16 Hal yang Tidak Dilakukan Orang Dewasa Secara Finansial

Posted on 25 Januari 2018 ( 0 comments )


 

Salah satu kunci keberhasilan finansial adalah dengan cara mengelola uang secara efektif. Banyak orang dewasa secara finansial yang berhasil melakukan hal ini. Mereka mampu membuat keputusan terbaik yang menyelamatkan uang mereka. Tentu saja Anda bisa belajar dari orang-orang yang dewasa secara finansial. Mereka melakukan hal-hal yang memang menurut mereka penting, sebaliknya mereka juga menghindari hal-hal yang memang tidak memberikan keuntungan bagi mereka. Berikut ini merupakan hal-hal yang tidak dilakukan oleh orang dewasa secara finansial.

1. Mereka Tidak Menghabiskan Uang Lebih dari yang Mereka Hasilkan

Baru-baru ini sebuah penelitian yang dilakukan oleh Yahoo Finance mengatakan bahwa beberapa orang Amerika memiliki kecenderungan untuk menghabiskan uang lebih dari yang mereka peroleh. Kemudian diperparah lagi dengan tingkat suku bunga kartu kredit yang semakin tinggi. Untuk menyikapi kondisi seperti ini, sebaiknya Anda mulai berlatih untuk tidak menghabiskan uang lebih dari yang Anda hasilkan. Cobalah untuk menggunakan uang tunai pada beberapa keperluan kecil. Selain itu, kurangi juga menggunakan kartu kredit untuk berbelanja.

2. Mereka Tidak Menunggu Akhir Bulan untuk Mengecek Kondisi Keuangan

Orang yang dewasa secara finansial tidak akan menunggu akhir bulan untuk mengecek bagaimana kondisi keuangannya. Ia pasti akan selalu mengecek kondisi keuangannya setiap waktu, sehingga tidak akan ada hal-hal yang membuat mereka terkejut. Anda harus melakukan pengecekan keuangan Anda secara konsisten.

3. Mereka Tidak Membayar Sesuatu yang Tidak Mereka Gunakan

Mereka selalu berpikir cerdas dan jernih mengenai sejumlah uang yang akan mereka keluarkan. Beberapa hal yang memang tidak benar-benar diperlukan tidak akan pernah mereka prioritaskan, misalnya saja biaya keanggotaan gym, langganan majalah, langganan koran, dan tiket konser band favorit. Anda bisa membuat sebuah catatan prioritas mengenai kebutuhan yang memang benar-benar Anda butuhkan.

4. Mereka Tidak Pernah Mengabaikan Biaya Kecil

Perlu diingat bahwa orang yang dewasa secara finansial tidak pernah mengabaikan biaya yang kecil. Walaupun kecil, mereka akan tetap terus berupaya untuk mencari peluang menguranginya sebisa mungkin. Misalnya saja tidak melakukan hal-hal yang dapat membuat biaya kecil jadi ada, seperti tidak mematikan lampu ruangan yang kosong, tetap menyalakan AC ketika sedang pergi ke luar sebentar, dan masih banyak lainnya.

5. Mereka Tidak Secara Otomatis Mengeluarkan Uang di Luar Perencanaan

Mereka tidak bisa secara otomatis mengeluarkan uang yang di luar prediksi atau berada di luar perencanaan. Mereka menghabiskan uang untuk hal-hal yang mendesak atau sesuatu yang memang mereka butuhkan.

6. Mereka Tidak Merasa Bahwa Belanja Merupakan Hal yang Membuat Mereka Menjadi Lebih Baik

Orang yang cerdas secara finansial tidak akan pernah merasa bahwa belanja merupakan sebuah kepuasan yang harus dicapai. Mungkin sebagian orang merasa bahwa berbelanja merupakan pelipur lara. Padahal hal ini justru dapat menjebak Anda untuk menghamburkan banyak uang.

