5 Manfaat Penting dari Magang di Perusahaan Start-Up

Posted on 05 Februari 2018 ( 0 comments )


 

Sebagian mahasiswa akan menganggap sebuah perusahaan besar adalah tempat paling tepat bagi mereka untuk melakukan praktek kerja magang. Sehingga banyak mahasiswa yang mengidam-idamkan untuk bisa memiliki kesempatan menjalankan proses magang di berbagai perusahaan yang memiliki karyawan dalam jumlah besar, lengkap dengan sebuah kantor di area perkantoran yang begitu elit dan berkelas, serta ditemani berbagai macam kesibukan yang sangat padat. Lalu, apa sebenarnya yang dicari seorang mahasiswa saat sedang magang?

Jangan salah, ada banyak sekali mahasiswa yang jauh lebih mengincar nama besar sebuah perusahaan dibandingkan dengan sejumlah pengalaman yang bisa mereka dapatkan selama magang. Mereka pada umumnya berharap mendapatkan sejumlah keuntungan atas perusahaan tersebut, misalnya sebagai referensi ketika mencari pekerjaan setelah kuliah usai nanti. Hal ini tentu bukan sebuah tindakan yang salah, tentu sah-sah saja jika seseorang menginginkan sebuah perusahaan besarlah yang akan menjadi tempat di mana dia akan mengaplikasikan ilmu yang selama ini sudah didapatkan di bangku kuliah. Namun yang kemudian menjadi sebuah pertanyaan adalah seberapa efektif sebenarnya ilmu tersebut bisa diaplikasikan di sana.

Jika dibandingkan antara sebuah perusahaan besar yang memiliki ratusan karyawan, dengan sebuah startup yang hanya memiliki puluhan atau bahkan belasan orang karyawan saja, maka tentu kedua tempat ini akan memiliki perbedaan yang sangat jauh sekali. Hal ini juga terjadi pada sejumlah pengalaman magang yang didapatkan di kedua tempat tersebut, tentu akan sangat berbeda. Jangan sepelekan startup yang berukuran jauh lebih kecil, sebab ada banyak sekali keuntungan yang bisa didapatkan ketika melakukan magang di sana, bahkan jauh lebih besar jika dibandingkan dengan apa yang akan diberikan oleh sebuah perusahaan besar. Beberapa poin di bawah ini adalah alasan mengapa magang di sebuah startup memberi banyak manfaat bagi mahasiswa.

1. Terlibat dan Bertanggung Jawab Secara Langsung

Ketika melakukan magang di sebuah perusahaan berskala besar, maka bisa jadi seorang mahasiswa bahkan tidak mengenal atau berhubungan secara langsung dengan pimpinan perusahaan, dan hal ini memang banyak sekali terjadi. Tetapi dalam sebuah startup, hal seperti ini terbilang langka atau bahkan tidak akan ditemui. Di dalam startup yang hanya memiliki belasan orang tim kerja, mahasiswa magang akan bertemu dan bekerja bersama dengan semua tim yang ada di sana, lingkup kerja begitu kecil sehingga semua orang akan menjadi begitu dekat dan tergantung antara satu dengan yang lainnya. Jadi, lupakan hubungan yang begitu formal dan juga terbatas pada sekat-sekat jabatan, startup tidak dijalankan dengan aturan yang kaku seperti itu.

Pada umumnya startup akan melibatkan secara langsung mahasiswa magang dan memberi mereka kesempatan serta tanggung jawab yang hampir sama dengan pekerja lainnya di sana. Di sini mahasiswa akan dituntut untuk mandiri dan memiliki tanggung jawab penuh pada pekerjaan yang sedang ditangani olehnya. Mereka diberi kesempatan untuk benar-benar merasakan bagaimana dunia kerja itu berjalan, sehingga semua kemampuan mereka bisa diterapkan di lapangan kerja yang sebenarnya, dan hal seperti ini tentu akan sangat menyenangkan bukan?

2. Belajar Mengenai Banyak Hal di Perusahaan

Lingkup kerja yang demikian kecil membuat mahasiswa magang bisa melihat secara langsung bagaimana sebenarnya keseluruhan tim di dalam sebuah startup bekerja dan menyelesaikan sebuah proyek. Hal ini tentu tidak akan didapatkan ketika melakukan magang di sebuah perusahaan yang besar, sebab seorang mahasiswa magang hanya akan berada dalam sebuah departemen tertentu, di mana dia hanya akan melihat dan bertemu dengan orang-orang dari departemen tersebut saja. Tanggung jawab yang kecil, tentu hanya akan memberikan sebuah pengalaman kerja yang kecil pula, dan hal seperti inilah yang akan didapatkan ketika magang di dalam satu departemen sebuah perusahaan yang besar.

Startup akan memberikan pengalaman yang berbeda, di mana orang-orangnya memiliki sebuah lingkaran kerja yang kecil dan melibatkan semua orang secara langsung, termasuk mahasiswa magang di sana. Lingkungan kerja seperti inilah yang bisa memberikan banyak pengalaman kerja, termasuk bagaimana cara menjalankan sebuah perusahaan dengan kinerja sebuah tim di dalamnya.

