Investasi Unik yang Tidak Disangka Bernilai Tinggi

Posted on 24 Januari 2018 ( 0 comments )


 

Investasi, istilah ini makin populer dalam kamus finansial manusia modern. Bagaimana tidak, dengan ber-investasi orang bisa menyiapkan masa depan keuangannya dengan lebih baik. Beberapa orang bahkan berpikir, tanpa investasi tidaklah mungkin bisa mewujudkan mimpi besar di masa yang akan datang.

Apa saja sih bentuk investasi yang cocok untuk persiapan masa depan tersebut? Ada banyak pilihan, mulai dari investasi konvensional produk perbankan seperti deposito, tabungan berjangka, sampai dengan investasi modern dalam bentuk surat berharga seperti misalnya saham, reksadana, forex, maupun logam mulia, emas dan sebagainya.

Di samping bentuk-bentuk investasi yang sudah disebutkan tadi, belakangan ini orang makin menyadari, bahwa ternyata hobi adalah salah satu kegiatan bernilai investasi. Beberapa diantaranya malahan menjadi jalan keuntungan yang cukup menggiurkan.

Ada banyak hobi yang bisa memberikan nilai tambah sebagai objek investasi. Seperti mengkoleksi benda-benda yang unik dan tak biasa yang ternyata justru bernilai investasi tinggi.

Contoh Benda Koleksi yang Bisa Juga Jadi Media Investasi  

Ragam benda koleksi yang bisa jadi alternatif investasi sebenarnya sangat banyak. Beberapa tahun yang lalu, para penggemar batuan sempat ketiban rejeki besar kala batu akik jadi salah satu benda booming dan banyak diburu kolektor. Batu mulia yang diburu itu ternyata bukanlah sebatas permata saja seperti berlian, atau intan yang memang sudah lazim sebagai barang mewah.

Batu akik dan sejenisnya merupakan jenis batu-batu alami unik nan cantik. Harganya, sampai ada yang fantastis mencapai jutaan. Demam batu akik memang telah lewat, tapi beberapa benda koleksi berikut masih bisa dijadikan sebagai media investasi yang menggiurkan.

1. Action Figure

Pernah dengar tentang action figure? Mainan berwujud patung kecil dengan aneka ragam karakter dari beberapa cerita fiksi ini adalah salah satu benda koleksi yang bernilai tinggi. Bayangkan, beberapa diantaranya bahkan mencapai harga puluhan juta. Untuk karakter tertentu, saat ini sudah langka dan diburu para kolektor. Untuk jenis tertentu, seperti misalnya produk dari Hot Toys, disinyalir punya penggila fanatik yang menjadikannya bisa mengalami kenaikan harga sebesar 3-10% tiap tahunnya.

2. Diecast

Jenis mainan berbentuk replika mobil aneka tipe ini sebenarnya sudah bukan rahasia lagi untuk bisa dijadikan sebagai salah satu bentuk investasi. Tak perlu khawatir mengenai potensi pasarnya. Di sosial media semacam FB atau Grup WA bahkan sudah ada berkumpul komunitas yang siap merogoh kocek cukup dalam untuk membelinya.

Untuk menjadi kolektor diecast juga tak terlalu sulit atau butuh modal besar, cukup dengan harga Rp50.000, mainan bentuk mobil-mobilan ini bisa dibawa pulang. Jangan remehkan harga hari ininya, karena dari berbagai pengalaman suatu saat untuk jenis tertentu bisa meningkat harganya sampai 100 kali lipat.

3. Buku Komik

Di era digital seperti ini, buku komik kini menjadi semakin langka. Jika anda punya buku komik dan dalam kondisi baik harganya bisa sangat fantastis. Salah satunya contohnya adalah komik superman edisi cetakan pertama yang ditawarkan lewat e-bay dengan banderol  $3.200.000, harga yang fantastis untuk sebuah komik. Jika ingin memulai jadi kolektor komik, pilih edisi No 1 cetakan pertama, pastikan kondisinya baik. Karena berdasar dari beragam informasi, buku komik mengalami kenaikan nilai setiap 20 tahun sekali.

4. Lego

Siapa sangka mainan blok bongkar pasang ini punya harga yang fantastis. Tercatat untuk beberapa versinya seperti misalnya lego Death Star II yang rilis pada 2005 lalu, saat pertama diluncurkan harganya berkisar £249.99 (Rp5,4 juta), tapi kini sudah mencapai £1,524 (Rp33,1 juta). Tak hanya satu seri tersebut yang cukup lumayan harganya, seri Ultimate Collector’s Millennium Falcon yang diluncurkan 2007 silam, kala ditawarkan ke pasaran harganya Rp6,91 juta tapi sekarang sudah ada kolektor yang berani menawar dengan harga Rp54,78 juta.