7. Mereka Tidak Akan Membeli Kado Pada Menit Terakhir

Hal yang dimaksud pada poin ketujuh ini, biasanya orang yang melek masalah finansial akan berpikir jernih pada seluruh tindakannya termasuk dalam membeli kado. Beberapa orang sering membeli sebuah kado pada menit-menit terakhir dengan panik. Hal ini ini dilakukan demi mengungkapkan perasaan cinta dan sayang mereka kepada orang yang akan diberikan kado. Tentu saja hal ini akan lebih banyak membuat uang Anda keluarkan bukan? Sebaiknya jika Anda ingin memberikan seseorang kado atau kejutan, rencanakan dan beli dari jauh-jauh hari.

8. Mereka Tidak Pernah Menyia-nyiakan Makanan

Orang yang cerdas secara finansial tidak pernah menyia-nyiakan makanan dengan hanya memakan makanan yang ia sukai saja, lalu yang tidak suka tidak dimakan atau dibuang. Salah satu trik yang bisa dilakukan ialah dengan cara menyimpan sisa makanan agar Anda bisa mengubah satu kali makan menjadi dua kali makan. Mereka juga benar-benar mempersiapkan makanan untuk 2 atau 3 hari ke depan, bukan menyiapkan stok untuk satu minggu atau satu bulan yang bisa basi.

9. Mereka Tidak Menghabiskan Uang Tanpa Berhenti Berpikir

Apakah sebelum membeli sesuatu Anda pernah benar-benar berpikir? Untuk apa barang itu nantinya? Apakah saya benar-benar menyukai barang ini? Apakah saya benar-benar membutuhkan barang ini? Orang yang cerdas dalam hal keuangan selalu berpikir hal ini sebelum memutuskan untuk membeli sesuatu.

10. Mereka Tidak akan Membeli Pakaian yang Tidak Dipakai Secara Teratur

Mereka tidak akan pernah membeli yang ternyata memang tidak akan sering mereka gunakan. Selain menghemat uang, mereka juga akan memikirkan kapasitas lemari pakaian yang bisa penuh jika terisi dengan barang-barang yang sebenarnya tidak digunakan.

11. Mereka Tidak Akan Membeli Sesuatu Hanya Karena Diskon

Saat ini beragam toko offline maupun online memang selalu menawarkan diskon-diskon yang sangat menggiurkan. Sebaiknya jangan pernah membeli sesuatu yang tidak benar Anda butuhkan hanya karena alasan sedang ada diskon. Misalnya saja, Anda membeli sebuah makanan anjing karena sedang diskon setengah harga. Anda tergiur untuk membeli, padahal Anda tidak memiliki anjing. Tentu akan mubazir kan?

12. Mereka Tidak Akan Membeli Apapun Tanpa Bertanya Harga Terlebih Dahulu

Ini merupakan sebuah trik yang dilakukan oleh para penjual. Menjual barang tanpa pernah menyebutkan harga terlebih dahulu, kemudian ditawarkan oleh para calon pembeli. Beberapa pembeli terkadang merasa malu untuk bertanya mengenai harga barang tersebut. Tentu saja hal ini akan menjebak Anda.

13. Mereka Tidak Akan Menghindari Biaya yang Dapat Menyebabkan Kesulitan Uang di Masa Depan

Orang yang dewasa secara finansial akan berpikir jauh ke depan mengenai kebutuhan yang dapat datang kepada mereka. Mungkin mereka tidak akan menghindari untuk harus mengeluarkan biaya kecil demi menghindari biaya yang lebih besar lagi di masa depan. Misalnya saja, apabila gigi sakit, mereka harus mencabut gigi tersebut sesegera mungkin. Jika didiamkan, mungkin di masa depan Anda harus mengoperasi tersebut. Malah justru lebih berbahaya dan mahal kan biayanya?

