Dana Pensiun: Persiapkan Mulai dari Sekarang!

Posted on 10 Januari 2018 ( 0 comments )



Usia yang semakin bertambah bukan hanya menggerus daya tahan tubuh, tetapi juga berpengaruh terhadap laju produktivitas seseorang. Tanpa disadari, masa pensiun sudah di depan mata. Ketika masa itu tiba, Anda tidak lagi bekerja, tidak lagi berpenghasilan dan kehilangan sumber pendapatan utama. Status Anda pun berganti dari pekerja menjadi seorang pensiunan. Kondisi umum di masyarakat, banyak pensiunan yang kehidupannya belum sejahtera. Tak jarang, mereka hanya pasrah dan mengandalkan “belas kasihan” dari sanak saudara, dan anak-anaknya untuk memenuhi kebutuhan hidupnya di masa pensiun. Sementara pensiunan yang lainnya terus memikirkan cara memenuhi kebutuhan pangan dan pokok dengan terus mencari pekerjaan dan bekerja hingga akhir hayatnya.

Pertanyaan yang kerap muncul, apakah masa pensiun seseram itu? Belum tentu. Faktanya, ada juga para pensiunan yang merasa bahagia dengan kehidupannya setelah lepas mengabdi pada perusahaan maupun negara di tempatnya bekerja. Kehidupan mereka tidak berubah jauh. Bahkan, beberapa diantaranya, kualitas kehidupannya menjadi lebih baik dan mengalami peningkatan lantaran tidak lagi stres dengan  beban pekerjaan. Mereka juga menghabiskan masa tuanya dengan santai, bahagia dan hidup sejahtera.

Berikut lima hal utama yang bisa dipersiapkan agar Anda memiliki masa pensiun yang bahagia, sehat dan sejahtera:

1. Dana Pensiun

Secara umum, dana pensiun dapat diartikan sejumlah aset yang dapat digunakan setelah Anda tidak lagi produktif bekerja atau berkarya di masa tua. Dana pensiun ibarat modal yang dikumpulkan pada masa bekerja, dan dipergunakan pada saat memasuki usia pensiun guna mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari. Melalui dana ini, diharapkan kualitas kehidupan Anda sebagai pensiunan tidak menurun dibandingkan ketika masih bekerja. Pengelolaan dana pensiun dengan baik pada masa-masa bekerja itu penting agar Anda memiliki dana pensiun yang cukup. Agar Anda bisa menjalani kehidupan masa tua secara layak dan menyenangkan. Semisal, bersantai menikmati liburan bersama keluarga ke tempat-tempat impian, pergi menjalankan ibadah umrah/haji, atau membangun unit usaha/bisnis yang dapat menghasilkan sumber pendapatan pasif.

Kunci masa pensiun yang sejahtera merupakan hasil perencanaan dan persiapan yang baik semenjak dini. Rata-rata orang Indonesia mulai berkarya atau bekerja ketika menginjak usia 20 tahun. Umumnya, pada usia 60 tahun, ia akan berhenti berkarya dan bekerja secara produktif, dan memasuki masa pensiun. Masa pensiun yang membahagiakan adalah ketika seseorang tidak hanya mampu mencukupi kebutuhannya, tetapi juga dapat membantu perekonomian anak-anaknya. Artinya, Anda tidak bergantung lagi terhadap keluarga secara finansial, ini akan menciptakan rasa kepuasan batin tersendiri. Alangkah nikmatnya hidup ini ketika Anda sudah memiliki aset yang bercukupan di masa pensiun, Anda pun bebas menikmati hari-hari tua bersama keluarga dan cucu tercinta.

2. Sikap

Persiapkan mental Anda menghadapi masa pensiun semenjak dini agar Anda senantiasa sehat jasmani dan rohani. Masa pensiun yang mendadak mematikan produktivitas dan penghasilan kerap mendapat respon negatif. Misalnya, seseorang yang baru saja pensiun, umumnya mengalami perubahan sikap dan cenderung bersikap negatif seperti sering marah-marah, mengeluh, atau menangis. Ini terjadi karena mereka merasa belum siap menghadapi masa tua. Pemikiran negatif gampang sekali muncul, bahkan mereka sering kali merasa tidak berguna lagi semenjak tidak lagi bekerja dan berpenghasilan.

Untuk menghindari beragam sikap negatif, Anda harus mengutamakan rasa syukur menghadapi masa pensiun. Dengan bersyukur, pikiran bisa lebih jernih. Milikilah sikap syukur atas kehidupan hari ini dan senantiasa mempercayai hal-hal baik akan terjadi di kehidupan Anda. Jika Anda menginginkan menikmati hari-hari tua dengan kehidupan layak, santai, dan mampu berlibur ke tempat impian. Milikilah sikap sederhana mulai sekarang. Meskipun penghasilan Anda saat ini cukup untuk berfoya-foya, usahakan selalu menerapkan pola hidup sederhana dan cermat dalam mengumpulkan dana pensiun. Sikap sederhana akan membekali diri agar tidak kaget ketika kehidupan glamor ketika ia bekerja perlahan mulai menghilang di masa pensiun.

