Lakukan Langkah Ini, Jika Gejala Stres Mulai Menyerang, Jangan Sampai Terlambat

Posted on 03 Juli 2018 ( 0 comments )



Orang muda harus memiliki cara kreatif untuk terus maju dan pintar mengelola diri agar tidak stres. segalanya untuk membahagiakan, tapi sebagai generasi dengan tanggung jawab paling kecil seharusnya kita tidak mengalami stres paling banyak. Agar terhindar dari stres, apalagi jika sudah mulai ada gejala-gejala yang menyerang kita, beberapa langkah praktis berikut ini bisa dilakukan:

1. Jaga pola makan dengan menu yang sehat

Mengkonsumsi bahan-bahan segar dan banyak buah sangat penting. Jus yang diisi dengan vitamin C, seperti jus jeruk atau grapefruit selain baik untuk sistem kekebalan tubuh juga bisa membantu mengatasi stres. Banyak orang yang sibuk mudah tergoda untuk konsumsi makanan siap saji yang tidak sehat jika berlebihan. Hindari dan kombinasikan dengan buah tadi.

2. Rutin latihan olah raga

Melakukan olah raga setidaknya sekali seminggu adalah cara terbaik untuk mengurangi stres. Rutin olah raga ini membantu tubuh menghasilkan endorfin, yang membuat Anda merasa nyaman. Bahkan berjalan sehari-hari 30 menit dapat membantu mengurangi tingkat stres. Bergabung dengan klub olahraga juga bisa membantu mengatasi stres karena bisa Anda kontak secara reguler dengan orang lain yang akan membantu memperbaiki mood.

3. Meditasi

Mungkin kedengarannya sederhana, tapi duduk diam selama 10 menit sehari cukup efektif membantu mengurangi tingkat stres. Jika belum pernah mencoba meditasi sebelumnya, ada baiknya Anda mencobanya. Teknik pernapasan yang baik juga dapat membuat Anda berada dalam keadaan yang lebih santai yang membuat oksigen makin lancar mengalir melalui aliran darah, yang dapat membantu menenangkan.

4. Istirahat secara teratur

Istirahat singkat di sela-sela bekerja dapat membantu mengurangi stres. Libur akhir pekan juga bagus untuk bersantai. Luangkan waktu untuk bersenang-senang untuk diri sendiri agar saat kembali ke pekerjaan, tubuh terasa segar.

5. Salurkan hobi, misalnya memelihara hewan peliharaan

Menghabiskan waktu dengan hewan peliharaan baik untuk kesehatan, misalnya memelihara burung berkicau love bird. Meluangkan waktu selama beberapa menit dengan hobi ini, membuat tubuh melepaskan hormon yang membuat Anda merasa bahagia dan dapat mengurangi kadar stres di sistem tubuh.

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Efek Stres pada Tubuh Anda

Beberapa kondisi pemicu stres seperti macet lalu lintas, terlambat menghadiri pertemuan penting, seringkali kita jumpai sehari-hari. Secara tak sadar tubuh akan refleks mengirimkan perintah: Kirimkan hormon stres! Hormon stres ini sama dengan kondisi yang memicu respons "fight or flight" (lari atau lawan) pada tubuh. Jantung berdegup kencang, napas semakin cepat, dan otot siap beraksi. Respon ini dirancang untuk melindungi tubuh dalam keadaan darurat dengan mempersiapkan Anda bereaksi dengan cepat. Tapi ketika respon stres terus menyerang, hari demi hari, itu bisa membahayakan kesehatan. Berikut ini dampaknya:

  • Gangguan kesehatan seperti sakit kepala, pernapasan cepat, melemahnya sistem kekebalan tubuh, jantung berdebar

  • Muncul berbagai penyakit dalam seperti gula darah tinggi, tekanan darah tinggi, sakit perut, risiko serangan jantung, insomnia

  • Gangguan fungsi seksual seperti disfungsi ereksi, masalah kesuburan, dorongan seks rendah

