Cara Mengatur Portofolio Berdasarkan Tujuan Karir Anda

Posted on 14 September 2017 ( 0 comments )



Jika anda mencari pekerjaan, dan sudah memiliki portofolio yang siap untuk diperiksa, hal ini adalah salah satu langkah paling cerdas yang dapat anda lakukan. Ini menunjukkan calon atasan bahwa anda serius menemukan ceruk anda di dunia kerja. Berikut adalah beberapa panduan untuk membuat portofolio yang akan membedakan anda.

Dasar-dasar untuk disertakan dalam portofolio anda

Portofolio bukanlah otobiografi yang melelahkan, namun sebuah kasus tampilan yang dikuratori dengan hati-hati.

Dengan pemikiran tersebut, sertakan hanya contoh terbaik dari pekerjaan anda yang dapat anda kumpulkan. Ada yang mengatakan untuk menyimpannya antara delapan dan sepuluh bagian; ada yang bilang kamu butuh tiga kali nomor itu. Alih-alih mencoba memenuhi batas yang sewenang-wenang, ini akan membantu anda lebih fokus pada pekerjaan yang anda yakini mewakili Anda dengan paling akurat.

Anda harus memperbarui portofolio anda kapan pun anda melamar pekerjaan baru, sehingga anda dapat menyesuaikannya dengan atmosfer dan harapan bisnis yang dimaksud. Jika anda seorang desainer yang melamar posisi umum, masukkan portofolio anda dengan karya terbaik yang anda.  Lakukan dalam tiga sampai lima tahun terakhir.


University of Central Florida merekomendasikan struktur dasar untuk portofolio Anda:

Penjelasan naratif: Ini hampir selalu menjadi yang pertama dalam portofolio. Jaga agar tetap ringkas dan menarik, dan pastinya kurang dari satu halaman.

Sampel kerja: Prioritaskan pekerjaan asli untuk proyek kelompok dan evaluasi eksternal, dan potongan profesional baru mengenai proyek lama atau akademis.

Kualifikasi: Jika anda mendaftar ke suatu posisi dengan persyaratan tertentu, seperti program akademik, sertakan penjelasan tentang bagaimana pekerjaan anda sesuai dengan kriteria.

Bahan pendukung: Ini termasuk CV, referensi, dan program studi (jika diminta).

Yang terpenting, anda perlu untuk mengartikulasikan mengapa anda menyertakan setiap bagian (pada dasarnya menceritakan sebuah cerita yang lebih besar tentang pekerjaan dan ambisi anda). Jika anda seorang desainer, pastikan tata letak portofolio anda juga dirancang sebagai kontennya. Jika anda bekerja di bidang yang berbeda, dapatkan pendapat desainer tentang penampilannya sebelum anda mulai mengirimkannya.

Menggunakan Media Digital dan Cetak untuk Memaksimalkan Portofolio anda

Jika anda menggunakan media digital atau media cetak dengan mengesampingkan yang lain, anda menyabotase diri anda sendiri. Keduanya penting untuk presentasi pekerjaan anda yang komprehensif dan bijaksana.

Digital adalah game terbaru di kota, sehingga setiap orang berebut untuk membangun kehadiran online terbaik yang mereka bisa melalui kombinasi situs pribadi, komunitas online, dan media sosial. Anda sudah tahu bahwa pekerjaan anda harus terdepan, jadi tekankan itu dengan desain yang ramping. Navigasi kikuk atau berantakan tidak akan membantu anda memanfaatkan sebagian detik dari sekian banyak calon atasan yang diperlukan untuk menyelidiki anda. Rancang situs portofolio anda seperti layaknya resume anda - semua info penting berada dimuka, sumber tambahan (seperti saluran kontak pribadi) mudah ditemukan, dan kompatibel dengan browser web dan seluler biasa.

Cetak portofolio hampir tidak merupakan sesuatu dari masa lalu. Yang dirancang dengan baik akan membantu membuat anda berkesan dengan cara yang belum pernah terjadi sebelumnya. Selain itu, cetak memberi anda pilihan yang jauh berbeda dari pada situs web. Mengapa menempel pada pengikat yang penuh dengan slipcovers yang jelas saat anda bisa membuat portofolio mini berukuran kartu nama bisnis, atau papan cork atau tas jinjing? Satu-satunya batasan adalah imajinasi dan dompet anda - jadi bersikap positif bahwa anda telah memilih karya terbaik anda sebelum menghabiskan uang untuk bahan berkualitas yang anda butuhkan.

Entah anda membuat sesuatu secara online atau genggam, sampaikan brand pribadi anda di setiap aspek, karena kedua media akan bekerja sama untuk meningkatkan kemampuan kerja anda. Sertakan informasi kontak online anda di akhir portofolio cetak; dan menunjukkan foto pengunjung online atau pemindaian proyek fisik. Perhatikan bahwa portofolio digital jauh lebih dapat diedit dan mudah diakses dari mana saja; simpan opsi cetak untuk seseorang yang benar-benar ingin anda impikan.

Seperti yang anda tahu, penampilan portofolio dan konten utama anda akan sangat bervariasi, tergantung dari mana anda ingin membawanya. Terutama dalam hal situs web portofolio, yang bisa diketahui orang asing kapan saja, pengaturan pekerjaan anda harus memiliki niat yang jelas. Jika anda tampak terpencar atau tidak yakin dengan tujuan anda, tidak masalah seberapa jelas bakat anda; tidak ada yang akan memberikan kesempatan pada anda.

#Jobseekers
#Jobvacancies
#ExecutiveSearchIndonesia
#RecruitmentFirmIndonesia
#HeadhunterIndonesia
#RecruitmentConsultantIndonesia
#TalentaGunaNusantara


Comments


  Verification Code

  Name

  Email

  Homepage





 

Service Overview

TGN Recruitment specializes in detection, direct approach  and recruitment of executive & staff that are well prepared to embark on a dynamic career within both multinational and local firms developing in Indonesia

TGN Recruitment in addition to its selection process, mainly based on the candidates’ ability to lead a successful career in Indonesia, also offers them consulting expertise aimed at maximizing their performance in their search for new opportunities in these countries.


Contact Us

 PT. Talenta Guna Nusantara

Head Office :
Office 8, Level 18 A, Jl Jend Sudirman Kav 52-53
Sudirman Central Business District (SCBD)
Jakarta Selatan 12190, Indonesia
Phone : +6221 - 2949 0577
Fax : +6221 - 2949 0578
E-mail: info@tgn.co.id

Branch Office :
Ruko Sentra Niaga Kalimalang Blok B1 No.8
Jl. Jend. A. Yani, Kayuringin Jaya
Bekasi Selatan, Bekasi - Jawa Barat. 17144
Phone : +6221 - 89469545 / +6221 - 89469175
E-mail : bekasi@tgn.co.id