5 Masalah Keuangan yang Wajib Diketahui Fresh Graduate

Posted on 17 Januari 2018 ( 0 comments )


 

Kuliah dan bekerja adalah dua hal yang berbeda namun saling terkait, khususnya terkait pengelolaan keuangan. Pengetahuan yang minim tentang keuangan saat kuliah akan berdampak pengelolaan dan perencanaan keuangan yang buruk. Hal ini bisa berakibat lulusan baru akan berpotensi mengalami masa sulit dalam hal keuangan kedepannya, berapapun penghasilan yang Anda dapatkan. Ingat, mengelola keuangan bukan hanya melihat dari sisi pendapatan saja, namun banyak aspek yang harus diperhatikan.

Banyak lulusan baru merasa bahwa masa setelah lulus dari kuliah merupakan masa yang membahagiakan. Pasalnya, Anda akan terbebas dari segala bentuk tanggung jawab dan juga tugas kuliah yang menumpuk. Tak hanya itu, Anda  juga akan segera menemukan dunia baru yang tentunya berbeda dari dunia Anda semasa kuliah. Dunia itu adalah bekerja dan memiliki penghasilan sendiri.

Supaya Anda tidak terjebak dalam pengelolaan keuangan yang keliru, coba Anda perhatikan 5 Hal Keuangan yang Wajib Diketahui Fresh Graduate berikut ini:

1. Pengeluaran Lebih Kecil dari Pendapatan

Ini adalah prinsip paling mendasar dari pengelolaan keuangan. Setelah  Anda  lulus dan bekerja, Anda dituntut untuk mandiri dan bisa mencukupi kebutuhan hidup Anda sendiri tanpa campur tangan dari orang tua. Anda juga akan dituntut untuk memikirkan biaya hidup Anda sendiri. Seringkali banyak lulusan baru yang terlena menghamburkan gaji mereka efek dari euforia dari kondisi minta orang tua menjadi punya penghasilan sendiri.

Stop sekarang juga, perhatikan bahwa idealnya pengeluaran adalah 1/3 dari pendapatan saja. Hitung dengan cermat dan teliti pendapatan yang Anda peroleh selama sebulan serta berhati-hatilah dalam membelanjakan uang tersebut. Lebih baik menyisakan gaji ketimbang harus kehabisan uang di tengah jalan.

Apalagi posisi pekerjaan yang masih berada di level bawah atau menengah bagi lulusan baru seringkali membuat para pekerja fresh graduate memiliki gaji yang pas-pasan. Gaji yang terima setiap bulan akan cepat karena banyaknya kebutuhan yang harus dipenuhi.

2. Waktu adalah Aset yang Paling Berharga buat Anda

Ya, waktu adalah aset. Mengapa demikian? Jika  Anda  punya waktu lebih maka banyak hal yang bisa  Anda  lakukan untuk menambah penghasilan. Baik itu dalam bentuk melakukan usaha sampingan atau berinvestasi. Dalam konteks perencanaan keuangan, waktu identik dengan kapan Anda mulai untuk menabung atau berinvestasi.

Meski Anda seorang pekerja fresh graduate, jangan lupa untuk tetap sisihkan sebagian uang untuk ditabung, apapun kondisinya. Walaupun jumlahnya sedikit, tabungan tersebut akan tetap berguna untuk masa depan. Sebenarnya jumlah tabungan yang ideal ialah sebanyak 30% dari total gaji. Cukup mudah untuk melakukannya, tergantung komitmen Anda. Anda  bisa membuka rekening baru yang digunakan khusus untuk menabung, kemudian tidak perlu membawa ATM rekening tersebut ke mana-mana sehingga terhindar dari pengeluaran yang tidak perlu.

3. Pentingnya Literasi Keuangan bagi Fresh Graduate

Pelajaran tentang pengelolaan keuangan jarang diberikan saat kuliah. Tak heran jika banyak diantara lulusan baru yang boros tanpa sadar dalam mengelola gaji mereka. Mereka baru sadar saat sudah bekerja 5-10 tahun mereka tidak punya apa-apa, alias tak ada aset yang bertambah yang mereka miliki.

Mulai sekarang cobalah untuk belajar tentang membuat perencanaan keuangan. Poin pertama yang dapat dilakukan seorang pekerja fresh graduate adalah membuat perencanaan keuangan setiap bulan. Alokasikan dana tersebut akan digunakan untuk pengeluaran apa saja, misalnya tabungan, membayar cicilan, kost, makanan, transportasi, belanja dan lainnya. Anda boleh saja membuat anggaran untuk berlibur, namun batasi jumlahnya agar tidak berlebihan. Sebaiknya pilih kebutuhan yang paling mendesak terlebih dahulu, misalnya cicilan motor yang mendesak segera harus dibayar.

