuk segera memulai langkah-langkah persiapan dalam keuangan Anda. Mulailah menabung dengan disiplin dari sekarang sehingga niat Anda memberangkatkan orang tua naik haji bisa segera diwujudkan.

Source : https://www.cermati.com

#Jobseekers

#Jobvacancies

#ExecutiveSearchIndonesia

#RecruitmentFirmIndonesia

#HeadhunterIndonesia

#RecruitmentConsultantIndonesia

#TalentaGunaNusantara

#TGNOutsourcing

#Outsourcing

#freshgraduate

#instajobs

#manpower

#outsourcingjobs

#outsourcingservice

#outsourcingcompanies

#publicservice

Comments


  Verification Code

  Name

  Email

  Homepage





 

Service Overview

TGN Recruitment specializes in detection, direct approach  and recruitment of executive & staff that are well prepared to embark on a dynamic career within both multinational and local firms developing in Indonesia

TGN Recruitment in addition to its selection process, mainly based on the candidates’ ability to lead a successful career in Indonesia, also offers them consulting expertise aimed at maximizing their performance in their search for new opportunities in these countries.


Contact Us

 PT. Talenta Guna Nusantara

Head Office :
Office 8, Level 18 A, Jl Jend Sudirman Kav 52-53
Sudirman Central Business District (SCBD)
Jakarta Selatan 12190, Indonesia
Phone : +6221 - 2949 0577
Fax : +6221 - 2949 0578
E-mail: info@tgn.co.id

Branch Office :
Ruko Bekasi Mas Blok D.25 Lt.2
Jl. Jend. A. Yani. Bekasi.
Jawa Barat 17141, Indonesia
Phone : +6221 - 89453371
E-mail : bekasi@tgn.co.id