Pengeluaran Prioritas Gaji Pertama Freshgraduate

Posted on 10 April 2018 ( 0 comments )


 

Pengalaman mendapatkan gaji pertama menjadi hal yang membanggakan bagi semua orang. Khususnya, bagi Anda yang baru lulus kuliah, lalu langsung mendapatkan pekerjaan. Merasakan gaji pertama,  menerima upah dari hasil bekerja keras selama sebulan ini menjadi hal yang kita hargai. Apalagi jika sewaktu kuliah, kita terbiasa mendapatkan pasokan uang dari pemberian orang tua.

Rasa senang, bangga dan bingung mau digunakan untuk apa saja terbesit di pikiran seorang freshgraduate. Segala sesuatu pun terpikir untuk menghabiskan uang yang diterima. Perasaan bebas ingin membelanjakan semua uang gaji pertama untuk beli ini dan beli itu bermunculan, apalagi uang yang didapatkan adalah hasil keringat sendiri.

Menggunakan gaji pertama suka-suka itu boleh, tapi ada baiknya kita, sebagai freshgraduate memiliki mindset cerdas dalam menggunakan gaji pertama yang didapatkan. Misalnya, biasakan untuk mencatat tujuan keuangan dalam sebulan. Lalu belajar untuk mengatur pengeluaran prioritas, memiliki tabungan dan dana darurat. Berikut daftar pengeluaran prioritas gaji pertama bagi freshgraduate dan tips mengelola uang yang bisa ditiru dan dipraktikkan.

1. Berbagi Kasih dengan Orang Tua

Hal pertama yang bisa menjadi pilihan baik adalah berbagi kasih dengan orang tua. Hal ini dapat dilakukan adalah memberikan hadiah untuk orang tua. Gunakan gaji pertama mu untuk membelikan sesuatu yang menyenangkan hati kedua orang tua. Hadiah tidak harus mahal, yang terpenting adalah ketulusan dalam memberikannya. Hadiah kepada orang tua juga merupakan tanda terima kasih anak kepada ayah dan ibu yang telah merawat Anda. Jadilah anak yang berbakti pada orang tua agar urusan pekerjaan pun menjadi lancar.

Pilihan hadiah tidak perlu mahal, misalnya mentraktir makan malam bersama di restoran favorit, atau membelikan Ayah Anda kemeja baju atau sepasang sandal untuk ibu Anda. Bisa dipastikan mereka akan sangat senang menerimanya hadiah apapun yang dibeli dari gaji pertama Anda.  

2. Membayar Utang

Gunakan gaji pertama untuk membayar hutang-hutang yang Anda miliki. Selama menganggur dan sewaktu masih menjadi mahasiswa dulu, bagi Anda yang punya hutang guna memenuhi kebutuhan hidup baik kepada teman atau saudara, ada baiknya lunasi terlebih dulu utang-utang tersebut. Memprioritaskan membayar hutang adalah suatu kewajiban. Dengan terbebas dari hutang, hidup akan lebih tenang.

Anda bisa berfokus pada kinerja pekerjaan Anda dan semangat kerja meningkat untuk mengumpulkan uang kembali. Bayangkan jika Anda hidup selalu dibayang-bayangi utang, pasti pikiran anda akan terganggu siang dan malam. Sebaiknya, tunda terlebih dahulu keinginan untuk membeli barang-barang yang diinginkan sampai utang terlunasi.

3. Membayar Kosan

Saat mendapatkan pekerjaan yang lokasinya jauh dari rumah, freshgraduate biasanya lebih memilih untuk kos. Atau jika sudah terbiasa kos saat kuliah dahulu, kos menjadi pilihan tepat saat bekerja daripada harus menghabiskan waktu dan tenaga di jalan karena macet dan jauh jaraknya untuk datang ke kantor. Bagi Anda yang kos, prioritas gaji pertama lainnya adalah membayar uang kosan. Wajib bagi Anda untuk menyisihkan uang kosan di awal setelah menerima gaji dan langsung membayarkannya. Hal ini dilakukan untuk menghindari keterlambatan membayar uang kos dan terkena denda.

Pastikan juga Anda memilih kosan yang harga sewanya sesuai dengan gaji Anda. Jangan sampai gaji Anda hanya habis untuk membayar uang sewa kos. Pilihlah biaya kos yang tidak melebihi 30% dari gaji. Misalnya, jika gaji Anda Rp5 juta maka pilihlah harga sewa sekitar Rp1,5 juta. Hal ini dilakukan untuk tujuan berhemat agar gaji Anda masih bisa digunakan untuk menabung.