Stres adalah reaksi fisik dan mental yang alami terhadap aktivitas kehidupan sehari-hari. Semua orang bisa saja mengalami stres dari waktu ke waktu. Apapun tanggung jawab Anda sehari-hari seperti pekerjaan dan keluarga dapat memicu stres. Jika sesaat respon stres bisa bermanfaat bagi tubuh  karena dapat membantu mengatasi situasi yang berpotensi serius. Tubuh merespon stres dengan melepaskan hormon yang meningkatkan tingkat pernapasan, jantung dan membuat otot merespons dengan cepat. Namun jika respons stres  tidak berhenti tingkat stres ini tetap tinggi yang justru mengganggu kesehatan.

Gejala Stres Kronis yang Perlu Diwaspadai

Stres kronis dapat menyebabkan berbagai gejala dan mempengaruhi keseluruhan kesehatan. Gejala stres kronis ini meliputi: sifat lekas marah, kegelisahan,  depresi, sakit kepala dan insomnia. Dalam kondisi stres, sistem saraf pusat dan endokrin bertanggung jawab atas respons "fight or flight" .

Ada bagian otak yang dinamakan hipotalamus memberi tahu kelenjar adrenal untuk melepaskan hormon stres adrenalin dan kortisol. Hormon ini meningkatkan detak jantung dan mengirim darah mengalir ke area yang paling membutuhkannya dalam keadaan darurat, seperti otot, jantung, dan organ penting lainnya. Bila rasa takut yang dirasakan hilang, hipotalamus harus memberitahu semua sistem untuk kembali ke normal.

Jika sistem tubuh dan otak ini gagal kembali normal, atau jika penyebab stres tidak hilang, respons akan berlanjut. Stres kronis juga dipicu oleh faktor perilaku seperti makan berlebihan atau tidak cukup makan, penyalahgunaan alkohol atau obat terlarang, dan kondisi sosial yang tidak sehat.

Jangan Lupa Liburan

Tidak mengambil hidup terlalu serius dapat membantu setiap orang menjalani kehidupan yang lebih baik dan lebih mudah. Luangkan waktu untuk diri sendiri, keluar dari aktivitas yang menegangkan dan beristirahat. Sudah saatnya kita menerima kenyataan bahwa kita bisa mencapai kehidupan sama sekali tanpa stres.

Source : https://www.cermati.com

#Jobseekers

#Jobvacancies
#ExecutiveSearchIndonesia
#RecruitmentFirmIndonesia
#HeadhunterIndonesia
#RecruitmentConsultantIndonesia
#TalentaGunaNusantara
#TGNOutsourcing
#Outsourcing
#freshgraduate
#instajobs
#manpower
#outsourcingjobs
#outsourcingservice
#outsourcingcompanies
#publicservice 

 

Comments


  Verification Code

  Name

  Email

  Homepage





 

Service Overview

TGN Recruitment specializes in detection, direct approach  and recruitment of executive & staff that are well prepared to embark on a dynamic career within both multinational and local firms developing in Indonesia

TGN Recruitment in addition to its selection process, mainly based on the candidates’ ability to lead a successful career in Indonesia, also offers them consulting expertise aimed at maximizing their performance in their search for new opportunities in these countries.


Contact Us

 PT. Talenta Guna Nusantara

Head Office :
Office 8, Level 18 A, Jl Jend Sudirman Kav 52-53
Sudirman Central Business District (SCBD)
Jakarta Selatan 12190, Indonesia
Phone : +6221 - 2949 0577
Fax : +6221 - 2949 0578
E-mail: info@tgn.co.id

Branch Office :
Ruko Sentra Niaga Kalimalang Blok B1 No.8
Jl. Jend. A. Yani, Kayuringin Jaya
Bekasi Selatan, Bekasi - Jawa Barat. 17144
Phone : +6221 - 89469545 / +6221 - 89469175
E-mail : bekasi@tgn.co.id