6 Alasan Introvert Merupakan Karyawan Terbaik

Posted on 03 Januari 2018 ( 0 comments )



Meskipun banyak yang beranggapan bahwa seseorang yang introvert adalah seorang yang pemalu, canggung, atau kutu buku, tetapi orang tipe introvert bisa berada dalam profesi kerja apapun, dan ikut berkontribusi juga dalam perkembangan sejarah kemanusiaan di dunia. Seorang introvert juga memiliki nilai lebih dalam mengerjakan berbagai jenis pekerjaan. 


Mendeskripsikan sifat introvert adalah hal yang tidak ada habisnya, tetapi beberapa riset telah menyatakan bahwa ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan dengan memiliki seorang introvert dalam lingkup kerja. Seperti misalnya penelitian yang dilakukan oleh Daniel C. Feiler dan Adam M. Kleinbaum dari Tuck Business School di Dartmouth College. Mereka menyatakan bahwa orang-orang introvert ternyata lebih perseptif dan lebih dekat dengan realita karena mereka melihat dunia dengan pendekatan yang berbeda serta pandangan yang lebih akurat dibandingkan dengan para ekstrovert. 


Di bawah ini adalah enam alasan mengapa seorang introvert merupakan pekerja yang baik dan sangat menguntungkan berada dalam tim Anda. 


1. Orang Introvert Hanya Memilih Informasi yang Benar-Benar Memiliki Nilai 

Banyak orang yang tidak betah dengan kesunyian, dan memilih untuk mengisi kekosongan tersebut dengan apapun yang bisa mereka dapatkan untuk dipikirkan. Orang introvert melihat hal tersebut sebagai sebuah hal yang buang-buang waktu, terutama waktu mereka sendiri. Ketika mereka berbicara, orang-orang harus mendengarkan, karena mereka hanya akan menyampaikan informasi yang sangat penting dan berguna. 


2. Orang Introvert Adalah Orang yang Tulus 

Mereka seringkali memiliki pemahaman dalam bersosialisasi dengan orang lain, bahwa basa-basi adalah hal yang tidak perlu, atau dengan kata lain mereka adalah orang yang to the point. Hal tersebut bisa dianggap tidak benar atau mungkin tidak sopan bagi beberapa orang. Akan tetapi mereka bersikap demikian dikarenakan mereka mengharapkan dan juga menghargai kejujuran orang lain. Jadi, bertanyalah pada seorang introvert ketika Anda menginginkan jawaban yang jujur, sepahit apapun itu mereka akan memberitahu. 


3. Orang Introvert Adalah Individu yang Unik 

Apakah Audrey Hepburn atau Albert Einstein adalah seorang yang "kuper" (kurang perhatian)? Istilah itu akan merubah pandangan orang apabila dikaitkan dengan nama-nama seperti dua sosok yang telah sukses membuat sejarah besar itu, dan faktanya adalah mereka termasuk tipe orang introvert. Mereka tidak mengikuti tren yang ada, tetapi mereka mengejar impian mereka dengan sangat tekun. Itu adalah resep ampuh dalam meraih kesuksesan. 

4. Orang Introvert Cenderung Menghindari Politik Kantor 

Karena mereka menjunjung tinggi kejujuran dan ketulusan, orang-orang introvert akan menjauhi hal-hal yang berbau politik dalam lingkungan kantor atau berkaitan dengan mengakali sistem. Mereka lebih memilih untuk mengandalkan hasil kerja yang solid untuk melangkah maju. Hal tersebut akan menjadi poin lebih bagi pemilik perusahaan yang menginginkan transparansi dan efisiensi dalam lingkup kerja. 


5. Orang Introvert Dapat Diandalkan 

Ada beberapa pemahaman yang salah mengenai introvert, bahwa orang-orang introvert adalah orang yang menjauhi orang lain. Hal tersebut tidak perlu terlalu dipermasalahkan karena mereka secara perlahan akan membuat lingkaran mereka sendiri yang berisi orang-orang yang mereka percaya, dan kepada orang-orang tersebut seorang introvert bisa menjadi sangat setia. Jadi, apabila Anda memiliki seorang introvert dalam tim Anda dan dia senang berada di dalamnya, maka mereka akan bekerja keras untuk berkontribusi dalam mebuat perusahaan tersebut mencapai kesuksesan. 

6. Orang Introvert Mandiri 

Ketika Anda mempekerjakan seorang introvert, maka Anda tidak perlu mengikatnya. Mereka lebih memilih untuk mempelajari tugas-tugas mereka sendiri dan mengerjakan dengan cara mereka sendiri pula. Tidak jarang pula mereka membuat struktur dan rutinitas pribadi. Mereka juga cenderung mencari suasana yang hening untuk berkonsentrasi mengerjakan tugas-tugasnya. 


Mereka Membuat Sejarah 

Meskipun mereka tergolong orang yang pendiam, tetapi pikiran seorang introver tak pernah diam. Mereka akan menjelajah berbagai hal yang sangat luas dan tanpa henti. Itulah mengapa mereka sering terlihat lebih pasif karena mereka lebih aktif di dalam pikiran mereka sendiri berkhayal atau berimajinasi. Walaupun demikian, masing-masing introvert memiliki karakter dan tingkatannya sendiri sehingga tidak semua intovert bisa degeneralisir atau disamaratakan. Nama-nama yang sudah sering terdengar seperti J.K. Rowling, Bill Gates, Emma Watson, Abraham Lincoln, Mahatma Gandhi, dan juga Warren Buffett adalah contoh orang-orang yang tergolong introvert tetapi di dunia nyata mereka merupakan orang-orang yang sangat sukses. 


#Jobseekers
#Jobvacancies
#ExecutiveSearchIndonesia
#RecruitmentFirmIndonesia
#HeadhunterIndonesia
#RecruitmentConsultantIndonesia
#TalentaGunaNusantara


Comments


  Verification Code

  Name

  Email

  Homepage





 

Service Overview

TGN Recruitment specializes in detection, direct approach  and recruitment of executive & staff that are well prepared to embark on a dynamic career within both multinational and local firms developing in Indonesia

TGN Recruitment in addition to its selection process, mainly based on the candidates’ ability to lead a successful career in Indonesia, also offers them consulting expertise aimed at maximizing their performance in their search for new opportunities in these countries.


Contact Us

 PT. Talenta Guna Nusantara

Head Office :
Office 8, Level 18 A, Jl Jend Sudirman Kav 52-53
Sudirman Central Business District (SCBD)
Jakarta Selatan 12190, Indonesia
Phone : +6221 - 2949 0577
Fax : +6221 - 2949 0578
E-mail: info@tgn.co.id

Branch Office :
Ruko Bekasi Mas Blok D.25 Lt.2
Jl. Jend. A. Yani. Bekasi.
Jawa Barat 17141, Indonesia
Phone : +6221 - 89453371
E-mail : bekasi@tgn.co.id