14. Mereka Tidak Pernah Percaya dengan Kesuksesan yang Instan

Saat ini banyak informasi yang beredar mengenai cara cepat kaya atau kaya dengan instan. Tentu saja hal ini tidak berlaku bagi orang yang cerdas secara finansial. Mereka selalu percaya bahwa sebuah kekayaan didapatkan dari kerja keras dari waktu ke waktu, bukan hanya semalam saja.

15. Mereka Tidak Pernah Melupakan untuk Menetapkan Sebuah Tujuan Finansial

Tentu saja mereka tidak pernah lupa untuk menetapkan sebuah tujuan keuangan. Tanpa tujuan yang jelas dan terencana, semua kesuksesan tidak akan pernah bisa diraih. Anda bisa membuat sebuah tujuan finansial yang detail dan terperinci.

16. Mereka Tidak Membuat Masalah, Lalu Membuat Mereka Tidak Bisa Maju

Memang menengok masa lalu merupakan hal yang cukup dilakukan demi mengetahui statistik keuangan Anda dari waktu ke waktu. Namun biarkan hal itu menjadi pelajaran berharga saja bagi Anda. Jangan sampai membuat hal ini justru tidak bisa membuat Anda menjadi maju ke depan.

Lakukan Kebiasaan Baik Untuk Masa Depan

Itu tadi beberapa hal yang tidak pernah dilakukan oleh orang yang memang dewasa dalam masalah keuangan. Mereka tidak pernah melakukan hal-hal konyol pada keuangannya sendiri. Tentu Anda pun bisa seperti mereka dengan berlatih sungguh-sungguh, tekun, dan sabar. Orang yang dewasa secara keuangan akan melalui proses yang cukup panjang. Mungkin saat ini Anda sedang berada di posisi yang cukup buruk dalam masalah keuangan, namun Anda tidak perlu khawatir karena mereka mungkin pernah merasakan posisi Anda. Namun pada intinya, mereka selalu bangkit untuk berusaha sekeras mungkin.

Anda perlu mengingat juga bahwa hal baik yang Anda tanam saat ini dapat tumbuh di masa depan kan? Oleh karena itu, mulai sekarang tirulah gaya hidup mereka agar bisa matang secara finansial. Mulai sekarang tetapkan tujuan untuk diri sendiri untuk masalah keuangan. Ada pepatah yang mengatakan bahwa beberapa orang bilang bahwa uang adalah jahat, namun tidak sepenuhnya hal itu benar. Jika Anda mengelolanya dengan baik dan membuat baik penggunaan itu, maka uang hanya akan membuat hidup Anda menjadi lebih baik.

 

 

 

 

#Jobseekers
#Jobvacancies
#ExecutiveSearchIndonesia
#RecruitmentFirmIndonesia
#HeadhunterIndonesia
#RecruitmentConsultantIndonesia
#TalentaGunaNusantara


Comments


  Verification Code

  Name

  Email

  Homepage





 

Service Overview

TGN Recruitment specializes in detection, direct approach  and recruitment of executive & staff that are well prepared to embark on a dynamic career within both multinational and local firms developing in Indonesia

TGN Recruitment in addition to its selection process, mainly based on the candidates’ ability to lead a successful career in Indonesia, also offers them consulting expertise aimed at maximizing their performance in their search for new opportunities in these countries.


Contact Us

 PT. Talenta Guna Nusantara

Head Office :
Office 8, Level 18 A, Jl Jend Sudirman Kav 52-53
Sudirman Central Business District (SCBD)
Jakarta Selatan 12190, Indonesia
Phone : +6221 - 2949 0577
Fax : +6221 - 2949 0578
E-mail: info@tgn.co.id

Branch Office :
Ruko Bekasi Mas Blok D.25 Lt.2
Jl. Jend. A. Yani. Bekasi.
Jawa Barat 17141, Indonesia
Phone : +6221 - 89453371
E-mail : bekasi@tgn.co.id