Cara Mengetahui Calon Karyawan Yang Hanya Mementingkan Gaji

Posted on 13 Februari 2020 ( 0 comments )



 

Cara Mengetahui Calon Karyawan Yang Hanya Mementingkan Gaji

Pada dasarnya tujuan dari orang bekerja adalah untuk mencari uang dan untuk memenuhi kebutuhan hidup dirinya maupun keluarganya. Tetapi selain itu juga ada yang bekerja karena passion atau minat bekerja pada bidang tertentu. Ada banyak kejadian dimana para calon karyawan yang melamar ke perusahaan tertentu hanya untuk mengincar gaji serta fasilitas yang diberikan perusahaan tersebut saja. Apalagi jika perusahaan tersebut adalah perusahaan yang terkenal sebagai perusahaan yang memberikan gaji cukup besar serta memberikan fasilitas penuh kepada setiap karyawaannya.
Agar dapat menghindari kemungkinan calon karyawan yang hanya mementingkan gaji serta fasilitas saja, anda harus melakukan tahapan seleksi karyawan yang benar serta mengikuti beberapa tips yang dapat dilakukan untuk mengetahui apakah calon karyawan tesebut merupakan jenis pekerja yang hanya ingin bekerja karena gaji yang tinggi serta fasilitas yang diberikan atau karyawan yang bener-benar mau untuk bekerja dengan baik di perusahaan anda. Untuk itu mari simak sama-sama.
 
Cari tahu tujuannya masuk ke perusahaan anda

Cara yang paling tepat untuk mengetahui apakah calon karyawan tersebut hanya mementingkan gaji adalah dengan melakukan pembicaraan seputar pengalaman kerja, cocok atau tidaknya dengan posisi yang nantinya akan diduduki dalam perusahaan serta tujuan atau passion calon karyawan tersebut dengan pekerjaan yang akan diterimanya. Dengan menanyakan beberapa hal seperti diatas akan memberikan anda sedikit gambaran tentang bagaimana minat dan tujuan dari calon karyawan.
Calon karyawan yang lebih mementingkan gaji tinggi serta fasilitas yang diberikan oleh kantor akan lebih cenderung fokus pada apa yang nantinya akan mereka terima dari perusahaan anda. Biasanya calon karyawan yang mempunyai tipe seperti ini akan kesulitan ketika ditanyai untuk menjelaskan tentang minatnya terhadap perusahaan dan jabatan yang di pilih karena motivasi atau niatnya untuk bisa bergabung ke perusahaan anda hanyalah karena gaji yang besar saja.
 
Cari tahu riwayat pekerjaannya

Sebenarnya seorang pekerja atau karyawan yang sering berpindah-pindah tempat kerja adalah hal yang wajar, karena bisa saja karyawan tersebut ingin menemukan pengalaman baru, suasana baru ataupun karena faktor lainnya. Teliti dengan tepat apa alasan mengapa calon karyawan tersebut kerap berpindah tempat kerja. Apabila perpindahannya karena masalah fasilitas dan gaji maka anda harus sedikit waspada. Tanyakan apa alasan dan ekspektasi untuk bekerja di perusahaan anda.
Agar dapat mengetahui seberapa besar komitmen para calon pekerja untuk dapat bekerja di perusahaan anda, anda bisa memberikan beberapa pertanyaan seperti “Apa yang akan anda lakukan 5 tahun mendatang?”, atau bisa juga dengan “Apa ekspektasi anda untuk bekerja di perusahaan kami?”.
 
Pada saat wawancara calon karyawan tersebut hanya fokus kepada gaji saja

Ketika seorang calon karyawan menanyai seputar gaji serta fasilitas yang akan ia dapat saat menjadi karyawan di perusahaan anda adalah hal wajar karena sebenarnya itu adalah hak mereka untuk mengetahuinya. Tetapi jika pertanyaan seputar gaji dan fasilitas yang akan didapatkan oleh si calon karyawan nantinya tetap terus menerus muncul di saat sesi awal wawancara kerja mungkin bisa jadi sebuah parameter apakah calon karyawan tersebut merupakan kandidat yang hanya mengincar fasilitas dan gaji yang tinggi dari perusahaan. Umumnya seorang calon karyawan yang mempunyai minat atau passion kepada pekerjaan yang dilamarnya akan mencoba untuk menanyakan seputar pekerjaan yang akan dikerjakan dan hal lain berkaitan dengan pekerjaan.

Contohnya menanyakan seputar tanggung jawab yang nantinya akan dikerjakan jika sudah bekerja di perusahaan anda, menanyakan jenjang karir di perusahaan anda, atau menanyakan jatah cuti yang bisa ia dapatkan ketika bekerja di perusahaan anda. Jika pertanyaan yang diajukan oleh calon karyawan kebanyakan berkaitan dengan gaji ataupun fasilitas maka dapat dipastikan jika calon karyawan tersebut lebih mementingkan gaji ketimbang tanggung jawab untuk bekerja di perusahaan anda.

Please "Follows" Our Linkedin Company Page https://lnkd.in/fFRAR6N
 
 
Please visit our website for detail at www.tgn.co.id.
 
#Jobseekers #Jobvacancies #ExecutiveSearchIndonesia #RecruitmentFirmIndonesia #HeadhunterIndonesia #RecruitmentConsultantIndonesia #TalentaGunaNusantara #TGNRecruitment #manpower #Headhunter #Lowonganpekerjaan #pengembanganpribadi #sumberdayamanusia #SDM #Sumberdayamanusia #HR #humanresourcesdepartment #love #happy #follow #followme #me #likeforlike #follow4follow #tagsforlike #life #beauty #amazing #design #lifestyle #work #workout #picoftheday # #please #visit #linkedincompanypage #follows #detail #worklifebalance #website #marketing #digitalmarketing #business #personalbranding #socialmedia #inspiration #personalization #mindfulness #branding #blogging #smallbusiness #wellness #socialmediamarketing #mentalhealth #men #cintabudayaindonesia #musicvideos #beatmaking #musicpublishing #like #youtubechannel #fitness #coach #linkedin #mindset #entrepreneur #goals #coaching #sales #motivation #success #subscribe #channel #share
Please like share and subscribe our Youtube Channel  (TGNRecruitment)
 
Comments


  Verification Code

  Name

  Email

  Homepage





 

Service Overview

TGN Recruitment specializes in detection, direct approach  and recruitment of executive & staff that are well prepared to embark on a dynamic career within both multinational and local firms developing in Indonesia

TGN Recruitment in addition to its selection process, mainly based on the candidates’ ability to lead a successful career in Indonesia, also offers them consulting expertise aimed at maximizing their performance in their search for new opportunities in these countries.


Contact Us

 PT. Talenta Guna Nusantara

Head Office :
Office 8, Level 18 A, Jl Jend Sudirman Kav 52-53
Sudirman Central Business District (SCBD)
Jakarta Selatan 12190, Indonesia
Phone : +6221 - 2949 0577
Fax : +6221 - 2949 0578
E-mail: info@tgn.co.id

Branch Office :
Ruko Sentra Niaga Kalimalang Blok B1 No.8
Jl. Jend. A. Yani, Kayuringin Jaya
Bekasi Selatan, Bekasi - Jawa Barat. 17144
Phone : +6221 - 89469545 / +6221 - 89469175
E-mail : bekasi@tgn.co.id