Tips Hemat Saat Bulan Puasa Bagi Anak Kost

Posted on 25 Mei 2018 ( 0 comments )



Hidup di perantauan memang akan membuat Anda mengerjakan segala sesuatunya sendiri, termasuk saat bulan puasa. Dari buka puasa hingga sahur, anda harus menyiapkannya tanpa dibantu oleh kedua orang tua.

Termasuk pula dalam hal mengatur keuangan, apalagi di bulan puasa seperti ini, banyak sekali godaan-godaan yang datang dan membuat Anda menghamburkan uang tanpa perhitungan yang jelas, sehingga nantinya menimbulkan keborosan yang berakibat buruk kedepannya.

Mengelola keuangan untuk anak kos di bulan puasa tentu bukan hal yang mudah, apalagi bagi yang sudah terbiasa selalu bersama orang tua. Namun sebenarnya Anda dapat dengan mudah berhemat di bulan puasa tanpa harus merasa tersiksa. Nah berikut ini beberapa tips hemat yang bisa dicoba selama bulan puasa.

 

 

1. Buat Menu Makanan Selama Bulan Puasa

Cara hemat yang bisa dilakukan selama bulan puasa adalah dengan membuat list menu makanan selama bulan puasa. Biasanya menu buka puasa pada umumnya, akan membuat anggaran menjadi berlebih. Hal ini sebenarnya wajar karena kebiasaan membeli makanan yang lebih dibandingkan biasanya saat bulan puasa. Namun jika hal ini dibiarkan terus menerus akan menghabiskan uang saku bulanan anda.

Untuk mengakalinya, Anda bisa menyusun menu makanan apa saja yang mengenyangkan dan menyehatkan untuk buka puasa dan sahur. Sehingga hal ini nantinya akan memudahkan Anda untuk mengestimasi biaya pengeluaran selama bulan puasa. Cara ini juga efektif untuk tidak membuat makanan bersisa dan akhirnya terbuang sia-sia.

 

 

2. Buatlah Buka Puasa Seperti Makan Malam Biasa

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, kebiasaan saat berbuka puasa selalu membeli semua makanan yang diinginkan dan berlebihan. Hal ini wajar saja karena Anda harus menahan lapar selama berjam-jam sehingga ingin sesuatu hal yang mengenyangkan.

Namun tentunya hal tersebut tak menjadi alasan untuk membeli makanan secara berlebihan. Untuk itu, pilihlah menu makanan yang tak terlalu mahal dan tidak berbeda dengan makan malam pada malam biasanya di luar bulan puasa.

 

 

3. Berburu Takjil Gratis

Cara lainnya yang bisa dilakukan untuk berhemat selama bulan puasa adalah dengan berburu takjil gratis. Sembari menunggu waktu untuk berbuka puasa, Anda bisa berburu takjil gratis yang biasanya ditawarkan di masjid-masjid ataupun di jalan raya.

Biasanya terdapat beberapa komunitas atau kelompok yang menawarkan takjil gratis bagi pengguna jalanan tersebut. Tak ada salahnya menerima takjil gratis tersebut, anggap saja hal tersebut merupakan rezeki gratis yang didapatkan saat bulan puasa.

 

 

4. Kurangi Kegiatan Ngabuburit

Sudah menjadi hal yang wajar saat akan berbuka puasa, anda melakukan ngabuburit bersama dengan teman-teman. Namun sadarkah Anda jika hal ini lah yang membuat keuangan menjadi boros?

Hal ini dikarenakan rasa lapar yang sedang melanda membuat Anda terasa kalap melihat jajanan, makanan dan minuman yang terpajang. Sehingga membuat Anda membeli semuanya hanya untuk memuaskan keinginan saja.

Padahal belum tentu nantinya semua yang dibeli akan dihabiskan. Sehingga jika perlu kurangi beberapa ajakan ngabuburit dari teman-teman. Akan lebih baik lagi jika anda menghabiskan waktu untuk menunggu berbuka di masjid sambil beribadah.

 

 

5. Cobalah Untuk Memasak

Bila di kosan terdapat dapur, tak ada salahnya untuk memanfaatkan dapur tersebut untuk membuat makanan untuk buka ataupun sahur. Tak perlu memasak yang berlebihan, cukup yang sederhana dan mengenyangkan akan memuaskan perut Anda.

Dengan memasak akan sangat efektif untuk menghemat uang saku setiap harinya. Jika tak terlalu pandai memasak, Anda bisa mengikuti resep di internet. Saat ini banyak sekali resep hingga video memasak yang mudah diikuti.

 

 

Jangan Terlalu Berlebihan

Hal yang sah-sah saja jika anda gembira menyambut bulan puasa yang selama ini dinanti. Namun bukan menjadi alasan jika menghabiskan uang saku untuk membeli makanan yang berlebihan. Akan lebih baik jika Anda menikmati puasa dengan cara beribadah khusuk di masjid masjid terdekat.

Source : http://bisniskeuangan.kompas.com

#Jobseekers
#Jobvacancies
#ExecutiveSearchIndonesia
#RecruitmentFirmIndonesia
#HeadhunterIndonesia
#RecruitmentConsultantIndonesia
#TalentaGunaNusantara

 

 

 

Comments


  Verification Code

  Name

  Email

  Homepage





 

Service Overview

TGN Recruitment specializes in detection, direct approach  and recruitment of executive & staff that are well prepared to embark on a dynamic career within both multinational and local firms developing in Indonesia

TGN Recruitment in addition to its selection process, mainly based on the candidates’ ability to lead a successful career in Indonesia, also offers them consulting expertise aimed at maximizing their performance in their search for new opportunities in these countries.


Contact Us

 PT. Talenta Guna Nusantara

Head Office :
Office 8, Level 18 A, Jl Jend Sudirman Kav 52-53
Sudirman Central Business District (SCBD)
Jakarta Selatan 12190, Indonesia
Phone : +6221 - 2949 0577
Fax : +6221 - 2949 0578
E-mail: info@tgn.co.id

Branch Office :
Ruko Sentra Niaga Kalimalang Blok B1 No.8
Jl. Jend. A. Yani, Kayuringin Jaya
Bekasi Selatan, Bekasi - Jawa Barat. 17144
Phone : +6221 - 89469545 / +6221 - 89469175
E-mail : bekasi@tgn.co.id