4. Buat Perencanaan Keuangan Keluarga Bersama Pasangan Anda

Pasangan Anda  adalah partner yang akan menemani Anda dalam suka duka menjalani hidup ini. Jika Anda masih single, setidaknya diskusi dengan teman, pacar atau orang tua perlu dilakukan. Jika ada dana berlebih, tak ada salahnya Anda mulai mencoba berinvestasi. Namun sebenarnya ada baiknya ikut petuah ahli investasi warrent buffet, yaitu berinvestasilah dan Anda akan kaya, jangan dibalik baru berinvestasi saat punya dana lebih.

Investasi beda dengan tabungan. Investasi mempunyai keuntungan yang lebih, apabila dibandingkan dengan tabungan karena jumlahnya bisa bertambah secara terus menerus. Nilai uang juga tidak akan menurun akibat dari inflasi yang terjadi. Anda bisa memulai mencoba produk investasi yang berisiko kecil seperti reksadana atau emas. Sesuaikan jenis investasi dengan profil resiko Anda.

Jika Anda sudah berkeluarga, Anda harus bersiap-siap dengan kondisi darurat, misalnya sakit, kecelakaan atau yang lainnya. Di sini peran dana darurat dibutuhkan. Makin muda usia, makin besar hasil dari investasi yang Anda lakukan nantinya.

5. Salah dalam Perencanaan Keuangan atau Bahkan Tidak Memiliki Perencanaan Keuangan

Tidak memiliki perencanaan keuangan adalah kesalahan besar. Memiliki pun juga belum tentu tepat sesuai tujuan keuangan. Banyak kejadian, saat usia 20 tahunan mereka banyak menghabiskan uang, saat 30 tahunan mencoba mengoreksi kesalahan pengelolaan keuangan, kemudian usia 40 tahun mulai sibuk menutup utang yang terjadi dan usia 50 tahunan baru mulai merencanakan pensiun. Tentu ini kesalahan umum yang perlu dikoreksi sejak dini. Meskipun usia Anda masih jauh dari usia pensiun, tak ada salahnya untuk mulai mempersiapkan dana pensiun Anda. Semakin muda Anda mempersiapkan dana pensiun, maka semakin siap Anda dalam menghadapi masa pensiun nanti. Karena nilai investasi yang Anda tanam akan semakin besar nantinya.

Dalam menjalankan rencana keuangan kadang dibutuhkan pengorbanan. Sebaiknya Anda melakukan penghematan secukupnya, agar gaji Anda bisa dialokasikan untuk menabung dan membeli sesuatu yang memang dibutuhkan sekaligus untuk persiapan dana pensiun. Kurangi kebiasaan boros yang kurang bermanfaat, misalnya hobi nongkrong di kafe atau jalan-jalan tanpa tujuan.

Komitmen dan Displin

Kelima Hal Keuangan yang Wajib Diketahui Fresh Graduate diatas bisa menjadi dasar cara mengelola keuangan demi keamanan finansial di masa depan. Sebenarnya pekerja fresh graduate tetap bisa menabung dan mempersiapkan masa depan, asal tahu cara mengelola keuangan dengan baik. Kuncinya adalah komitmen yang kuat untuk disiplin dalam menjalankan rencana keuangan. Rencana keuangan adalah program jangka panang. Dalam menjalankannya sangatlah banyak godaan yang akan menghampiri  Anda . Selamat mencoba!

 

#Jobseekers
#Jobvacancies
#ExecutiveSearchIndonesia
#RecruitmentFirmIndonesia
#HeadhunterIndonesia
#RecruitmentConsultantIndonesia
#TalentaGunaNusantara

Comments


  Verification Code

  Name

  Email

  Homepage





 

Service Overview

TGN Recruitment specializes in detection, direct approach  and recruitment of executive & staff that are well prepared to embark on a dynamic career within both multinational and local firms developing in Indonesia

TGN Recruitment in addition to its selection process, mainly based on the candidates’ ability to lead a successful career in Indonesia, also offers them consulting expertise aimed at maximizing their performance in their search for new opportunities in these countries.


Contact Us

 PT. Talenta Guna Nusantara

Head Office :
Office 8, Level 18 A, Jl Jend Sudirman Kav 52-53
Sudirman Central Business District (SCBD)
Jakarta Selatan 12190, Indonesia
Phone : +6221 - 2949 0577
Fax : +6221 - 2949 0578
E-mail: info@tgn.co.id

Branch Office :
Ruko Bekasi Mas Blok D.25 Lt.2
Jl. Jend. A. Yani. Bekasi.
Jawa Barat 17141, Indonesia
Phone : +6221 - 89453371
E-mail : bekasi@tgn.co.id