4. Mentraktir Teman-teman

Setelah mengetahui Anda sudah bekerja, banyak teman-teman yang menghubungi sekedar untuk memberikan selamat atau meminta traktiran. Menolak pun tidak enak, terlebih kepada teman-teman akrab yang menemani perjuangan di masa kuliah dulu. Tradisi mentraktir teman saat mendapatkan gaji pertama pun seperti sudah umum di kalangan masyarakat Indonesia, jadi tidak ada salahnya untuk memenuhi permintaan mereka, hitung-hitung bersilahturahmi karena percaya atau tidak, saat sudah bekerja Anda tidak akan bisa sesering dulu untuk bertemu mereka.

Traktir makan menjadi pilihan yang bisa anda pilih. Pilihlah restoran atau café yang biayanya sesuai dengan gaji Anda, jangan memilih restoran yang mewah hanya karena gengsi. Hal ini dilakukan untuk menghindari pengeluaran melebihi gaji, yang ada Anda malah menombok. Tempat biasa nongkrong dengan teman juga bisa dijadikan tempat rekomendasi untuk mentraktir.

5. Memanjakan diri

Tidak ada salahnya memanjakan diri sendiri setelah lelah bekerja. Uang yang dihasilkan pun juga merupakan hasil usaha sendiri. Ada berbagai macam cara untuk memanjakan diri dengan uang yang didapatkan, misalnya berbelanja barang yang diinginkan, makan makanan di resto mewah, pergi jalan-jalan dan sebagainya.

Umumnya, perasaan puas dan bahagia akan muncul setelah membeli sesuatu dengan uang sendiri. Akan tetapi, sebaiknya Anda juga belajar untuk memahami keinginan dan kebutuhan agar tidak boros dalam memanjakan diri dengan gaji yang diperoleh. Prioritaskan gaji pertama untuk membeli barang atau alat elektronik yang memang dibutuhkan, bukan sekadar mengikuti tren terkini.

6. Bersedekah

Sedekah merupakan bentuk terima kasih kita kepada sang pencipta. Sebagai hamba-Nya kita dianjurkan untuk bersedekah. Untuk itu, kita perlu menyisihkan sedikit dari uang kita untuk membantu sesama. Selain untuk membantu orang lain, bersedakah dalam agama juga berguna untuk membersihkan harta karena ada hak orang lain dalam rezeki yang didapat.

7. Menabung

Menabung juga menjadi prioritas pengeluaran penting gaji pertama Anda. Dengan menabungkan sebagian uang yang didapat, Anda juga belajar untuk hidup hemat dan penuh perencanaan. Uang yang ditabung bisa digunakan untuk membeli sesuatu yang memerlukan dana yang cukup banyak, misalnya membeli motor atau membeli mobil untuk kendaraan pribadi Anda bekerja. Upayakan untuk rutin menyisihkan sejumlah 10% dari gaji Anda untuk ditabung. Sedikit demi sedikit lama-lama akan menjadi bukit, biasakan diri untuk menabung sejak Anda mendapatkan gaji pertama.

 

Bersyukur dan Bijak Gunakan Gaji Pertama

Umumnya, gaji pertama yang diterima oleh freshgraduate masih terbilang kecil secara nominal. Tetap bersyukur dengan gaji yang Anda peroleh, dan lakukan yang terbaik untuk mengatur pengeluaran Anda. Misalnya, Anda belajar untuk bijak dalam menggunakan gaji untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Tentunya, belanjakan uang yang ada sesuai dengan daftar prioritas Anda. Pilah-pilih kebutuhan yang benar-benar penting untuk dipenuhi, jangan sampai gaji pertama hanya dihabiskan untuk berfoya-foya tak terarah dan akhirnya Anda menyesal di kemudian hari sebab gaji sudah habis dalam waktu singkat.

Source : https://www.cermati.com

#Jobseekers
#Jobvacancies
#ExecutiveSearchIndonesia
#RecruitmentFirmIndonesia
#HeadhunterIndonesia
#RecruitmentConsultantIndonesia
#TalentaGunaNusantara

 

Comments


  Verification Code

  Name

  Email

  Homepage





 

Service Overview

TGN Recruitment specializes in detection, direct approach  and recruitment of executive & staff that are well prepared to embark on a dynamic career within both multinational and local firms developing in Indonesia

TGN Recruitment in addition to its selection process, mainly based on the candidates’ ability to lead a successful career in Indonesia, also offers them consulting expertise aimed at maximizing their performance in their search for new opportunities in these countries.


Contact Us

 PT. Talenta Guna Nusantara

Head Office :
Office 8, Level 18 A, Jl Jend Sudirman Kav 52-53
Sudirman Central Business District (SCBD)
Jakarta Selatan 12190, Indonesia
Phone : +6221 - 2949 0577
Fax : +6221 - 2949 0578
E-mail: info@tgn.co.id

Branch Office :
Ruko Bekasi Mas Blok D.25 Lt.2
Jl. Jend. A. Yani. Bekasi.
Jawa Barat 17141, Indonesia
Phone : +6221 - 89453371
E-mail : bekasi@tgn.co.id