5. Barang Antik dan Benda Seni

Barang antik serta benda seni adalah salah satu bentuk investasi jika kita bisa menjualnya pada kolektor benda seni yang cocok. Banyak lukisan misalnya yang dilepas dengan harga ratusan juta bahkan miliaran. Sementara untuk barang antik harganya juga bisa fantastis.

Sebenarnya banyak benda koleksi maupun hal lain yang bisa dijadikan sebagai sarana memulai investasi. Beberapa tak perlu modal besar, tapi perlu ketekunan dan kejelian agar benar-benar menjadi satu sarana investasi yang menguntungkan pada akhirnya.

Tips Memilih Benda Koleksi untuk dijadikan Investasi

Agar sebuah benda koleksi bisa jadi investasi yang menguntungkan, kita tak bisa memperlakukannya dengan sembarangan. Jadi, ada caranya tersendiri. Kiat-kiat berikut bisa jadi kumpulan cara untuk untuk memilih benda koleksi yang bisa dijadikan alat untuk tujuan investasi.

Pilih Yang Kondisinya Diatas 90%

Kebanyakan benda koleksi yang bisa mencapai angka mahal adalah yang masih dalam kondisi baik (biasanya diatas 90% atau minimal 90%). Kejelian sangat dibutuhkan bila memilih investasi dengan benda-benda semacam mainan koleksi atau lainnya.

Orisinil

Faktor orisinalitas juga penting. Karenanya dalam memilih benda koleksi jangan sampai kedapatan barang yang aspal atau bahkan palsu. Apalagi untuk benda-benda semacam barang antik dan sejenisnya yang tidak bisa ditawar-tawar lagi dari segi keasliannya. Seorang kurator benda koleksi sudah sangat paham akan hal ini. Jadi mulai sekarang mulailah dengan mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang barang-barang yang hendak dikoleksi.

Pilih Harga Representatif

Jika dijadikan investasi,  tentu saja jangan sampai membeli barang yang harganya sudah mendekati harga kolektor. Karena bisa jadi keuntungannya tidak ada, meskipun ada persentase kemungkinan kenaikan harga dari waktu ke waktu.

Perhatikan Cara Penyimpanan

Beberapa benda koleksi tergolong ringkih atau mudah mengalami kerusakan. Karena itu tak bisa disimpan dengan cara seenaknya. Tak heran bila seorang kolektor benda koleksi biasa meletakannya di lemari khusus. Beberapa bahkan menyimpan di ruangan terpisah yang bebas gangguan.

Tidak hanya Menyenangkan tapi juga Menghasilkan

Merawat benda koleksi untuk tujuan investasi punya manfaat ganda. Terlebih bila sesuai dengan hobi dan ketertarikan. Pada suatu waktu, bila harganya melambung tinggi dan bisa dilepas, ada kepuasan batiniah tersendiri bagi pemiliknya.

 

#Jobseekers
#Jobvacancies
#ExecutiveSearchIndonesia
#RecruitmentFirmIndonesia
#HeadhunterIndonesia
#RecruitmentConsultantIndonesia
#TalentaGunaNusantara

Comments


  Verification Code

  Name

  Email

  Homepage





 

Service Overview

TGN Recruitment specializes in detection, direct approach  and recruitment of executive & staff that are well prepared to embark on a dynamic career within both multinational and local firms developing in Indonesia

TGN Recruitment in addition to its selection process, mainly based on the candidates’ ability to lead a successful career in Indonesia, also offers them consulting expertise aimed at maximizing their performance in their search for new opportunities in these countries.


Contact Us

 PT. Talenta Guna Nusantara

Head Office :
Office 8, Level 18 A, Jl Jend Sudirman Kav 52-53
Sudirman Central Business District (SCBD)
Jakarta Selatan 12190, Indonesia
Phone : +6221 - 2949 0577
Fax : +6221 - 2949 0578
E-mail: info@tgn.co.id

Branch Office :
Ruko Bekasi Mas Blok D.25 Lt.2
Jl. Jend. A. Yani. Bekasi.
Jawa Barat 17141, Indonesia
Phone : +6221 - 89453371
E-mail : bekasi@tgn.co.id