5 Tips Membuat Proposal Usaha

Posted on 22 Maret 2018 ( 0 comments )


 

 

Dalam mengelola sebuah usaha atau bisnis, ada kalanya Anda membutuhkan pihak ketiga sebagai pemberi bantuan dalam mengembangkan usaha ke skala yang lebih luas lagi. Pihak ketiga ini umumnya memiliki peranan seputar hal permodalan, atau suntikan dana segar bagi usaha Anda. Namun perlu diingat, bahwa pihak ketiga sebagai sumber modal tentu tidak mudah memberikan pinjaman atau kredit kepada pihak lain. Komitmen dan perjanjian yang jelas dari pihak pemilik modal dan pelaku usaha diperlukan untuk mencegah kerugian.

Karena itulah kita memerlukan media yang tepat untuk menggambarkan bisnis atau usaha kita. Media tersebut harus mencantumkan semua informasi dari masa lalu, masa kini, dan masa depan, dengan cara membuat proposal bisnis. Proposal bisnis sangat berguna untuk memberikan gambaran keuntungan apa saja yang bisa kita tawarkan agar investor mau menanamkan modalnya pada usaha kita. Proposal ternyata memiliki peran yang penting dalam pengembangan usaha kita, dan untuk membuatnya diperlukan trik serta tips khusus agar proposal yang kita tampil lebih menarik namun tetap informatif.

1. Profil Usaha

Profil usaha merupakan bagian yang paling penting, karena kesan pertama mengenai bisnis Anda terpampang di sini. Biasanya di sini dijelaskan mengenai sejarah berdirinya usaha tersebut, visi dan misi, jumlah karyawan, tingkat pendidikan atau keahlian para karyawan, sistem produksi, serta hal-hal administrasi lainnya. Apabila usaha tersebut telah memiliki cabang, berikan gambaran secara singkat profil usaha cabang tersebut sebagai bahan pertimbangan untuk mengukur kredibilitas usaha yang diajukan tersebut.

2. Data Terbaru Dari Usaha

Langkah kedua yang juga tak kalah penting untuk dilakukan adalah memasukkan informasi tentang kondisi terkini usaha tersebut yang meliputi, penjualan setidaknya dalam dua tahun terakhir lengkap dengan rasio dan laporan keuangannya. Kemudian, jelaskan juga strategi penjualan seperti apakah yang akan dan suah dilakukan? Hal-hal ini penting bagi pemilik modal untuk mempertimbangkan apakah usaha Anda memiliki prospek menjanjikan atau malah sebaliknya. Dalam hal ini, kepastian dalam memberi penjelasan sangat diperlukan.

3. Rencana Pengembangan Usaha

Di tahap ini, diperlukan pemaparan secara detail mengenai rencana pengembangan usaha Anda. Deskripsikan visi usaha dan langkah yang akan dilakukan untuk melaksanakannya. Jika kita mampu menyakinkan pemilik modal bahwa produk yang kita hasilkan sangat bermanfaat dan akan selalu dicari oleh konsumen. Selain itu, kita juga harus menyertakan potensi resiko yang mungkin timbul dalam pengembangan usaha tersebut, sertakan pula cara menanggulangi resiko tersebut sesuai dengan kemampuan dan pengalaman kita selama ini.

4. Proyeksi Keuangan Pengembangan Usaha

Bagian inilah yang paling dinantikan oleh calon investor Anda: bagaimana kita memproyeksikan keuangan untuk pengembangan usaha kita, setidaknya untuk 6 sampai 12 bulan ke depan setelah kesepakatan kerjasama ditandatangani. Proyeksi ini sangat penting untuk menunjukkan seberapa serius dan komitmen kita untuk menjalankan rencana tersebut. Ingat, buatlah dengan realistis, Anda tidak mau calon pemilik modal kecewa.

5. Diskripsikan Usaha dengan Singkat, Padat, dan Jelas

Tips terakhir adalah deskripsikan semua paparan dan keterangan yang dibuat dalam proposal ini secara singkat dan dalam bahasa yang mudah dimengerti oleh siapapun, bahkan oleh seseorang yang sama sekali belum pernah bersentuhan dengan jenis usaha seperti kita. Hal ini penting agar investor tidak merasa kesulitan untuk memahami isi proposal, proyeksi, dan rencana pengembangan yang dibuat dalam proposal tersebut. Karena, selain kita masih banyak proposal lain yang mungkin saja diajukan oleh pemilik usaha lain untuk mendapatkan persetujuan dari investor yang sama.

Jangan Lupakan Keterangan Lainnya!

Selain proposal yang menarik, jangan lupa untuk melampirkan keterangan-keterangan penting lainnya, yaitu biodata atau identitas pemilik usaha, Surat Izin Usaha, Sertifikat usaha atau pelatihan yang pernah diikuti, Piagam penghargaan jika pernah meraih penghargaan (jika ada), dan Surat-surat perjanjian yang mungkin pernah kita buat bersama pihak lain. Selamat berburu Investor!

#Jobseekers
#Jobvacancies
#ExecutiveSearchIndonesia
#RecruitmentFirmIndonesia
#HeadhunterIndonesia
#RecruitmentConsultantIndonesia
#TalentaGunaNusantara

 

Comments


  Verification Code

  Name

  Email

  Homepage





 

Service Overview

TGN Recruitment specializes in detection, direct approach  and recruitment of executive & staff that are well prepared to embark on a dynamic career within both multinational and local firms developing in Indonesia

TGN Recruitment in addition to its selection process, mainly based on the candidates’ ability to lead a successful career in Indonesia, also offers them consulting expertise aimed at maximizing their performance in their search for new opportunities in these countries.


Contact Us

 PT. Talenta Guna Nusantara

Head Office :
Office 8, Level 18 A, Jl Jend Sudirman Kav 52-53
Sudirman Central Business District (SCBD)
Jakarta Selatan 12190, Indonesia
Phone : +6221 - 2949 0577
Fax : +6221 - 2949 0578
E-mail: info@tgn.co.id

Branch Office :
Ruko Sentra Niaga Kalimalang Blok B1 No.8
Jl. Jend. A. Yani, Kayuringin Jaya
Bekasi Selatan, Bekasi - Jawa Barat. 17144
Phone : +6221 - 89469545 / +6221 - 89469175
E-mail : bekasi@tgn.co.id