3. Mengenal Banyak Hal-Hal Baru Sekaligus

Di dalam praktiknya, sebuah perusahaan tentu menggunakan banyak teknologi dan juga aplikasi dalam mendukung semua kegiatan kerja yang dilakukan oleh mereka. Namun ketika magang di dalam sebuah departemen perusahaan yang besar, maka kesempatan untuk mempelajari berbagai aplikasi tersebut hanya sebatas yang digunakan di departemen itu saja. Namun akan berbeda halnya ketika magang di startup karena hampir semua aplikasi bisa ditemukan dan juga dipelajari dengan cepat. Startup memberikan kesempatan untuk mempelajari banyak hal, terutama yang terkait dengan kinerja perusahaan, dan ini menjadi sebuah keuntungan bagi mahasiswa magang. Mahasiswa yang melakukan magang di startup, akan memiliki segudang ilmu yang belum tentu bisa didapatkannya dalam sebuah perusahaan besar sekalipun.

4. Bekerja Bersama Orang-Orang Berbakat

Startup akan memberikan pengalaman bekerja yang menyenangkan, di mana orang-orang berbakat dan memiliki motivasi yang lebih dari orang lainnya berkumpul di sana. Ini tentu sebuah pengalaman yang sangat berharga, karena mahasiswa magang memiliki kesempatan untuk melihat dan juga terlibat dalam proyek yang ditangani bersama dengan orang-orang yang ahli di bidangnya. Bukan hanya sekedar bekerja semata, namun orang-orang tersebut juga berperan sebagai pendiri dari startup tersebut. Bayangkan bagaimana rasanya bekerja bersama dengan orang-orang hebat yang memiliki motivasi kerja di atas rata-rata, dengan konsep kerja yang unik dan juga menyenangkan. Startup akan memberikan semua pengalaman tersebut bagi mahasiswa magang di sana.

5. Lingkungan dan Suasana Kerja yang Nyaman

Startup akan memberikan sebuah kesempatan untuk melakukan pekerjaan dengan tuntas, artinya pekerjaan tersebut akan dipertanggungjawabkan secara penuh oleh mereka yang mengerjakannya, termasuk mahasiswa magang juga. Kerahkan semua yang terbaik dan tim akan melihat prestasi seseorang atas apa yang telah dikerjakan oleh orang tersebut. Di sini mahasiswa magang akan memiliki kesempatan yang luas untuk mempelajari, memulai, dan memperbaiki sebuah pekerjaan sesuai dengan kemampuan yang dimiliki sendiri olehnya. Namun jangan khawatir, orang-orang juga dengan senang hati akan membantu, jika memang seseorang mengalami kesulitan dalam pekerjaannya.

Kondisi kerja yang seperti itu tentu akan membuat nyaman dan betah. Bukan hanya itu saja, startup juga memiliki ruangan yang berbeda dan unik jika dibandingkan dengan kantor sebuah perusahaan besar. Fasilitas permainan, atau desain kantor yang unik biasanya akan ditemui di startup.

Dapatkan Pengalaman Berharga Ketika Magang

Magang tentu bukan hanya sekedar persyaratan yang harus dilakukan sebagai langkah menuju kelulusan kuliah. Namun, magang bisa memberikan banyak pengalaman kerja dan juga kesempatan untuk mempelajari banyak hal mengenai dunia kerja itu sendiri. Startup bisa jadi sebuah pilihan tempat magang yang tepat, terutama bagi mahasiswa yang senang dengan hal-hal baru dan juga lingkungan kerja yang berbeda dari biasanya.

 

 

 

#Jobseekers
#Jobvacancies
#ExecutiveSearchIndonesia
#RecruitmentFirmIndonesia
#HeadhunterIndonesia
#RecruitmentConsultantIndonesia
#TalentaGunaNusantara


Comments


  Verification Code

  Name

  Email

  Homepage





 

Service Overview

TGN Recruitment specializes in detection, direct approach  and recruitment of executive & staff that are well prepared to embark on a dynamic career within both multinational and local firms developing in Indonesia

TGN Recruitment in addition to its selection process, mainly based on the candidates’ ability to lead a successful career in Indonesia, also offers them consulting expertise aimed at maximizing their performance in their search for new opportunities in these countries.


Contact Us

 PT. Talenta Guna Nusantara

Head Office :
Office 8, Level 18 A, Jl Jend Sudirman Kav 52-53
Sudirman Central Business District (SCBD)
Jakarta Selatan 12190, Indonesia
Phone : +6221 - 2949 0577
Fax : +6221 - 2949 0578
E-mail: info@tgn.co.id

Branch Office :
Ruko Bekasi Mas Blok D.25 Lt.2
Jl. Jend. A. Yani. Bekasi.
Jawa Barat 17141, Indonesia
Phone : +6221 - 89453371
E-mail : bekasi@tgn.co.id