3. Pengetahuan

Dibutuhkan pengetahuan yang mumpuni untuk mempersiapkan masa pensiun yang sejahtera. Rajin membaca dan bekali diri dengan beragam pengetahuan tentang dana pensiun dari berbagai sumber. Miliki pengetahuan yang tepat guna mempersiapkan dana pensiun  agar Anda tidak tertipu investasi dana pensiun bodong. Kasus penipuan investasi kerap terjadi karena minimnya ilmu pengetahuan dan informasi seseorang. Efeknya, mereka salah tempat dalam menanamkan modal dana pensiun yang akhirnya berujung pada penyesalan. 

Milikilah pengetahuhan umum tentang tabungan atau investasi untuk dana pensiun. Carilah orang-orang yang sukses menikmati masa pensiun dengan cara yang menyenangkan. Lalu perhatikan apa saja hal yang membuat mereka bahagia, lalu bagaimana cara mempersiapkan masa tua yang sejahtera. Susunlah rencana, pada usia berapa akan mulai menyiapkan dana pensiun. Berdasarkan hasil penelitian Badan Pusat Statistik (BPS) pada 2004, angka harapan hidup seseorang di Indonesia rata-rata mencapai usia 73,6 tahun. Setiap tahunnya, angka harapan hidup penduduk Indonesia kian meningkat, yang diiringi dengan peningkatan kesejahteraan dan kesadaran kesehatan dari banyak orang. Dari data BPS, artinya rata-rata setiap penduduk berpeluang menjalani kurang lebih 13 tahun masa pensiunnya, terhitung selepas ia berhenti bekerja pada usia 60 tahun.

4. Keterampilan

Masa pensiun Anda akan menyenangkan. Yakinlah, Anda dapat mengisi masa pensiun dengan berbagai kegiatan sesuai keterampilan. Rajinlah mengasah berbagai potensi keterampilan selama masa muda. Ketika masa pensiun tiba, Keterampilan tersebut dapat digunakan untuk mengisi waktu kosong. Milikilah  keterampilan mengatur keuangan. Biasakanlah terampil mengatur uang dan menyiapkan investasi yang menjanjikan. Mulai persiapkan tabungan dan investasi untuk menunjang berbagai kebutuhan hidup di masa pensiun.  Khusus investasi, Anda harus memilih investasi yang tepat agar uang yang disimpan dapat bertumbuh dan tidak tergerus dengan inflasi. Nantinya, uang dari hasil tabungan dan investasi yang anda persiapkan sejak dini itulah yang menjadi bekal Anda ke arah masa pensiun yang sejahtera.

5. Jaringan

Bangun jaringan pertemanan seluas-luasnya pada masa bekerja. Jagalah selalu ikatan silaturahmi dengan teman dan kolega dengan baik. Hal ini akan menciptakan masa pensiun Anda menjadi masa-masa yang penuh warna. Hal ini akan bermanfaat ketika masa pensiun agar Anda tidak akan merasa sendirian. Banyak pensiunan yang merasa kesepian karena tidak lagi memiliki teman untuk berbagi cerita. Selain keluarga, tentunya Anda juga ingin mengobrol dan bertukar pikiran dengan rekan-rekan sejawat dari jaringan pertemanan Anda.

Cara ini ampuh dalam mengurangi penat dan stres yang kerap dialami para pensiunan akibat sudah tidak lagi produktif. Rajinlah mengasah diri untuk bergaul dan memperluas jaringan selama usia produktif. Jadilah pribadi yang saling menerima dan tolong-menolong. Jangan biarkan kenalan Anda hilang begitu saja. Upayakan untuk tetap menjalin komunikasi yang baik kepada setiap orang. Siapa tahu merekalah yang kelak membantu dan menemani Anda ketika masa pensiun tiba. 

Belum Terlambat, Mulailah Hari ini!

Masa pensiun tidak akan menyeramkan jika Anda dapat mempersiapkannya dengan baik. Percayalah terhadap kemampuan dan pengetahuan yang Anda miliki, dan senantiasa memperdalam ilmu Anda. Selain berfokus mempersiapkan dana pensiun yang cukup untuk masa tua, mulailah membangun kepribadian positif dan sederhana untuk masa pensiun agar Anda tidak mendadak stres atau merasa sendirian. Masa pensiun itu indah dan sejahtera jika Anda mulai bergerak dari sekarang dan mempersiapkan kelima hal di atas.

 

#Jobseekers
#Jobvacancies
#ExecutiveSearchIndonesia
#RecruitmentFirmIndonesia
#HeadhunterIndonesia
#RecruitmentConsultantIndonesia
#TalentaGunaNusantara

 

Comments


  Verification Code

  Name

  Email

  Homepage





 

Service Overview

TGN Recruitment specializes in detection, direct approach  and recruitment of executive & staff that are well prepared to embark on a dynamic career within both multinational and local firms developing in Indonesia

TGN Recruitment in addition to its selection process, mainly based on the candidates’ ability to lead a successful career in Indonesia, also offers them consulting expertise aimed at maximizing their performance in their search for new opportunities in these countries.


Contact Us

 PT. Talenta Guna Nusantara

Head Office :
Office 8, Level 18 A, Jl Jend Sudirman Kav 52-53
Sudirman Central Business District (SCBD)
Jakarta Selatan 12190, Indonesia
Phone : +6221 - 2949 0577
Fax : +6221 - 2949 0578
E-mail: info@tgn.co.id

Branch Office :
Ruko Bekasi Mas Blok D.25 Lt.2
Jl. Jend. A. Yani. Bekasi.
Jawa Barat 17141, Indonesia
Phone : +6221 - 89453371
E-mail : bekasi@tgn.co.id